Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Generate Prefill Aplikasi Dapodik Versi 2023

DAPODIK.CO.ID - Cara Generate Prefill Aplikasi Dapodik Versi 2023 merupakan tahapan untuk mengambil data sekolah dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodik secara offline (dalam bentuk fail .prf). Generate prefill merupakan data sekolah dari hasil sinkronisasi terakhir.

Cara Generate Prefill Aplikasi Dapodik Versi 2023

Tutorial Cara Generate Prefill Aplikasi Dapodik Versi 2023

Berikut langkah-lanhkah Generate Prefill Aplikasi Dapodik Versi 2023

Untuk meningkatkan keamanan dari  segi  pengguna, saat ini proses generate prefill  dapat dilakukan  setelah petugas pendataan memasukkan username, password yang benar dan kode registrasi Dapodik  sekolah yang aktif.


Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai langkah-langkah melakukan generate  prefill,  sebaiknya petugas pendataan (OPS) mengetahui terlebih dahulu ketentuan-ketentuan umum, antara lain:

    Generate prefill adalah tahapan untuk mengambil data sekolah  dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodikdasmen secara offline.

    Data sekolah yang diambil adalah hasil sinkronisasi terakhir.

    Masukkan username, password  dan  kode  registrasi  sesuai  di  aplikasi Dapodik

    Jika  ada  penggantian  petugas  pendataan  di  sekolah  kode  registrasi, username dan password dapat  diganti  oleh  admin  Dapodikdasmen  di Dinas  Pendidikan  Kab/Kota  untuk  jenjang Paud, SD/SMP  dan  Dinas Pendidikan Provinsi untuk jenjang SMA/SMK/SLB

    Registrasi awal di aplikasi dapat dilakukan tanpa harus menggunakan prefill. Dengan syarat harus terhubung internet (online).

    Jangan lakukan registrasi dengan  menggunakan prefill yang lama (kadaluarsa). Jika ingin  pindah ke komputer lain lakukan siklus "sinkronisasi > generate prefill ulang" untuk mencegah duplikasi data.

Selengkapnya, untuk memulai proses generate prefill silakan lakukan langkahlangkah di bawah berikut:

1)  Buka laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
2)  Pilih menu “DATA PREFILL”
3)  Pilih salah satu tautan unduh prefill dapodik yang tersedia.
4)  Masukkan username, password, dan kode registrasi.

Tautan prefill yang tersedia antara lain:


Username dan password yang digunakan untuk mengunduh prefill merupakan data pengguna yang terdaftar di server pusat. Jika terdapat ketidaksesuaian data ketika melakukan proses generate prefill, segera lakukan konfirmasi dengan admin Dapodikdasmen Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk jenjang PAUD, SD, SMP dan Dinas Pendidikan Provinsi untuk jenjang SMA/SMK/SLB.


Setelah  berhasil  memasukkan username,  password,  dan  kode  registrasi,  klik “Generate” dan    tunggu proses selesai.

Klik “download” dan simpan prefill tersebut di drive C:\ dengan nama folder “prefill_dapodik”.



Demikian Informasi Terbaru Terkait Cara Generate Prefill Aplikasi Dapodik Versi 2023. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


8 komentar untuk "Cara Generate Prefill Aplikasi Dapodik Versi 2023"

  1. Anonim08:06

    min kenapa mengunduh prefil kode registrasi tidak ditemukan padahal kode registrasi sudah benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. diulangi terus saja. kemungkinan jaringan atau penggunaka dapodik penuh

      Hapus
  2. Anonim03:54

    min tolong bantu aku untuk cara update versi sinkron dulu,,,,soalnya yg ku buat gagal terus.....

    BalasHapus
  3. Anonim21:07

    min bagaimana jika username dan pasword keterangan nya tak terdaftar padahal username dan pasword yang di pakai pada dapodik sebelumnya..

    BalasHapus
  4. Anonim13:50

    Min didapodik 2023 c. Tdk bisa tarik data trs, masih ada keterangan tersebut, tlg solusinya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim03:42

      Sama.. asata juga seperti itu.. tolong solusinya

      Hapus
  5. Anonim20:15

    min kenapa data prefil tidak bisa dibuka

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.