Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Catat, Inilah Cara Proses Pengambilan/ Pencairan Dana PIP Anak Sekolah

Tujuan diberikannya PIP adalah untuk meringankan biaya personal pendidikan, mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan pendidikan akibat kesulitan ekonomi, dan menarik siswa putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan agar kembali mendapatkan layanan pendidikan di sekolah/ Sanggar Kegiatan Belajar (SKB)/ Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)/ Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP)/ Balai Latihan Kerja (BLK) atau satuan pendidikan nonformal lainnya.

 Catat, Inilah Cara Proses Pengambilan/ Pencairan Dana PIP Anak Sekolah 

 Catat, Inilah Cara Proses Pengambilan/ Pencairan Dana PIP Anak Sekolah 

Pengambilan/ pencairan dana PIP dilakukan oleh peserta didik/ penerima kuasa di bank penyalur dengan ketentuan sebagai berikut:

1.  Virtual Account

1)    Pengambilan langsung oleh peserta didik dengan membawa Surat Keterangan Kepala Sekolah/ Ketua Lembaga. Untuk peserta didik yang tidak memiliki KTP didampingi oleh guru/kepala sekolah/ orangtua/wali.

2)    Pengambilan secara kolektif oleh Kepala Sekolah/Ketua Lembaga dengan membawa dokumen sebagai berikut:
a.    Surat Keterangan Kepala Sekolah/ Ketua Lembaga (format terlampir).
b.    Fotokopi KTP Kepala Sekolah/ Ketua Lembaga dan menunjukan aslinya.
c.    Fotokopi SK Pengangkatan Kepala Sekolah/ Ketua Lembaga defenitif yang masih berlaku).
d.    Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM).

2.  Rekening Tabungan Sebelum pencairan/ pengambilan dana, untuk rekening tabungan harus dilakukan aktivasi terlebih dahulu oleh peserta didik, dengan membawa: (1) Surat Keterangan Kepala Sekolah/ Ketua Lembaga dan (2) tanda pengenal (KIP/ Kartu Pelajar/ Kartu Tanda Penduduk/Kartu Keluarga/ Surat Keterangan dari Kepala Desa/ Lurah).

Untuk peserta didik SD dan SMP yang tidak memiliki KTP didampingi oleh guru/ kepala sekolah/ orangtua/ wali. Setelah aktivasi, dana PIP dapat langsung diambil/ dicairkan oleh peserta didik penerima. Pengambilan dana dapat dilakukan dengan cara:

1)    Pengambilan langsung oleh peserta didik dengan membawa tanda pengenal seperti: KIP/ Kartu Pelajar/ Kartu Tanda Penduduk/ Kartu Keluarga/ Surat Keterangan dari Kepala Desa/ Lurah dan buku tabungan.
2)    Pengambilan secara kolektif oleh Kepala Sekolah/ Ketua Lembaga dengan membawa Surat Kuasa dari orang tua/wali (untuk SD/ paket A dan SMP/ paket B) atau dari peserta didik (untuk SMA/ paket C dan SMK/ Lembaga Kursus) penerima PIP, dengan melampirkan dokumen sebagai berikut:
a.    Fotokopi KTP Kepala Sekolah/ Ketua Lembaga dan menunjukkan aslinya.
b.    Fotokopi SK Pengangkatan Kepala Sekolah/ Ketua Lembaga definitif yang masih berlaku.
c.    Buku tabungan peserta didik yang diambil secara kolektif.
d.    Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM) (format terlampir).

Pengambilan kolektif dapat dilakukan apabila penerima PIP berada di daerah yang sulit untuk mengakses ke bank/ lembaga penyalur (tidak ada kantor bank/ lembaga penyalur di kecamatan sekolah/ tempat tinggal peserta didik), biaya transport pengambilan lebih besar/ tidak seimbang dari bantuan yang akan diterima), atau cuaca buruk/ kondisi lingkungan yang membahayakan siswa.

Dana yang sudah dicairkan oleh penerima kuasa harus segera diberikan kepada siswa penerima yang bersangkutan paling lambat 5 (lima) hari kerja setelah pencairan kolektif, dan pelaporan pencairan kolektif dilakukan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja setelah pencairan kolektif ke Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota (format terlampir).

Bagi penerima PIP dari lembaga Kursus dan Pelatihan, proses pencairan dilakukan secara kolektif oleh pimpinan lembaga dengan memenuhi persyaratan pencairan kolektif mengingat durasi pembelajaran relatif singkat.

Demikian Artikel Terbaru Terkait Catat, Inilah Cara Proses Pengambilan/ Pencairan Dana PIP Anak Sekolah, Semoga Ada Manfaatnya.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk " Catat, Inilah Cara Proses Pengambilan/ Pencairan Dana PIP Anak Sekolah "