Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Lengkap Keterangan Status Pengajuan NUPTK Pada Dashboard Verval PTK

DAPODIK.CO.ID - Calon penerima NUPTK bisa anda cek melalui laman Verval PTK dengan cara minta bantuan operator sekolah. Karena login menggunakan user dan pasword operator sekolah. 

Nama yang masuk daftar calon penerima NUPTK adalah nama guru yang sudah terdaftar pada Aplikasi Dapodik Lembaga sekolah. Jika sudah terdaftar pada aplikasi dapodik, silahkan anda ikuti cara cek calon penerima NUPTK.

Penjelasan Lengkap Keterangan Status Pengajuan NUPTK Pada Dashboard Verval PTK

Setelah anda login pada laman verval ptk silahkan pilih menu NUPTK seperti gambar diatas untuk mengetahui nama-nama guru yang sudah menjadi calon penerima NUPTK, langkah selanjutnya adalah upload berkas syaratnya. 

Syarat yang diupload adalah scan PDF dari KTP, Ijasah SD, SMP, SMA dan Sarjana, ditambah SK Pengangkatan serta SK Pembagian tugas guru selama 5 semester. Untuk SK Pengangkatan mulai dari SK awal sampai dengan SK akhir. 

Setelah anda berhasil upload segera kirim berkas persyaratan pada operator dinas kabupaten untuk mendapat persetujuan atau Aprove.

Setelah itu, anda hanya bisa bertanya pada operator sekolah di tempat anda bekerja untuk memantau perkembangan pengajuan NUPTK anda.
 
Berikut ini Adalah Penjelasan Lengkap Keterangan Status Pengajuan Nuptk Pada Dashboard Verval PTK:

1.    Sekolah sudah mengunggah scan berkas persyaratan. Selanjutnya akan diverval oleh Dinas.

Penjelasan Lengkap Keterangan Status Pengajuan NUPTK Pada Dashboard Verval PTK

2.    Ajuan ditolak oleh dinas. Klik tulisan Approve Dinas untuk mengetahui alasan penolakan.

Penjelasan Lengkap Keterangan Status Pengajuan NUPTK Pada Dashboard Verval PTK

3.    Ajuan disetujui oleh dinas.selanjutnya akan diverval oleh LPMP.

Penjelasan Lengkap Keterangan Status Pengajuan NUPTK Pada Dashboard Verval PTK

4.    Ajuan ditolak oleh LPMP. Klik tulisan Approve LPMP untuk mengetahui alasan penolakan.

Penjelasan Lengkap Keterangan Status Pengajuan NUPTK Pada Dashboard Verval PTK

5.    Ajuan disetujui oleh LPMP. Selanjutnya akan diverval oleh PDSPK.

Penjelasan Lengkap Keterangan Status Pengajuan NUPTK Pada Dashboard Verval PTK

6.    Ajuan ditolak oleh PDSPK. Klik tulisan Penerbitan NUPTK  untuk mengetahui alasan penolakan. Untuk mengunggah berkas kembali, menggunakan menu Calon Penerimaan NUPTK atau Upload Ulang Berkas.

Penjelasan Lengkap Keterangan Status Pengajuan NUPTK Pada Dashboard Verval PTK

7.    Ajuan disetujui oleh PDSPK. NUPTK diterbitkan oleh PDSPK

Penjelasan Lengkap Keterangan Status Pengajuan NUPTK Pada Dashboard Verval PTK

Demikian tadi Penjelasan Lengkap Keterangan Status Pengajuan Nuptk Pada Dashboard Verval PTK, semoga bermanfaat bagi bapak dan ibu guru yang belum punya NUPTK.

Jika kurang jelas dan ada pertanyaan bisa anda tanya pada kolom komentar. Untuk dapat mengikuti berita terbarua dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler khusus dunia pendidikan.

93 komentar untuk "Penjelasan Lengkap Keterangan Status Pengajuan NUPTK Pada Dashboard Verval PTK"

  1. setelah apload berkas di calon penerima nuptk, di dasboard status penerimaan nuptk tidak muncul. jadi tidak bisa melihat perkembangan pengajuannya sudah sampai dimana.sudah disetujui dinas atau gimana kami tdk bisa melihat.kenapa yah..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan jaringa nnya kurang kuat

      Hapus
    2. sama min saya juga seperti itu, sdh memakai kecepatan 10mbps tetap saja tidak ada min

      Hapus
    3. sampai sekarang belum bisa dicek. di bagian status penerima nuptk masih kosong.

      Hapus
  2. di data GTK di semua nama guru tidak ada, kemudian min di data GTK lama itu saya tulisanya proses pengajuan. kalau sebelum seperti ini saya cek di dasbord status sdh di approve sama dinas, kemudian beberapa hari kemudian di web vervalptk di dasbor ptk setalah login operator itu data GTK tidak ada semua, kemudian di GTK lama itu saya tulisanya proses pengajuan. itu gimana ya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah ini pindah sekolahnya ?

      Hapus
    2. tidak min masih tetap

      Hapus
    3. maaf min kalau tidak merepotkan bisa japri wa min ini no saya 08174911878 biar gampang saya konsultasinya

      Hapus
    4. maaf, kami tidak melayani telfon
      gtk lama dan gtk baru maksudnya apa?

      Hapus
  3. kasus yang sama saya mengajukan NUPTK baru dan sdh disetujui admin dinas tapi tidak muncul di status penerima NUPTK, mhn penjelasannya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebalik itu, sebelum admin dinas setujui.
      status penerima NUPTK harus ada duluan baru operator sekolah masukan berkas yang di butuhkan

      Hapus
  4. saya OPS SMK Swasta Di Kab. Sumenep Madura. hingga saat ini status calon penerima NUPTK tidak muncul di dasbord kolom Status calon penerima NUPTK. kejadian ini sudah lama terjadi dari beberapa bulan yang lalu, dan statusnya juga sama dengan teman-teman sekolah yang lain di kolom komentar di atas. sampai saat ini masih belum ada solusi meskipun saya sudah berkordinasi dengan operator Cabdin setempat. mohon solusinya min.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tidak muncul Status calon penerima NUPTK berarti data menjadi syarat di dapodik kurang lengkap

      Hapus
    2. saya juga sama min.saya juga operator.tp malah nama saya sendiri yang gak ada

      Hapus
    3. lengkapi data yang lengkap dulu di dapodik

      Hapus
  5. Mohon ijin bertanya min, status saya di vervarptk keterangan sudah disetujui dinas dan proses menuju lpmp, setelah dicek kok status disetujui dinas berganti diusulkan sekolah. Gimana ya min? Makasih

    BalasHapus
  6. Pengusulan 8-10-2020 status sekarang disetujui lpmp ( anterian pusat )

    Berapa lama agar NUPTK bisa terbit ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau berapa lama belum di tentukan.
      silahkan menunggu saja

      Hapus
    2. Slamat malam bapak/ibu.
      Input berkat SK yayasan n SK ngajar berapa tahun terakhir ya? Saya masukan berkas SK 2tahun terakhir di batalkan sama PDSPK.
      Minta info n saran 😇
      Terimakasih

      Hapus
  7. Maaf min... kl dr skolah yg brstts negri. Apakah bs yg diupload itu SK yg dr kepala sekolah?

    BalasHapus
  8. Maaf mau tanya, punya sy sdh disetujui dinas haruskah menunggu atau konfirmasi kedinas setempat biar segera ketahap selanjutnya, soalnya lama sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya konfirmasi dulu dengan pihak dinas

      Hapus
  9. Maaf pak, mau tnya , kalau ada salah 1 berkas yg d upload berupa foto copy / tidak asli , apakh bisa spt itu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung, permintaan masing-masing daerah atau LPMP

      Hapus
  10. Maaf pak, mau tnya , kalau ada salah 1 berkas yg d upload berupa foto copy / tidak asli , apakh bisa spt itu ?

    BalasHapus
  11. tentunya tidak akan di akui
    pasti akan ditolak

    BalasHapus
  12. Kata operator pengajuan NUPTK saya sudah disetujui LPMP dan menunggu antrian pusat.ini kelanjutannya bagaimana ya..setelah menunggu antrian pusat...mohon arahannya admin.Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. antrian itu di maksud untuk memberi kesempatan pusat untuk mengecej persyaratan yang telah di upload

      Hapus
    2. ada kemungkinan di tolak ngga kalau sudah menunggu antrian pusat

      Hapus
    3. di tolak jika muncul keterangan berwarna merah

      Hapus
  13. nama saya tidak ada di calon penerima nuptk kenapa ya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbaikan data selengkapnya di aplikasi dapodik sekolah

      Hapus
  14. Status pengajuan nuptk saya disetujui dinas dan menunggu antrean LPMP min, sudah 1 bulan statunya tidak berubah.. Berapa lama ya min statusnya berubah jadi approve LPMP?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lamanya tidak di tentukan, di tunggu saja
      namun agar di jelaskan lebih detail maka silahkan bertanya ke operator dinas

      Hapus
  15. min nnya dong kalo nama PTK tidak masuk ke daftar pengajuan PTK itu kenapa ya pdahal PTK belum memiliki NUPTK tolong penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. lengkap datanya selengkapnya di dapodik sesuai syarat NUPTK yang berlaku

      Hapus
    2. Sudah dilengkapi min sudah disamakan jg dengan data ptk lain tp msh belum keluar jg knp ya apa harus ke kementerian ???

      Hapus
    3. tinggal menunggu saja kalau sudah pastikan data uploadnya lengkap

      Hapus
  16. Saya malah sampai sekarang tidak bergerak sama sekali...., kira2 uprovenya nunggu pas hoki gitu ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau datany lengkap, pasti sudah di uprove

      Hapus
    2. Sdh di uprove admin dinas..., berarti kan sdh lengkap.....
      Memang kadang Admin sesuka hati aja buka pengajuan..., bertahun2 kan spt itu...

      Hapus
  17. Balasan
    1. menunggu saja, tiak ada waktu yang di tentukan

      Hapus
  18. saya sudah 10 tahun mengajukan tapi gak keluar keluar nuptk , diajukan ulang juga gak keluar keluar juga pak. sekolahan dah keburu tutup. Apakah sk yayasan yang di upload adalah sk pertama kali mengajar atau yang 2 tahun terakhir ( masih disekolah yang sama) mohon bantuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai yang 2 tahun terakhir saja

      Hapus
    2. 2tahun terakhirnya dari tahun berapa saja pak? Minta info 🙏🙏🙏🙏

      Hapus
    3. Mau tya utk sk 2thn terakhr kl pengjuannya bln desember 2020,sk yg d ambl bs ga yg thn 2020?

      Hapus
    4. kan sudah di bilang 2 tahun sebelumnya

      Hapus
    5. Operator sekolah mengajukan NUPTK untuk saya sejak anatar akhir 2019 dan awal 2020, tapi hingga februari 2021 belum ada perkembangan.. Bagaimana ini min..

      Yang lain sudah diterima tapi saya belum ada perkembangan padahal saya sudah lama mengabdi hampir 10 tahun, Yg mengabdi 1-2 tahun di sekolah lain ada yg diterima 😫 kok miris amat nasib saya

      Hapus
    6. perkembangannya sampai dimana, dinas, lpmp atau pusat?

      Hapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. maaf pengajuan nuptk sya ditolak dinas diminta upload sk, tapi ini kenapa tidak bisa upload ya, padahal jaringan full. tampilan menu upload berkas berwarna abu2 padahal setahu saya biasanya warna merah....

    BalasHapus
  21. Min di status pengajuan nuptk masih "diajukan sekolah" kita ga tahu udah sampai mana prosesnya. apakah tahun 2021 memang begitu?

    BalasHapus
  22. Bagaimana mengatasi jika status penolakan lpmp/bppaud keterangan "masih honorer"
    Sedangkan di menu aplod ulang berkas tidak ada
    Mohon petunjuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih honorer?
      kemungkinan sk nya menggunakan sk kepala sekolah. makanya di tolak oleh LPMP

      Hapus
  23. Min, status saya " upload ulang berkas (antrian pusat)". sementara di menu upload ulang berkas masih kosong. itu maksudnya bagaimana ya min?

    BalasHapus
  24. sudah disetujui oleh LPMP tapi antrian pusat sejak bulan januari 2021. Ini bagaimana pula ya?

    BalasHapus
  25. Sudah 2 bulan status masih menunggu antrian pusat, gmana kalau kasusnya spt itu min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan saja data di dapodik sudah benar.
      tetap menunggu saja

      Hapus
  26. Min, status saya sebelumnya "disetujui LPMP/BPPAUD (antrian pusat)" sekarang berubah menjadi " upload ulang berkas (antrian pusat)". sementara di menu upload ulang berkas masih kosong. Jadi di tempat menu upload ulang berkas nama saya tidak muncul, di menu pengajuan NUPTK juga tidak tertera nama saya. Lalu bagaimana cara saya memperbaiki data agar bisa upload ulang berkas, min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. syarat pengajuan NUPTK masih kurang, cek syarat dan cek data di dapodiknya

      Hapus
  27. Ijin bertanya Min, bagaimana kalau misalnya jumlah jam mengajar di dapodik tidak sesuai dengan jumlah jam mengajar yg ada di skpbm? meskipun selisihnya hanya 1 jam. apakah akan mempengaruhi approval penerbitan NUPTKnya? terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami kurang paham pertanyaannya

      Hapus
    2. Assalamualaikum..bapak/ibu saya sedang mengajukan nuptk lalu saya cek verval ptk terlihat dalam antrian apakah itu harus di Approve dinas kabupaten atau LPMP,, mohon pencerahannya

      Hapus
  28. akan muncul tampilan Approve di verval PTK

    BalasHapus
  29. Assalamu'alaikum bapak/ibu saya CPNS 2019 ingin mengajukan NUPTK tapi nama saya tidak ada di daftar calon NUPTK juga tidak ada di verval PTK padahal saya sudah masuk di dapodik. Saya sudah datang ke dinas pendidikan di daerah saya katanya data verval saya masih di sekolah lama (sekolah sebelum CPNS), padahal saya sudah di masukkan di dapodik sekolah baru dan sudah dikeluarkan dari dapodik sekolah lama. Bagaimana ya caranya agar nama saya bisa ada di verval PTK sekolah baru dan bisa mengajukan NUPTK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. verval PTK belum menarik data dari dapodiknya, solusinya menunggu saja

      Hapus
    2. Kira-kira menunggu berapa lama ya pak/bu? Saya masuk dapodik sekolah baru dan dikeluarkan dadopodik sekolah lama sekitar bulan maret lalu, sampai bulan juli ini masih belum bisa 🙏

      Hapus
    3. jadwalnya kami tidak bisa tentukan
      menunggu sa

      Hapus
  30. Pengajuan NUPTK saya di tolak, Surat Penugasanya tidak ada tanggal, solusinnya gimana Min,& sekarang Statusnya ''ANTRIAN'' (di ajuhkan Sekolah)

    BalasHapus
    Balasan
    1. update ulang berkas yang ditolak

      Hapus
    2. masalahnya pada menu pengajuan NUPTK Nama tidak Keluar min
      hanya ada di Status Pengajuan NUPTK aja yg keluar, itu pun ''Antrian''
      jadi mau update ulang tombol yg mana bisa di klik

      Hapus
    3. menunggu instal dapodik 2022 dulu
      baru silahkan akses lagi di verval ptk

      Hapus
    4. dapodik sudah sincron min
      apakah harus menunggu

      Hapus
    5. Ok lah min terimah kasih banyak info nya
      jangan lama ya min nuggunya. hi hi hi

      Hapus
  31. Sudah 2 tahun status antrian, ga bergerak.
    Apakah perlu mengajukan ulang? Siapa yang bisa dihubungi?

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum min untuk nuptk di lpmp prosesnya berapa lama ya, sudah setahun diajukan statusnya ndak bergerak masih antrian di lpmp?

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.