Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan dan Cara Penggunaan SIPLah

Penjelasan dan cara penggunaan SIPLah
Penjelasan dan Cara Penggunaan SIPLah

Berdasarkan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler, Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) di sekolah dapat dilaksanakan secara daring atau luring. PBJ di sekolah yang dilakukan secara daring harus melalui sistem PBJ sekolah yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merancang suatu Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah) untuk digunakan dalam PBJ sekolah yang dilakukan secara daring.

SIPLah diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas, transparansi, dan efektifitas serta pengawasan PBJ sekolah yang dananya bersumber dari dana BOS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. SIPLah dirancang untuk memanfaatkan Sistem Pasar Daring (Online Marketplace) yang dioperasikan oleh pihak ketiga.

Secara teknis pengoperasian SIPlah dan aplikasi lain dalam Sistem Elektronik BOS, akan teritegrasi dengan Dapodik. Sasaran/pengguna aplikasi tersebut adalah Kepala Sekolah dan Bendahara Sekolah. 

Untuk masuk ke aplikasi-aplikasi dalam Sistem Elektronik BOS akan menggunakan akun Kepala Sekolah dan Bendahara Sekolah yang telah dibuat melalui Aplikasi Dapodikdasmen.

Penjelasan dan Cara Penggunaan SIPLah:

1.    Login ke marketplace SIPLah hanya dapat dilakukan oleh Kepala Sekolah dan Bendahara BOS

2.    Jenis pengguna itu adalah pengguna individu PTK yang memiliki TUGAS TAMBAHAN sebagai Bendahara BOS dan Kepala Sekolah (jenis PTK Kepala Sekolah)

3.    Login Operator Dapodik (sekolah) tidak dapat digunakan untuk akses marketplace SIPLah, jadi kondisinya tidak sama dengan aplikasi yang terpaut SSO Dapodik yang selain SIPLah (misal BOS Online).

4.    Selain pengguna yang sudah ditentukan diatas maka pada halaman login SSO SIPLah akan tampil peringatan GAGAL LOGIN, jadi user yang bisa login ke BOS Online pasti tidak akan bisa login ke SIPLah karena beda peranan.

5.    Jika terkendala login atau lupa password silahkan perbaiki pada manajemen pengguna dapodik kemudian sinkronkan dan akan dapat digunakan untuk akses marketplace SIPLah pada hari berikutnya (proses validasi penguna dilakukan harian)

Demikianlah Penjelasan dan Cara Penggunaan SIPLah, Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Untuk Tersenyum Hari Ini.

19 komentar untuk "Penjelasan dan Cara Penggunaan SIPLah"

  1. mau tanya pak. saya kepsek, akun saya bisa masuk di akun dapodik, tapi saya ga bisa lagin di siplah, mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal registrasi saja di sip;ah

      Hapus
  2. bagaimana kalu pilihan bos afirmasi tidak ada, pas mau buat pesanan kilik sumber pendanaan bos afrimasi tidak timbul

    BalasHapus
  3. Anonim10:07

    ijin bertanya, bendahara saya baru dan sdh saya tambahkan tugas bendahara pada aplikasi dapodik. Namun ketika login siplah bendahara saya muncul sebagai bendahara di sekolah lain (non induk), sehingga tidak bisa melakukan transaksi belanja di siplah. Bagaimana solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. loginnya menggunakan user name dan paswor apa?

      Hapus
  4. pilihan sumber dana yang muncul hanya satu ya misal bos Reguler atau BOP Paud gitu,

    BalasHapus
  5. Ijin min, sebelum upgrade dapodik 2021 yg terbaru , akun KS bisa login siplah, akan tetapi setelah memakai dapodik terbaru , akun KS tidak bisa login siplah , sampai sudah sincron tp sampai skrang masih belum bisa login, mohon solusi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasusnya sama dengan sekolah saya, kebetulan saya kepala sekolah, jadi saya yang menggukana akun kepala sekolah untuk login, namun sejak juni 2021, saya tidk bisa loigin menggunkan akun kepala sekolah..

      Hapus
    2. menunggu saja
      beberapa hari baru login lagi

      Hapus
  6. menunggu saja
    beberapa hari baru login lagi

    BalasHapus
  7. izin bertnya pak, sya mau proses pembayaran pak, ttpi ketika mau pilih sumber pendanaan itu tidak ada pilihannya pak, itu bgmna solusinya ya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. rubah menggunakan broswer yang lainnya

      Hapus
  8. Iya pak banyak kasus tidak ada muncul pilhan sumber pendanaan saya coba ganti browser lain tetap tidak bisa tolong ditindak lanjuti ini masalah agar operator tidak stress pak

    BalasHapus
  9. Anonim10:08

    Pada saat login siplah kok muncul NPWP belum terdaftar di dapodik, anda tidak diperkenankan melakukan pbj, harap hub i hotline dapodik untuk update data.. Mohon solusinya cara nya gmn..?

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.