Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Benar Operator Dapodik Akan MendapatkanTunjangan Profesi ? Inilah Jawabannya

DAPODIK.co.id - Sahabat Operator Dapodik Sekolah semuanya, saat membaca judul artikel ini tentu anda bertanya-tanya, apakah benar para Operator Dapodik Akan Dapat Tunjangan Profesi?  Untuk itulah admin membuat artikel ini dengan tujuan untuk memberi gambaran ke semua pihak yang bersangkutan untuk memperhatikan nasib operator Dapodik agar menjadi lebih baik lagi di tahun-tahun yang akan datang.

Perlu diketahui dan diakui bersama, tugas operator dapodik sekolah sangatlah berat. Bayangkan saja, dalam Aplikasi Dapodik seorang operator harus melakukan input dan perawatan data yang meliputi data siswa, Guru dan Tenaga Kependidikan, Pembelajaran, Sarana Prasarana, Bantuan Operasional Sekolah sampai dengan sertifikasi Guru. Semua itu dibebankan kepada seorang operator.

Apa Benar Operator Dapodik Akan MendapatkanTunjangan Profesi ? Inilah Jawabannya.
Apa Benar Operator Dapodik Akan MendapatkanTunjangan Profesi ? Inilah Jawabannya.

Belum lagi, operator harus mengerjakan beberapa data yang berhubungan dengan Aplikasi Dapodik. Misalnya, VerVal PD, VerVal GTK, VerVal SP, PIP, mengelola data Ujian Nasional, hingga yang terbaru adalah Aplikasi PMP. Semua itu harus dia selesaikan sesuai waktu Cutt Off yang ditentukan pemerintah pusat.

Operator dapodik sekolah dalam rangka kegiatan input/pemeliharaan data individual sekolah (meliputi: identitas sekolah, Siswa, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, sarana prasarana) melalui aplikasi Dapodikdasmen, diberikan dengan besaran estimasi honor input/pemeliharaan data per siswa sebesar Rp. 1.000,-; honor input/pemeliharaan data per Pendidik dan Tenaga Kependidikan sebesar Rp. 1.000,-; honor input/pemeliharaan data identitas sekolah dan sarana-prasarana sebesar Rp.1.000,-; honor atau input/pemeliharaan data dapat diberikan mengikuti ketentuan dan kewajaran yang berlaku sekolah di daerah-daerah sesuai dengan beban kerja.

Jika disimak dengan seksama, jumlah honor tersebut masih jauh dibandingkan dengan beban kerja yang ditanggung oleh seorang Operator Dapodik yang harus bertanggungjawab terhadap validitas data yang ada di sebuah sekolah. Maka sudah sewajarnya, jika keberadaan Operator Dapodik juga harus diakui secara resmi oleh pemerintah dengan memberikan tunjangan profesi

Berikut ini Alasan Mengapa Operator Dapodik Wajin Diberi Tunjangan Profesi

1.    Waktu kerja Operator Dapodik 24 jam. Jika syarat guru bisa mendapatkan sertifikasi ialah dengan mengajar minimal 24 jam pembelajaran maka operator harus bekerja selama 24 jam penuh. Hal ini tidak berlebihan mengingat tugas seorang operator selalu berkelanjutan. Tak jarang, mereka harus bangun tengah malam untuk mengirim data ke server pusat. Sebab pada siang hari pengiriman data selalu gagal karena lalu lintas pengirimannya yang sangat banyak.

2.    Tanggungjawab Operator meliputi semua aspek pendidikan. Jika guru hanya dibebani mengajar di kelas maka Operator Dapodik harus menyelesaikan semua keperluan sekolah. Mulai Data Sekolah, Sarpras, Kurikulum, GTK, PIP, BOS Sampai dengan urusan sertifikasi guru. Semuanya menjadi beban tugas dan tanggunjawab seorang operator sekolah.

3.    Operator Dapodik Pahlawan Data Sekolah. Jika guru biasa disebut sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa maka Operator Dapodik layak disebut “Pahlawan Data Sekolah”. Seorang operator bisa mendata ribuan bahkan jutaan data yang ada di sekolahnya. Kerja operator yang berkaitan dengan data pendidikan menjadi landasan utama dalam pengambilan keputusan strategis terkait dengan kemajuan pendidikan nasional. Sebab faktor penentu keberhasilan pendidikan juga harus mencakup semua hal yang ada di dunia pendidikan.

Beberapa hal tersebut menggambarkan betapa pentingnya peran Operator Dapodik dalam memajukan pendidikan nasional. Sudah saatnya mereka diakui secara resmi dengan memberikan tunjangan profesi yang layak demi meningkatkan profesionalitas mereka dalam mengelola validitas data.

Banyak operaor yang terus berjuang melakukan pendataan meski terbentur dengan berbagai hambatan. Tak jarang mereka harus mengelurkan biaya pribadi demi bisa melakukan sinkronisasi data. Pemerintah dalam hal ini Kemdikbud perlu melakukan kajian dan penghargaan dalam wujud pemberian tunjangan profesi agar kerja keras mereka dihargai. Semoga harapan ini bisa menjadi kenyataan.

Inti dari artikel ini adalah memaparkan betapa pentingnya seorang operator di sekolah, tujuan penting lainnya dari artikel ini adalah agar pemerintah pusat, provinsi dan pemerintah daerah bisa melihat dengan mata terbuka agar ke depannya semua pihap akan mengerti dan memberikan imbalan jasa yang sesuai dengan jerih paya operator dapodik sekolah. Jangan hanya memberikan kata-kata hiburan setiap tahun yaitu (UPAMU BESAR DI SURGA) admin akan katakan kalimat itu adalah basih.

Demikian artikel dari admin, semoga dan semoga dipahami, silahkan di bagiakan.

61 komentar untuk "Apa Benar Operator Dapodik Akan MendapatkanTunjangan Profesi ? Inilah Jawabannya"

  1. benar sekali,full tanggung jawab semua yang berkaitan dengan sekolah adalah seorang operator,hanya sekedar saran saja,kalo dulu para guru honor dan kontrak demo mintak di angkat menjadi pns,bagaimana kalo sekarang saat nya operator yang demo kepada bapak presiden agar dipertimbangkan nasib operator..
    #salamsatudata

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga pihak yang di atas bisa membaca artikel ini agar operator sekolah harus di perhatikan.
      terima kasih sudah berkomentar.
      salam satu data

      Hapus
    2. terimakasih kami sebagai operator sekolah sungguh sangat mengharapkan sekali ada nya kebijakan untuk memberikan kami tunjangan, jujur khusus saya opertor yang bertugas disekolah pedalaman yang punya keterbatasan jaringan internet,maka sy harus berusaha menempuh 198 km perjalanan dari desa menuju kota untuk menyelesaikan tugas saya sebagai operator.beban tugas tanggung jawab ada di pundak saya untuk sekolah lebih baik dan bermutu. walaupun upah saya tidak seberapa dan tidak seimbang upah saya dengan pengapdian. bahkan saya merelakan mengeluarkan uang pribadi saya demi transportasi dan biaya lain.karna prinsip saya tugas yang saya jalankan harus berhasil. akhir kata saya ucapkan terimakasih SALAM SATU DATA.

      Hapus
    3. siap, terima kasih keluhan yang sangat membangun

      Hapus
  2. Apakah mas Mendikbud membaca artikel diatas tentang tunjangan khusus operator terpisah dengan dana BOS, sebab masing2 kepala satuan pendidikan bagi yg memperhatikan/ngajeni tenaga operator artinya bagus dong, tapi jika kepala satuan pendidikan sudah dimintai oleh operator tapi jawabannya tidak bisa memberikan insentif gimana dong.... Nasip operator ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas masukin di blog ini

      Hapus
    2. peran operator sangat lah penting demi kelancaran pendidikan di indonesia......namun masa depan operator tidak lah di indahkan dan di perhatikan oleh pihak berwenang yang ada di negara ini....moga mata hati para yang berwenang bisa terbukan dengan pkerjaan operator yang sangat berat ini....

      Hapus
    3. sama-sama kita doakan ya

      Hapus
    4. Menteri Pendidikan sudah sering mungkin mendengar dan membaca aspirasi OPS, namun ada balasan di Video yg tidak bisa saya tampilkan, tetap saja katanya di serahkan kepada Kepala Sekolah masing - masing.

      Hapus
    5. sampai dengan sekarang belum ada video mentri pendidikan sioal Operator sekolah.
      yang ada hanya honor

      Hapus
  3. semoga apa yang harapkan,,,terjadi sekarang,,

    BalasHapus
  4. Saya sudah 2 x mengajukan permohonan ke Kemendikbud, balasan akan kami sampaikan ke pihak terkait (2 thn berlalu). Sudah banyak mungkin yah forum OPS (FOPSI) setiap provinsi yang mengajukan permohonan untuk Tunjangan Kinerja kita agar direalisasikan, namun yah kita sabar dan sabar menanti. mudah"an dengan menteri pendidikan yang baru, keluh dan kesah kita ditanggapi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampai dengan sekarang belum ada video mentri pendidikan soal Operator sekolah.
      yang ada hanya honor

      Hapus
  5. Anonim10:36

    hanya wacana saja pemerintah gak tegas dalam kebijaksanaanya

    BalasHapus
  6. Anonim10:37

    apalagi kepala sekolah dan yayasan bull shit ah

    BalasHapus
  7. Bekerja dalam 24 jam.. kadang harus ke kota agar bisa Synchron..Krn jaringan di sekolah sangat susah apalagi berada d pulau...... salam satu data

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat-semangat

      Hapus
    2. ea kami harpkan.semoga kita tetap semangat demi bangsa ini

      Hapus
  8. Dari awal masuk menjadi operator dapodik tahun 2015, tiap ada perkumpulan/rapat /bimtek kata2nya selalu sama : "operator sangat penting, kami selalu mengusahakan agar operator ini diperhatikan". Diperhatikan doang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap semangat saja

      Hapus
    2. Semoga semuanya di beri kesehatan..dan mendapat apa yang kita harapkan dari kebijakan2 terkait..amiin salam operator

      Hapus
  9. Tetap semangat para pejuang data.

    jangan lupa ngopi.


    salam #SATUDATA

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali,,,,harus tetap tersenyum
      salam #SATUDATA

      Hapus
  10. Semoga saja pemerintah terbuka hatinya. setelah membaca artikel di atas

    BalasHapus
  11. Terimakasih artikel ini mewakili keluh kesah kita sebagai OPS,
    Namun yg saya alami OPS di samping tugas wajib OPS, OPS pun harus segala bisa, Bisa mengerjakan tugas kepsek, Bisa mengerjakan tugas bendahara, Bisa mengerjakan tugas guru....ini yg saya alami, entah banyak yg senasib seperti saya atau hanya saya

    #SALAMSATUDATA

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak senasip,,,,,,
      tetap semangat dan semoga artikel ini di baca oleh kemendikbud RI

      Hapus
  12. guru honor hanya diperhatikan operator tidak gimana pemerintah.kita sebagai operator mau rangkap jadi guru tidak boleh karena double gajinya..dan gaji guru lebih tinggi otomatis honorer memilih guru..gag ada lgi operator sekolah padahal wajib ada 1 operator dapodik...pusing pusing..aku pribadi melepaskan jdi guru pilih operator..tugas operator lebih padat..tolong pemerintah perhatikan juga nasib operator. jgn hanya guru

    BalasHapus
  13. Gajiku 20rb sehari,habis buat transportasi,, mau ku tinggalkan saja tapi kasian ini sekolah, desaku baru berkembang,, tolonglah pemerintah dedikasimu mana buat kami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa di liat dan dibaca
      amin

      Hapus
  14. artikel yg mantap....saran saya semua OPS "MOGOK NASIONAL" agar lebih cepat di perhatikan, dan di perhitungkan pentingnya keberadaan seorang OPS....

    salam satu data

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga di tahun ajaran 2022 operator sekolah sudah diperhitungkan berapa pentingnya gaji yang cukup untuk operator sekolah.
      AMIN

      Hapus
  15. seharusnya pihak pemerintah terkait harus bener-bener untuk memperhatikan operator sekolah, di berikan GTK, mengenai soal bebean kerja lebih besar dengan GTK, jadi kita memintak perhatian dari piahk pemerintak agak kami selaku operator sekolah, di perhatikan dengan baik jangan hanya di beri iming-iming hayalan yang belum pasti. dan kami mohon kepada bapak peresiden agar operator sekolah bisa di angkat sebagai ASN. terimakasih.

    BalasHapus
  16. Yok kita buat lembaga khusus Operator Pendidikan se indonesia

    BalasHapus
  17. mudah-mudahan pak mentri pendidikan bisa memikirkan nasib para operator dapodik. Aamiin.........

    BalasHapus
  18. sejahterakanlah OPS wahai menteriku... tugas dan tanggung jawabnya besar, rela tidak tidur demi kesejahtraan guru disekolah. sejahtrakan kami para ops

    BalasHapus
  19. SALAM SATU DATA

    BalasHapus
  20. saya operator sekolah hanya di beri honor uang bensin min...

    BalasHapus
  21. Anonim22:30

    "bersyukur dan tetap semangat".. adalah pembodohan dan nasihat yang menjerumuskan..makin lama makin dalam hingga tidak sadar bahwa kita berada dalam situasi kerja perbudakan.

    ayo .. move on.. jika dirasa beban kerja dan gaji tidak sesuai maka tidak ada kata yang lebih tepat selain MENGUNDURKAN DIRI.

    Buka mata lebar2 carilah peluang.. keluarlah dari KOTAK yang sempit ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika niat dari hati nurani maka ingin mengapdi menjadi PTK, jangan pernah mengumbar kata mengundurkan diri

      Hapus
  22. Anonim03:05

    Tambah lagi jika SMK input data Du/Di Prakerin/Magang
    E_Rapor lagi setiap selesai ujian.
    Semoga kita sebagai Operator sekolah diangkat jadi PNS☕

    BalasHapus
  23. Anonim18:13

    Saya oprator sd saya masih menerima gaji sebesar 1 juta per bulan, dikarenakan kebutuhan sekolah juga banyak, guru honor juga dan di tambah dari siswanya sedikit juga, semoga tahun ketahun op bisa mendapatkan gaji sesuai dari pemerintah aamiin

    BalasHapus
  24. Anonim13:12

    saya sebagai op bukan hanya mendidik siswa saja,tapi memperlancar pendidik ,peserta didik,nama baik,lembaga pendidiknan dll.tpi hanya bisa melihat tunjangan seorang pendidik saja.semoga pemerintah bs melihat suatu keadilan suatu kependidikan.

    BalasHapus
  25. Anonim13:01

    saya sebagai operator sekaligus guru kelas didaerah pegunungan desa mareje lembar lombok barat belum ada kesejahteraan dalam pengangkatan justru disingkirkan gara ijazah saya D2 PGSD honor diatas angin tugas seperti memikul bumi ..... dimana kepedulian?

    BalasHapus
  26. Benar sekali, kita sebagai operator ini, kapan ada perhatian seperti guru-guru. Mengajar hanya begitu dan begini, tapi selalu di perhatikan oleh pemerintah. Sedangkan kita lebih dari 24 jam tidak di perhatikan

    BalasHapus
  27. Anonim16:39

    Pak mentri kemdikbud ristek dengarkan suara kami sebagai operator sekolah... Beri kami kesejahteraan tunjangan profesi kami agar kami lebih semangat dan giat walau rela 24 jam juga kami berjuang mati2an demi warga lembaga sekolah kami.. Trimakasih semoga dikabulkan usulan ini.

    BalasHapus
  28. Anonim08:16

    Apa yg di sampaikn Memang 1000 benar.

    Terkadang Kita bngun Larud mlm..sincron..😭

    BalasHapus
  29. Bukan hanya tunjangan sertifikasi, tapi kita perlu meminta pemerintah untuk membuka formasi PPPK untuk para Operator Dapodik. salam satu data🙏🙏🙏🙏

    BalasHapus
  30. Anonim21:01

    Saya sudah mengabdi lebih 7 tahun tapi masih sama saja hanya gaji yg naik 50k setiap 2 tahun dan sekarang belum sampe 800..semoga ini bisa di resapi.

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.