Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masalah dan Solusi Mengapa NUPTK Tidak Segera Diapprove Ditjen GTK (Tips Agar Pengajuan NUPTK Bapak/ Ibu Guru Cepat Diapprove Ditjen GTK)

DAPODIK.CO.ID - Mengapa Pengajuan NUPTK Tak Segera Diapprove Ditjen GTK? Bapak/ibu guru seluruh Indonesia, berita tentang terbitnya calon Penerima NUPTK beberapa waktu lalu memang cukup melegakan. Sebab, passalnya sudah tidak lagi berfungsinya Padamu Negeri, para bapak/ibu guru yang belum memiliki NUPTK bingung bagaiamana cara memperoleh NUPTK di tahun ini.

Masalah dan Solusi Mengapa NUPTK Tidak Segera Diapprove Ditjen GTK (Tips Agar Pengajuan NUPTK Bapak/ Ibu Guru Cepat Diapprove Ditjen GTK)

Masalah dan Solusi Mengapa NUPTK Tidak Segera Diapprove Ditjen GTK (Tips Agar Pengajuan NUPTK  Bapak/ Ibu Guru Cepat Diapprove Ditjen GTK)
Masalah dan Solusi Mengapa NUPTK Tidak Segera Diapprove Ditjen GTK (Tips Agar Pengajuan NUPTK  Bapak/ Ibu Guru Cepat Diapprove Ditjen GTK)

Kegelisahan itu kini akhirnya terjawab. NUPTK tidak lagi diajukan seperti dulu, melainkan akan ada informasi resmi dari Ditjen GTK bahwa guru tersebut sudah masuk dalam kategori Calon Penerima NUPTK. Setelah itu, baru kemudian anda melengkapi semua berkas yang diminta sebagai syarat administratif.

Apa saja syarat pengajuan NUPTK itu? Setidaknya ada tujuh hal yang perlu anda siapkan untuk bisa mendapatkan NUPTK, yaitu:

1.  Kartu Tanda Penduduk.

2.  Surat Keputusan Guru Tetap Yayasan (SK GTY) bagi Swasta/Surat Keputusan (SK) dari Bupati/Walikota/Gubernur bagi guru yang mengajar di sekolah Negeri.

3.  Surat Keputusan Penugasan dari Sekolah atau yayasan yang isinya bahwa PTK tersebut benar-benar ditugaskan mengajar di sekolah (SKPBM).

4.   Ijazah SD atau sederajat.

5.   Ijazah SMP atau sederajat.

6.   Ijazah SMA atau sederajat.

7.   Ijazah S1/D4 atau sederajat.

Semua kelengkapan administrasi tersebut wajib dipenuhi oleh Calon Penerima NUPTK. Jika ada satu syarat saja yang tak dimiliki maka dapat dipastikan anda tidak akan disetujui dalam penerimaan NUPTK. Mengapa demikian? Karena pemberian NUPTK sekarang memang sangat ketat dan harus memenuhi kualifikasi yang ditentukan.

Setelah memastikan semua data di atas terpenuhi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan scan terhadap dokumen tersebut. Hasil scan disimpan dalam format pdf, jangan yang lain sebab tidak akan bisa di upload. Kemudian, silahkan hubungi operator dapodik sekolah agar segera mengupload data  anda ke VERVALPTK (website calon penerima NUPTK berada).

Sampai di sini, bapak/ ibu guru baru menyelesaikan tahap pertama. Progres Status Penerima NUPTK akan maju satu langkah. Selanjutnya, bapak/ ibu guru perlu mengirim ketujuh data di atas kepada operator Dapodik Dinas. Dukumen yang anda kirim bukan lagi hasil scan, melainkan fotokopi yang dilegalisir oleh pihak berwenang.

Mengapa harus demikian? Sebab penerbitan NUPTK harus melalui beberapa tahap. Salah satunya diapprove oleh Dinas Kabupaten/Kota setempat. Agar segera diapprove maka bapak/ ibu guru perlu mengirim data fisik kepada operator Dinas. Semakin cepat bapak/ ibu guru mengirim maka semakin cepat pula data bapak/ ibu guru diapprove.

Usai diapprove Dinas, Status Penerima NUPTK akan kembali maju satu langkah lagi (lihat di vervalPTK). Sampai di sini, data bapak/ ibu guru sudah sampai ke Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). Namun setelah proses pengajuan sampai ke Ditjen GTK, muncul sebuah pertanyaan besar. Mengapa Pengajuan NUPTK Tak Segera Diapprove Ditjen GTK?

Pertanyaan ini banyak dilontarkan oleh bapak/ ibu guru dan operator dapodik sekolah di berbagai forum media social. Apa yang ditanyakan mereka memang sangat wajar, mengingat data tersebut sudah “parkir” di bagian Ditjen berminggu-minggu, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Di sini akan berusaha menjelaskan tentang pertanyaan tersebut.

1.   Penerbitan NUPTK sepenuhnya Kewenangan Ditjen GTK, Perhatikan Validitas Data.

Perlu bapak/ ibu guru ketahui, kebijakan Penerbitan NUPTK sepenuhnya berada di bawah Ditjen GTK. Diterima atau tidak adalah kewenangan dari mereka sepenuhnya.

Mengacu pada Mekanisme Resmi Penerbitan NUPTK yang dikeluarkan oleh Ditjen GTK, aspek validitas data memang menjadi kunci utama. Ketika sampai di Ditjen GTK data akan diperiksa sedetail mungkin. Hal ini dilakukan untuk memastikan kebenaran data PTK terkait.

Dan Perlu bapak/ ibu guru ketahui bahwa data yang diperiksa sangat banyak, karena meliputi dokumen dari Guru tingkat PAUD sampai dengan jenjang SMA sederajat. Tentu ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

2.   Pertimbangan Rasio Guru

Rasio atau jumlah perbandingan Guru dalam sebuah sekolah menjadi faktor selanjutnya. Di sini Ditjen GTK akan melihat data Guru sekolah tersebut melalui Dapodik. Dari situ, akan bisa dilihat apakah guru yang menjadi Calon Penerima NUPTK sudah sesuai dengan rasio yang diperlukan atau belum. Kembali lagi, penilaian ini berada di Ditjen GTK

3.   NUPTK Bisa Saja Diterbitkan Tahun Selanjutnya

Ini hasil konsultasi saya dengan Operator Dapodik Kabupaten. Bahwa tidak semua Calon Penerima NUPTK memperoleh NUPTK pada tahun ini. Bisa saja mereka memperoleh NUPTK pada tahun selanjutnya (Bisa 1 tahun, 2 tahun, dan seterusnya). Semua itu didasarkan pada kelengkapan syarat administratif dan kebijakan yang telah ditentukan Ditjen GTK.

4.   Perhatikan Status Penerima NUPTK

Selama belum ada pemberitahuan penolakan dari Ditjen GTK yang disertai alasannya, maka status bapak/ ibu guru masih menjadi calon penerima NUPTK. Maka bersabarlah dan terus berdoa agar cepat  diterima.

SOLUSI  AGAR PENGAJUAN NUPTK  BAPAK/ IBU GURU CEPAT DIAPPROVE DITJEN GTK

Agar data Calon Penerima NUPTK bisa segera diapprove Ditjen GTK perhatikan hal-hal berikut ini:

1.  Gunakan data yang valid, jangan sampai ada data yang salah upload atau datanya di upload menggunakan smart foun atau HP, itu tidak dibolehkan.

2.  Perhatikan selalu progres status penerima NUPTK (untuk hal ini silahkan berkoordinasi dengan operator dapodik sekolah).

3.  Pastikan data yang bapak/ ibu guru upload tadi sesuai dengan yang berada di Dapodik. Hal ini sangat penting karena semuanya didasarkan pada Dapodik

4.  Berdoalah, karena menurut admin www.dapodik.co.id bahwa doa itu sangat penting

Kebijakan penerbitan NUPTK sepenuhnya berada di bawah kewenangan Ditjen GTK. Kita tidak bisa memaksakan keinginan begitu saja. Tugas bapak/ ibu guru sebagai Calon Penerima NUPTK dan operator dapodik Sekolah hanyalah melengkapi data administrasi yang diperlukan. Semoga saja apa yang bapak/ ibu guru harapkan untuk segera memperoleh NUPT bisa secepatnya terwujud.
Segera bergabunglah di www.dapodik.co.id karena informasi pendidikan terbaru akan di share setiap munculnya informasi resmi tersebut.

221 komentar untuk "Masalah dan Solusi Mengapa NUPTK Tidak Segera Diapprove Ditjen GTK (Tips Agar Pengajuan NUPTK Bapak/ Ibu Guru Cepat Diapprove Ditjen GTK)"

  1. SK guru Pertma kli masuk atau yang terbaru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pns atau non pns ?

      Hapus
    2. Min kalau status ajuan nuptk masuk dlm antrian itu mksudnya apa ya?

      Hapus
    3. Min pake ijasah saja atau dgn SKHUN

      Hapus
    4. Min kalau status ajuan nuptk masuk dlm antrian itu mksudnya apa ya?
      antrian maksudnya tinggal menunggu approv

      Hapus
    5. Min pake ijasah saja atau dgn SKHUN
      ini untuk apa ?

      Hapus
  2. Min, saya sdh 7 tahun ngajar di swasta blm dapat NUPTK. Persyaratannya juga lengkap semua. Kata OS sih kalau dalam radius yg ditetapkan masih terdapat guru mapel yg sama maka yg lebih diutamakan guru sekolah negeri dulu untuk memperoleh NUPTK. Bener ga sih?

    BalasHapus
  3. Menggunakan fotocopy ijazah yg dilegalizir bisa at tidak? Karena ijazah SMA saya hilang....

    BalasHapus
  4. Anonim20:43

    Min, penerbitan NUPTK saya jg terkendala di langkah akhir. Jd hanya tinggal menunggu penerbitan NUPTK sj. Sya saat ini berstatus sbg PNS baru, dlu sya mngajukan NUPTK saat masih menjadi guru honor di sklh lama. Kira2 tindakan apa yg hrs sya lakukan ya agar NUPTK sya sgra terbit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek di verval PTK di sekolah yg baru dengan status PNS, kalau ada nama sebagai calon NUPTK baru bisa ajukan dengan memasukan beberapa sk

      Hapus
  5. Min, saya sisa tunggu penerbitan NUPTK, blm jg terbit, padahal ada teman yg sama2 memasukkan berkas 5 hari kemudian NUPTK nya SDH terbit, sedangkan sy blm terbit, kira2 apa permasalahannya yah, ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. liat permasalahannya pada saat pengajuan NUPTK di verval PTK

      Hapus
    2. Saya SDH cek min, tapi tidak ada permasalahannya dan tidak ada tanda silang merahnya, tp kenapa belum terbit jg yah, berkas sy SDH approved lpmp, sisa tunggu penerbitan tp kenapa blm terbit yah, sy juga bingung....

      Hapus
    3. berarti tinggal menunggu saja persetujuan pusat.
      kami hanya bisa menjawab dengan kata " bersabar "

      Hapus
  6. Anonim17:55

    sudah 3 minggu NUPTK saya belum terbit padahal dipengajuan pertama rekan kerja saya yang juga tenaga administrasi hanya dalam jangka waktu seminggu no NUPTK nya sudah terbit, itu masalah dimana yah min, padahal sudah approve dinas sm LPMP

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu menunggu saja persetujuan pusat.
      kita tidak bisa mengatasinya, karena pusat yang menentukan

      Hapus
  7. Anonim04:22

    min yang saya hormati saya ingin menyampaikan permasalahan saya,terkait dengan pengurusan NUPK., Pengurusan NUPTK saya berjalan lancar dan sudah keluar NUPTK dengan status NUPTK Valid, tetapi disini setelah kami "Verval Dokumen" dengan pilihan "Verval Arsip" status valid NUPTK saya berubah menjadi " Proses Pengajuan" padahal NUPTK saya sebelumnya status "NUPTK Valid", mohon berikan solusinya.
    saya jadi bingung,

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek saja keaktivan NUPTK di link verval PTK

      Hapus
    2. min kalo kita sudah mengajukan dan sudah smpe aprove dinas trus pas dicek lagi distatus penerima nuptknya kosong nama guru yg ajukan tu. lalu gmana cara kita ceknya ? tp tetap ada tlisan prses pengajuan nuptk d data guru itu. mhon solusinya sis ?

      Hapus
    3. cek nya di verval PTK

      Hapus
  8. Min...izin bertanya.

    Saya guru sekolah swasta di Jombang, Jawa timur. NUPTK saya tidak muncul di dapodik. Ketika cari status NUPTK tertulis terdata di Kemdikbud. Namun kenapa tidak muncul di dapodik ya min? Diminta sama operator untuk claim NUPTK tapi ketika claim tertulis NUPTK tidak ditemukan.

    Bagaimanakah solusinya? Disampaikan terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ada di status nuptk berarti nuptk itu valid
      tindak masukin saja di dapodiknya

      Hapus
  9. Iya saya juga NUPTK dah terbit,dah bisa dicetak tapi belum muncul di dapodik nya.gmn ya min??

    BalasHapus
    Balasan
    1. di tunggu saja, nanti juga muncul di dapodik

      Hapus
  10. min.. saya sudah upload berkas nuptk, saat di periksa malah nama ptk malah tidak ada distatus ataupun calon penerima nuptk... kenapa ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti dalam status proses, di tunggu saja

      Hapus
  11. min klo stasus antrian itu artinya harus menunggu? ato bgmna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, haru menunggu berberapa waktu

      Hapus
    2. menunggunya kira2 berapa lama ya min, saya sudah mengajukan dari tahun lalu oktober 2020. tetapi sampai 2021 belum juga terbit atau berubah statusnya. saat ini masih saja antrian

      Hapus
    3. maaf, menunggu tidak di tentukan

      Hapus
  12. Adakah disini yg senasib dengan saya, sudah mengabdi selama 9thn di salah satu sekolah swasta,malah dipersulit untuk mendapatkan NUPTK, , untuk sekedar approve LPMP kami di tarik iuran 750rb oleh pihak tertentu, yg membayar iuran haronitu juga langsung approve dan yg tidak disuruh ngurus sendiri ke pusat....pesan kami..kami pendidik bukan pegawai negeri yg dmn gajinsudah terjamin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. di tarik iuran 750rb mungkin hanya di situ saja.
      semua proses mendapatkan NUPTK di seluruh Indonesia di berikan gratis oleh kemendikbud

      Hapus
  13. Maaf min.. Saya sudah 10 tahun dilembagakan negeri, pertengahan tahun lalu ikut mengajukan nuptk tetapi ditolak lpmp karena surat dari daerah kurang tepat, harusnya bertanda tangan kepala dinas kabupaten malah kepala bidang, 2 bulan sudah diperbaiki tapi tetap dalam antrian... Bukankah nuptk itu haknya guru, mengapa sangat sulit mendapatkannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan sulit namun masuk dalam antrean.
      antrean karena guru dan pegawai se Indonesia berjumlah jutaan.
      tim pusat harus teliti untuk memeriksa berkas yang di upload

      Hapus
  14. Kira kira berapa hari menunggu keterangan nya antrian dalam pengajuan nuptk,, terus apakah kita bisa menghubungi dinas,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadwalnya tidak di tentukan

      bisa menghubungi dinas untuk lebih tau sudah sampai mada prosesnya

      Hapus
  15. Sy sdh 10 thn memiliki nuptk, tp tidak terdata di database arsip nuptk.di gtk tidak tercantum n validasi data tidak valid. Padahal sdh perbaikan data di dapodik sekolah.bgmn solusix. Mohon pencerahanx. Trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak terdata di data base karena apa???

      Hapus
  16. Saya mau tanya, syarat untuk membuat NUPTK tenaga pendidik apa saja ya? Mohon bantuannya..Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari saja syararnya disini yang telah admin berikan melalui artikel sebelumnya

      Hapus
  17. Kepada operator dapodik pusat.

    " Berdoalah, karena menurut admin www.dapodik.co.id bahwa doa itu sangat penting
    ", saya akui ini kalimat yang bagus dan tepat untuk membentuk karakter guru dalam kerohaniannya, agar dapat mengandalkan Tuhan dalam hal apapun.

    Namun saya juga perlu untuk mengatakan bahwa sudah terlalu lama masalah ini selalu ada dan terus membuat guru2 jadi bingung, susah, dan kecewa. Saya pikir jika pemerintah ingin bekerja lebih baik seharusnya hal ini dipermudah saja, bandingkan dengan Omnibuslaw dibuat untuk mempermudah investasi agar proses yang LAMA, berbelit, tumpang tindih tidak terjadi lagi. Ayo dong bergerak cepat, berkembang, berinovasi, dan Kreatif, agar masalah klasik ini tidak terjadi lagi. Kapan mau maju pendidikan di Indonesia jika masalah NUPTK guru saja tidak bisa tertangani dengan baik. Kasihan guru-guru, seharusnya fokus dalam mendidik anak-anak namun mengalami kesulitan dengan pengurusan administrasi.

    Usul saya jika pengurusan NUPTK tidak tertangani dengan baik dan cepat, dihapus saja dalam sistem administrasi guru. Belajar dari aplikasi "gojek", pakai sistem digitalisasi mengganti sistem yang ada sekarang. dibuat mudah dan cepat. jadi masing-masing guru memiliki akun sendiri di HP nya.
    Bukankah guru- sudah disosialisasikan agar siap masuk ke pendidikan abad 21 dan 5.0, dengan berbagai varian metode dan sistem mengajar, tapi tidak seiring sejalan dengan sistem teknologinya. Ayolah ... berbenah, buat perubahan, dan saya yakin Pak Nadim bisa.

    Trimakasih dan maaf jika ada kata2 yang kurang berkenan.
    Salam perubahan.

    Julius

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami sebagai admin www.dapodik.co.id dengan hati terbuka menerima komentar yang berlian dan komentar ini juga bagi admin merupakan komentar terbijak
      terima kasih dan terima kasih
      rujukan komentar ini kami akan sampaikan resmi ke pihak kemendikbud pusat.

      Hapus
  18. Min mau tanya nuptk saya statusnya di lpmp itu kira² menunggu berapa lama ya?? Apa harus di tindaknlanjuti ke lpmp nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tanggalnya tidak di tentukan.
      sebaiknya, langsung berurusan dengan pihak dinas dan lebih baiknya ke pihap LPMP

      Hapus
  19. Assalamualaikum min mau tanya jika sudah di setujui LPMP apakah tingkat pusat sudah bisa menerbitkan? Dan kira2 berapa lama penerbitannya soal nya sudah sebulan belum ada kejelasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. pusat pasti masih mengecek apakah dukumannya sudah benar atau tidak
      lamanya tidak ditentukan

      Hapus
  20. Sy sdh memiliki nuptk sktr 10 thn dan terdata dikemdikbud. Tp dapodik,simpkb n info gtk no nuptk sy tidak tercantum.dan sy sdh perbaiki data di dapodik oleh ops. Apa solusix min. Trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah sinkron dapodiknya ?

      Hapus
    2. Sdh sy sinkronkn min dapodikx melalui ops. Tp dh sktr 1bln blum muncul d info gtk dan simpkb.

      Hapus
    3. Sdh min melalui ops. Tp sy cek info gtk dan simpkb msh blm muncul. Sktr 1bln sdh perbaiknx.

      Hapus
    4. sudah ganti dapodik versi 2021.b ?

      Hapus
  21. pengajuan NUPTK sudah disetujui LPMP PAUD/Dikmas, tapi nuptk belum terbit, katanya masih antrian pusat...sampai berapa lama baru bisa terbit NUPTKnya ya????

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali, masih dalam antrean
      sedang waktu untuk lamanya tidak ada ketentuannya

      Hapus
  22. pengajuan NUPTK sudah disetujui LPMP PAUD/Dikmas, tapi nuptk belum terbit, katanya masih antrian pusat...sampai berapa lama baru bisa terbit NUPTKnya ya????

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali, masih dalam antrean
      sedang waktu untuk lamanya tidak ada ketentuannya

      Hapus
  23. Status pengajuan lpmp ditolak keterangan SK bukan guru gimana solusinya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, berarti anda masukan sk lain
      silahkan unpdate sk yang sah

      Hapus
  24. Saya honorer, pernah urus d skolah lama dan ketika saya cek baru muncul peg ID, gmn cara pengurusannya d skolah baru, apakah mulai dari awal? Trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di sekolah baru,
      silahkan cek di verval GTK, jika anda sudah sebagai calon pengajuan NUPTK maka silahkan upload berkas yang di minta

      Hapus
  25. Min saya sudah mengajukan NUPTK dan sudah disetujui LPMP tp belum terbit jg sampai hari ini NUPTK saya
    Kpn kira2 terbit NUPTK kalau sudah disetujui LPMP
    tlg pencerahannya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kpn kira2 terbit NUPTK kalau sudah disetujui LPMP, belum ada ketentuan atau jadwalwal.
      kalau sudah lama pengajuaannya, lebih bagus temui langsung LPMP

      Hapus
    2. Sudah disetujui LPMP dan saya chat lpmp dari whatsap
      Beliau mengatakan mgkn 2-3 bln terbit padahal kwn saya yg baru 3 thn ngajar hanya 1 minggu prosesnya sudah terbit NUPTK nya
      Saya merasa irih hati sama teman yg msh baru mengajar sudah dapat nuptk tp saya sudah 10 thn blm terbit jg sampai hari ini

      Hapus
    3. berarti menunggu persetujuan pusat saja kalau begitu

      Hapus
    4. Boleh tau nomor WhatsApp LPMP Sumsel, Banyuasin 1 min?

      Hapus
    5. silahkan bertanya ke dinas pendidikan daerah bapak/ ibu

      Hapus
  26. Kalau sudah disetujui LPMP
    Apakah msh ada kemungkinan gagal menerima NUPTK min
    Soalnya saya sudah 10 thn ngajar di swasta dan hampir tiap thn memgajukan tp sampai saat ini blm terbit NUPK saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinya msh ada kemungkinan gagal menerima NUPTK

      Hapus
  27. aadmin ,, saya sudah di setujui oleh LPMP untuk pngajuan NUPTK nya...
    kira-kira kapan ya di terbitkan untuk NUPTK nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal menunggu saja persetujuan pusat kalau sudah di setujui oleh LPMP,

      Hapus
  28. Anonim08:24

    Sya dari tahun lalu mengajukan. Alhamdulillaah uda masuk antrian pusat di bulan November akhir... desas desus tersiar bahwa ada yg cepat ada yang lama, itu penyebabnya apa??? bukankah pengajuan melewati 2 tahap sebelum masuk antrian pusat..... harusnya bisa segera di terbitkan.... apakah 2 lembaga ini tdk kredibilitas mensortir pengajuan yg masuk????? dan setelah masuk di link ini, ternyata sdh menjadi masalah klasik yg dari dulu gtu2 aja... perlu ada perubahan... hargailah peran guru dan staff untuk mndapatkan hakx.... meskipun hakx itu hanya berupa angka angka..... japan bisa melijit maju pasca dijatuhi bom atom karena kepedulian besar negara kpd peran guru.... Indonesia in syaa Allah bisa juga..... Afwan admin...maafkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. desas desus tersiar bahwa ada yg cepat ada yang lama, itu penyebabnya apa???
      = berdasarkan data uplatenya

      hargailah peran guru dan staff :
      = peran guru dan staff sudah di hargai untuk mndapatkan hakx dengan buktinya munculnya sertifikasi, tunjangn dan banyaknya program-pragrom kemdikbud.

      sekarang tergantung dikembalikan kepada guru atau staf itu sendiri dan sekolah.

      kalau semua kewajibannya sudah di laksanakan, makan admin percaya bahwa hak pasti hak juga akan mengalair lancar.

      Hapus
    2. Sy udh 3bln udh berjln setelah disetujui LPMP/BPPAUD, blum terbit juga NUPTK saya, msih dlm antrian. Alhasil untuk pengurusan Setifikasi terhambat dikarenakan NUPTK tidak ada, and akhirnya sy jadi buruh pabrik, berhenti jadi Guru setelah 8thn Mengabdi krna penuh birokrasi syrat dan kentut2 lain nya, and I'm Happy

      Hapus
    3. bersyukurlah dan nikmaktilah kehidupan ini

      Hapus
  29. Status pengajuan NUPTK saya sudah di aprove oleh LPMP dan hanya tinggal menunggu disetujui oleh pusat, 3 bulan lamanya ternyata ditolak dengan alasan SK pengangkatan dari dinas punya saya filenya itu fotocopyan dan harus dilegarisir, padahal yang saya upload semuanya berkas asli yang di scan, akhirnya, saya minta bantuan ops saya, dan di ajukan ulang pengajuannya. Namun yang saya heran kenapa mesti diupload file berkasnya semua dari ulang, padahal kalau saya lihat tutorialnya di Youtube hanya upload ulang berkas yang ditolak saja, dan setelah diupload tertera tulisan "antrian" bukannya "antrian lpmp" seperti apa yang saya lihat di youtube. Apakah ops saya salah dalam proses upload nya, dan apakah berarti itu pengajuan dari awal lagi dan saya harus mengirim ulang berkas ke dinas, tolong pencerahan dari admin. Terimakasih

    BalasHapus
  30. sumber dari youtube intu apakah sumber dari alun youtube resmi atau dari youtuber- youtuber pencari uang di youtube?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata benar yang ada di youtube, dari informasi pihak dinas pendidikan ditempat saya dan juga operator LPMP bilang bahwa bila ditolak dari pusat tidak perlu diajukan dari awal lagi. Cukup mengunggah ulang berkas yg ditolak saja. Dan antrian langsung masuk ke pusat. Ok admin terimakasih

      Hapus
  31. Saya sudah punya NUPTK dari sekolah lama, tapi sempat berhenti mengajar,apakah NUPTK bisa aktif kembali di sekolah yg baru,,
    Terimakasih.

    BalasHapus
  32. status pengajuan NUPTK sya sudah di approve LPMP dari bulan Oktober 2020 sampe sekarang sudah januari 2021, tidak ada masalah dan tidak ditolak juga, tapi kenapa sampe sekrang NUPTK nya belum keluar. apakah harus menunggu lagi. mau menunggu smpe berapa lama? sebabanya data NUPTK ini kan diperlukan untuk pendaftaran PPPK. mohon bantuan dan infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin masih dalam antrian pusat.
      menunggu saja

      Hapus
  33. mungkin masih dalam antrian pusat.
    menunggu saja

    BalasHapus
  34. Selamat siang.
    salam dariku, sukses mengabdi dinegeri tercinta ini.

    kepada admin dan segenap pemangku kepentingan, mau nanya kenapa tidak bisa di ajukan permohonan NUPTK? sementara berkas sdh di siapkan tggl mengirim tapi tdk bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebagai pengetahuaan bahwa jika data anda sudah di isi secara lengkap di aplikasi dapodik maka secara ptomatis anda akan menjadi calon penerima NUPTK baru siapkan berkas untuk di upload

      Hapus
  35. Min ,mau tanya jika saya lulusan pendidikan s2 dan s1 lulusan non pendidikan ,seharusnnya mencari nuptk agar bisa cepat saya seharusnya induk di sma atau di smp min?soalnya saya sudah mengurus nuptk induk smp dgn syarat ijasah terakhir harus s1 padahal s1 saya non pendidikan,dan s2 saya tidak dibutuhkan ,akhirnya nuptk saya belum keluar2 sudah disetujui oleh dinas dari lpmp masih belum disetujui padahal saya pengajuan sudah hampir 6 bln.Apakah saya harus induk di sma ya min agar saya mudah mendapatkan nuptk ? Tolong pencerahannya min🙏 karena ijasah pendidikan saya yaitu di s2 nya bukan s1 min...

    BalasHapus
    Balasan
    1. induk di sma atau di smp di dapodik mengajar apa ?

      Hapus
    2. Induk di smp mengajar ips,kalau di sma mengajar sosiologi,sejarah,senibudaya

      Hapus
    3. sekolah indu dan non induk harus sesama jenjang dan mengajar sesuai ijasa

      Hapus
  36. Anonim06:40

    Pengajuan nuptk saya sudah satu bulan lalu disetujui lpmp, tinggall nunggu terbit...tapi ini sudah satu bulan kok belum terbit juga nuptk saya....padahal teman saya yg barengan ngajuin nuptk sudah keliar

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin masih dalam antrian

      Hapus
    2. Senasib dgn saya huwahuwa tmn yg saya bntu uplud sdh terbit eh saya smpe skrg mlh blm terbit jg nuptk msh dlm antrian pusat bnr2 nyesek

      Hapus
  37. PTK
    Kesalahan (#2)
    Terjadi kesalahan internal server.
    The above error occurred while the Web server was processing your request.

    Please contact us if you think this is a server error. Thank you.

    © 2020 Design by Creative Tim & Themesberg
    MUNCUL SETELAH DIUPLOAD BERKASNYA
    SETELAH KLIK DUAJUKAN ITULAH MUNCUL MASTER

    BalasHapus
  38. Mohon maaf, pengajuan NUPTK sudah disetujui lpmp, kemungkinan kapan terbitnya ya? Sudah hampir 2 bulanan, trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada jawal, mungkin masih dalam antrian

      Hapus
  39. saya adalah PTT administrasi sekolah sudah dua bulan nuptk saya disetujui lpmp menunggu antrian pusat, kenapa sampai sekarang belum keluar juga.
    Apakah memang ada jadwal dari pusat untuk menerbitkan nuptk dan kalau sudah antrian pusat apakah nantinya sudah dapat dipastikan mendapat NUPTK mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada jawal, mungkin masih dalam antrean

      Hapus
  40. Min, sy pengajuaj menggunakan ijazah s1 murni + akta iv, status ditolak karena ijazah. Apa karena menggunakan ijazah akta iv?teman sy hanya s1 murni sudah mendapat nutk, tapi duluan dia. Mohon penjelasannya Min...terimkasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. di tolak oleh dinas, LPMP atau tolak bagian mana ?

      Hapus
    2. ya, berarti ijasa aktanya harus di upload juga

      Hapus
    3. Kemarin ditanyakan sana ops saya min, ternyata karena ijazah SD saya rusak (dimakan rayap). Bagian nomor masih jelas, tapi bagian foto rusak parah. Kalau minta pengganti ijazah, kira2 itu nanti bisa dipakai buat pengajuan NUPTK g Min?kalau ijazahnya ijazah pengganti masih bisa?

      Hapus
    4. kalau ijazahnya ijazah pengganti masih bisa,
      jawaban idman, masih bisa
      silahkan menghubungi dinas

      Hapus
    5. Kemarin kan ditolak, apa bisa saya susulkan ijazah penggantinya?kalau ops saya menyuruh mengajukan tahap berikutnya, nanti akhir juni begitu...tapi seandainya ini bisa disusulkan saya ingin susulkan😞

      Hapus
    6. apa bisa saya susulkan ijazah penggantinya
      sangat bisa

      Hapus
    7. Terimakasih banyak min🙏🙏🙏

      Hapus
    8. sama-sama dan semoga bermanfaat
      AMIN

      Hapus
  41. Min mau tnya saya ajukan nuptk barengan bantu teman saya eh punya tmn sya mlh sdh terbit nuptk dan saya mlh msh antrian pusat. Padahal yg uplud2kan saya tpi knapa punya tmn saya sdh terbit tgl 26 jan kmrin dan pnya saya sampai skrg masih status antrian pusat. Kira2 untuk cek antrian pusat itu bagaimana ya dan berapa lama terbitnya. Tmn sya sdh seminggu yg lalu. Hemm nasib2 bantuin temen mlh punya sendiri belum terbit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kira2 untuk cek antrian pusat itu bagaimana ya dan berapa lama terbitnya, tidak ada
      admin hanya bisa sampaikan agar menunggu saja

      Hapus
  42. bertanya, setelah di setujukan LPMP cara mengecek penerbitan NUPTKnya dimana ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari caranya di web kami ini,
      Ada tombol share bagian kanan atas web kami ini

      Hapus
  43. Min, mau nanya. Jadi saya sudah mengajukan NUPTK di bulan November 2020 dan sudah ditahap disetujui LPMP, namun sampe skrg blm terbit. Kemudian di bulan Januari saya pindah ngajar, nah pertanyaannya bagaimana status NUPTK saya min? apakah harus pengajuan dari awal lagi di sekolah baru? Atau bisa melanjutkan proses pengajuan yg sudah dilakukan di sekolah lama?? Terima kasih, mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pindah ngajar atau pindah sekolah????

      Hapus
    2. Pindah sekolah. Tapi dapodik saya masih di sekolah lama. Saya mau mutasi data dapodik ke sekolah baru cuma takut proses pengajuan NUPTKnya ngulang dari awal. Makanya saya nanya Mimin dlu, kalau saya pindah ngajar di sekolah lain, bagaimana status pengajuan NUPTK saya? Apakah bisa meneruskan prosesnya waktu pengajuan d sekolah lama?? atau harus pengajuan dari awal lagi di sekolah baru?

      Hapus
    3. kalau saya pindah ngajar di sekolah lain maka data pengajuan NUPTK akan terhapus

      Hapus
  44. Kalo sudah di setujui LPMP brp lama terbit NUPTK min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada waktu yang ditetapkan
      menunggu saja

      Hapus
  45. tmn2 saya dulunya belum NUPTK ketika PPG terbit NUPTKnya.
    tp sy sampai PPG selesai belum terbit NUPTKnya.
    knp ya min???
    status sudah diApprove LPMP

    BalasHapus
    Balasan
    1. tmn2 saya dulunya belum NUPTK ketika PPG terbit NUPTKnya?
      status sudah diApprove LPMP masih dalam antrean

      Hapus
  46. Anonim00:10

    Admin mohon ijin bertanya
    Status pengajuan NUPTK saya sudah di aprove dinas dan sekarang sedang proses approve lpmp, tetapi status di verval ptk masih antrian dan keterangannya masih diajukan operator sekolah (belum berubah ke approve dinas), itu bagaimana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. data di tolak oleh dinas kemunkinan sk tidak sesuai syarat pengajuan NUPTK

      Hapus
  47. Apakah ada ketentuan dalam lama nya mengabdi untuk pengajuan NUPTK ,,

    BalasHapus
  48. min untuk pengajuan nuptk itu bagaimana apa ada waktu tertentu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada waktunya,pengajuan nuptk setiap hari

      Hapus
  49. selamat siang min mau bertanya...jika berkas ditolak oleh pusat, apakah tahapnya kembali lagi dari DINAS KAB>LPMP>PUSAT lagi atau tahapnya melanjutkan langsung dari PUSAT?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. di ulang lagi dari DINAS KAB>LPMP>PUSAT

      Hapus
  50. min...bagaimana kita tahu status pengajuan nuptk,apakah approve dinas, lpmp atau selanjutnya, karrna hanya status diajukan sekolah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagaimana kita tahu status pengajuan nuptk,apakah approve dinas, lpmp atau selanjutnya,
      silahkan tanyakan ke operator sekolah

      Hapus
  51. Pak admin bagaimana solusi dalam penerbitan NUPTK saya? Saya sudah lama pengajuannya. Bayangkan saya ngajar sejak thn 2013, sampai saat ini saya masih belum punya NUPTK. Saya masuk di vervalptk, statusnya antrian. Status ini sudah lama. Bagaimana solusinya pak admin???

    BalasHapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  53. Anonim20:47

    Admin bagaimana supaya NUPTK seorang guru bisa muncul di SIMPKB? pada tahun 2020 ketika di cek yang bersangkutan di info gtk NUPTK muncul tetapi beberapa hari yang lalu di cek lagi di info gtk sudah tidak ada lagi atau kosong dan yang bersangkutan mengecek SIMPKB juga tidak ada jadi mohon solusinya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. di info gtk sudah tidak ada lagi.
      tidak ada apanya ?

      Hapus
  54. Sampai saat ni tdk ada kjlasan,,hnya sja bersabar. Sk yayasan sya guru agama dri kls 10-12 tapi krna dskolah saya ada 3 org guru agama jadi wlwpun disk saya yg agama 3 kls tapi saya bagi ke tmn biar smua ada rombel, bermslh ngga

    BalasHapus
    Balasan
    1. jumlah jamnya saja valid atau belum ?

      Hapus
  55. Sy sudah memiliki NUPTK semenjak 2010,namun NUPTK tidak pernh terdaftar d dapodik Krn satminkal dulu d naungan kementerian agama.dan skg sy SDH berhenti mengajar d Mts dan fokus pada SMP, klo NUPTK d cek pada arsip NUPTK cuman tertulis terdata d Kemendikbud. Dan skg operator mengusulkan lg NUPTK baru dan SDH tahap antrian pusat. Apakah bisa PTK memiliki 2 NUPTK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa yang terpenting data syarat yang telah di input di dapodik sudah lengkap

      Hapus
  56. Min guru saya pengajuan NUPTK nya ditolak pusat, beliau ngajar 1 mapel yg sama di 2 jenjang, induknya di SMP non induknya di SMA, apakah ini yg menjadi sumber masalah nya ya min makax ditolak pusat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. non induknya harus sesama jenjang,

      Hapus
  57. Trus min nanya lagi kenapa yah data guru saya sebagian tidak terdata di verval PTK? Apakah data guru kalo mau terbaca di verval PTK ada syaratnya? Posisi guru2 tersebut sdh masuk dapodik dari Januari 2020 lalu 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah data guru kalo mau terbaca di verval PTK ada syaratnya?
      syaratnya adalah data PTK tersebut sudah harus lengkap di dapodik

      Hapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa di hapus ya?

      Hapus
    2. iya maaf yaa, ada salah pengetikan, tapi sudah terlanjur di kirim hehehe

      Hapus
  59. Assalamualaikum...
    semoga bapak/ibu Admin selalu diberi kesehatan dan kemudahan dalam menjalankan aktivitasnya, aamiin...
    Alhamdulillah Pengajuan NUPTK Guru-guru Ceria Eduloka ( NPSN 69901334) sudah dalam tahap Approve LPMP/BP-PAUD tinggal menunggu keputusan dari Ditjen.GTK. Semoga segera mendapatkan NUPTK di Bulan penuh Rahmat ini.
    mohon Bantu Do'a dan Suport yaa.
    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap semangat dan pastikan saja bahwa upload berkasnya sudah sesuai dengan syarat NUPTK
      AMIN

      Hapus
    2. Ulfi Nadia Wibowo09:54

      pertanyaanya pak.
      jika mutasi SD, yg di upload berkas yg SD lama atau baru ya?
      kira kira kalau berkas SD lama, apakah akan di approve pusat?

      Hapus
    3. berkas di upload berdasarkaan keadaan sekarang

      Hapus
    4. Terimakasih atas suportnya, alhamdulillah salah satu yang diusulkan sudah terbit NUPTK nya, tinggal nunggu dua lagi, sepertinya berdasarkan TMT ya ?

      Hapus
    5. mantap, ya benar,,,,
      dan
      tetap semangat untuk menunggu

      Hapus
  60. Ulfi Nadia Wibowo11:10

    Assalamu'alaikum min, saya mau mutasi di sekolah baru. dan proses nuptk sedang sampai tahap menunggu suket dari kadin, untuk di upload bersama dengan kelengkapan persyaratan nuptk tsb.
    pertanyaanya : jika saya, mutasi masih dlm 1 kabupaten lalu suket kadin turun, lalu saya upload klengkapan berkas menggunakan SK,penugasan dll sekolah lama, di sekolah baru, apakah tetap terbit maupun di approve oleh pusat ya min?
    mohon dijawab min, saya bingung mau tanya siapa, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. suket kadin turun apa artinya?

      Hapus
    2. Ulfi Nadia Wibowo19:27

      Menunggu surat keterangan dari dinas pak.. krna ituu ,masuk upload berkas bersama dg SK dll
      disini prosedurenya memang spt itu ya, jika sudah upload suket itu sudah di approve dinas, tinggal nunggu dari pusat saja

      Hapus
    3. ya, menunggu saja

      Hapus
  61. Assalamu'alaikum, Saya sudah beberapa kali mengajukan NUPTK status terbaru ditolak pusat, apakah ini berkaitan dengan ijazah saya S1 murni yang saat ini saya mengajar di SD
    Apakah S1 Akuntansi bisa mengajukan NUPTK untuk mengajar SD?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah S1 Akuntansi bisa mengajukan NUPTK untuk mengajar SD?
      otomatis akan di tolak oleh pihak pusat karena ijasanya tidak linear

      Hapus
  62. Min klau sdh mnggu terbit nuptk saja itu berapa lama bru bisa kluar nuptk ya misalnya dlm satu satuan pendidikan ada 3 org yg mengajukan nuptk apkah di yg bisa kluar nuptk duluan bedasarkan TMT nya atau bagaimna

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3 org yg mengajukan nuptk apkah di yg bisa kluar nuptk duluan bedasarkan TMT nya?
      tidak, masing-masing pasti beebeda berdasarkan penilainnya berkas yang di upload

      Hapus
  63. Min kalau status kepegawaian di dapodik belum berubah dr honorer ke CPNS padahal sudah memasukkan SK CPNS, pas pengajuan NUPTK jg pke SK CPNS apakah berpengaruh terhadap penerbitan NUPTK? Soalnya sy sdh pengajuan dr Februari sampai sekarang masih di setujui lpmp, dan teman sy yg msih bru ( tdk pernah honor langsung CPNS) malah sdh terbit 2 Minggu lalu padahal waktu pengajuannya hampir bersamaan.

    BalasHapus
  64. apakah berpengaruh terhadap penerbitan NUPTK?
    akan berpengaru

    jika di dapodik masih status honor maka pengajuan NUPTKnya harus SK honor juga

    BalasHapus
  65. assalamualaikum min status nuptk saya masih disetujui lpmp, tapi sampai saat ini belum terbit nutpknya

    BalasHapus
  66. Assalamualaikum bpk/ibu mau tanya sya mau mengajukan NUPTK, di verval gtk nama saya ada untuk diajukan NUPTK,, disekolah lama sya sdh mengajar lebih dari 6 tahun dan pindah ke sekolah yang sekarang sudah hampir 1 tahun , apa bisa mengajukan NUPTK, kalau bsa apa menggunakan SK lama atau SK baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. ajukan ulang lagi berdasarkan tempat bekerja sekarang

      Hapus
  67. Assalamualaikum bpk/ibu mau tanya sya mau mengajukan NUPTK, di verval gtk nama saya ada untuk diajukan NUPTK,, disekolah lama sya sdh mengajar lebih dari 6 tahun dan pindah ke sekolah yang sekarang sudah hampir 1 tahun , apa bisa mengajukan NUPTK, kalau bsa apa menggunakan SK lama atau SK baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. ajukan ulang lagi berdasarkan tempat bekerja sekarang

      Hapus
  68. Assalamualaikum bapak/ibu saya mau tanya, sekolah saya mengajukan NUPTK tapi belum disetujui atau di Approve LPMP mohon solusinya

    BalasHapus
  69. Min Status pengajuan NUPTK saya sudah di aprove dinas, tapi kemudian di LPMP muncul status pengajuan NUPTK ditolak karena Nama tidak ada dalam SK. Padahal saya sudah upload Sk Pengangkatan CPNS, SPP dan SPMT yang semuanya terscan dengan sangat jelas, kira2 solusinya apa min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan beri warna di nama CPNSnya

      Hapus
  70. Assalamualaikum wr wb
    Min , NUPTK saya sdh terbit 2 minggu yg lalu. Saya cek sttus NUPTK AKTIF (terdata di DAPODIK) tapi sampai skrg blm muncul juga di DAPODIK , INFOGTK dan SIMPKB . Saya tanya katanya akan otomatis muncul . Nah kira² prosesnya brp lama min . ?

    Suwun jwbnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nuptk di dapodik harus di masukan dulu, kemudian sinkron dapodiknya.
      sedangkan info GTK dan simpkb otomatis muncul

      Hapus
  71. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  72. PTK dalam antrian Approval NUPTK

    ini maksudnya bagaimana ya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena banyak yang mengajukan berkas untuk mendapatkan NUPTK jadi pegawai masih teliti berkasnya

      Hapus
  73. Anonim16:48

    Min, saya sudah beberapa kali mau mengajukan NUPTK baru untuk guru di sekolah saya tetapi selalu muncul "Terjadi kesalahan internal server". Sudah mencoba beberapa kali untuk guru yang berbeda hasilnya tetap sama. Kira-kira bagaimana solusinya ya min?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. internal server,
      jaringan di daerah situ yang kurang stabil

      Hapus
  74. Anonim00:33

    Admin, izin bertanya. Nama saya di Ijazah dan di KTP berbeda. Di ijazah saya tertulis Muhammad tetapi di KTP itu hanya 'M'. Apakah masih bisa untuk pengajuan NUPTK atau harus merubah data dulu di Dukcapil?

    BalasHapus
  75. Admin pengajuan NUPTK saya sudah diterima tapi semalam cek verval ptk punya temen udah terbit nuptknya sementara saya keterangannya ijazah S1 nya belum terlampir,banyak tanya kenapa ya padahal sudah lengkap waktu uploud nya, hah jadi bingung, mhon pencerahannya admin

    BalasHapus
  76. selamat pagi admin, saya mau ajukan pertanyaan mengenai NUPTK saya,,,,NUPTK saya sudah terbit dan data NUPTK baru terdapat di dapodik sedangkan di kementerian belum.kira2 langkah apa yang harus saya tempuh saya NUPTK saya bisa terdata di kementerian . maksih admin.

    BalasHapus
  77. sya sudah mengajukan penonaktifan nuptk 6 bln lalu namun sampai saat ini di dinas pddk kota tidak terbaca ajuan saya.pdhl dari admin sekolah sdh di ajukn

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan menghubungi operator dinas

      Hapus
  78. Kalau status ditolak dinas, apakah harus upload berkas lagi atau bagaimana? Mohon pencerahanya. Saya honorer sekolah negeri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditolak dengan alasan apa?

      Hapus
    2. Sesuaikan syarat SK dengan persekjen kemdikbud no 1 tahun 2018 tentang pengelolaan nuptk

      Setelah unggah selang 24 jam saya cek keluar status seperti itu pak.

      Hapus
    3. ia, pengelolaan nuptk tentang apa?
      apa berkasnya kurang terang, atau berkasnya kurang lengkap atau gimana?

      Hapus
  79. Keteranganya hanya tertulis seperti diatas pak. Tidak menyebutkan alasan kurang terang atau tidak lengkap.

    Insya Allah saya juga sudah berusaha melengkapi dan merapikan hasil scan🙏

    BalasHapus
  80. Keteranganya hanya tertulis seperti diatas pak. Tidak menyebutkan alasan kurang terang atau tidak lengkap.

    Insya Allah saya juga sudah berusaha melengkapi dan merapikan hasil scan

    BalasHapus
  81. Selamat pagi admin mohon bantuanx...salah satu teman sy belum kluar NUPTKx di didapodit sekolah aktif...tapi sampai saat ini belum ada NUPTKx

    BalasHapus
  82. Assalamu'alaikum,
    Mohon izin tanya min, mengenai NUPTK keterangan pada operator sekolah NUPTK saya sudah lama terbit.
    Namun belum muncul di dapodik.
    Mohon bantuan solusinya min.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. imput saja nomor NUPTK nya di dapodik

      Hapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.