Apa Benar Operator Dapodik Akan MendapatkanTunjangan Profesi ? Inilah Jawabannya.

DAPODIK.co.id - Sahabat Operator Dapodik Sekolah semuanya, saat membaca judul artikel ini tentu anda bertanya-tanya, apakah benar para Operator Dapodik Akan Dapat Tunjangan Profesi? Untuk itulah admin membuat artikel ini dengan tujuan untuk memberi gambaran ke semua pihak yang bersangkutan untuk memperhatikan nasib operator Dapodik agar menjadi lebih baik lagi di tahun-tahun yang akan datang.

Perlu diketahui dan diakui bersama, tugas operator dapodik sekolah sangatlah berat. Bayangkan saja, dalam Aplikasi Dapodik seorang operator harus melakukan input dan perawatan data yang meliputi data siswa, Guru dan Tenaga Kependidikan, Pembelajaran, Sarana Prasarana, Bantuan Operasional Sekolah sampai dengan sertifikasi Guru. Semua itu dibebankan kepada seorang operator.


Apa Benar Operator Dapodik Akan MendapatkanTunjangan Profesi ? Inilah Jawabannya.
Apa Benar Operator Dapodik Akan MendapatkanTunjangan Profesi ? Inilah Jawabannya.
Belum lagi, operator harus mengerjakan beberapa data yang berhubungan dengan Aplikasi Dapodik. Misalnya, VerVal PD, VerVal GTK, VerVal SP, PIP, mengelola data Ujian Nasional, hingga yang terbaru adalah Aplikasi PMP. Semua itu harus dia selesaikan sesuai waktu Cutt Off yang ditentukan pemerintah pusat.

Operator dapodik sekolah dalam rangka kegiatan input/pemeliharaan data individual sekolah (meliputi: identitas sekolah, Siswa, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, sarana prasarana) melalui aplikasi Dapodikdasmen, diberikan dengan besaran estimasi honor input/pemeliharaan data per siswa sebesar Rp. 1.000,-; honor input/pemeliharaan data per Pendidik dan Tenaga Kependidikan sebesar Rp. 1.000,-; honor input/pemeliharaan data identitas sekolah dan sarana-prasarana sebesar Rp.1.000,-; honor atau input/pemeliharaan data dapat diberikan mengikuti ketentuan dan kewajaran yang berlaku sekolah di daerah-daerah sesuai dengan beban kerja.

Jika disimak dengan seksama, jumlah honor tersebut masih jauh dibandingkan dengan beban kerja yang ditanggung oleh seorang Operator Dapodik yang harus bertanggungjawab terhadap validitas data yang ada di sebuah sekolah. Maka sudah sewajarnya, jika keberadaan Operator Dapodik juga harus diakui secara resmi oleh pemerintah dengan memberikan tunjangan profesi

Berikut ini Alasan Mengapa Operator Dapodik Wajin Diberi Tunjangan Profesi

1.    Waktu kerja Operator Dapodik 24 jam. Jika syarat guru bisa mendapatkan sertifikasi ialah dengan mengajar minimal 24 jam pembelajaran maka operator harus bekerja selama 24 jam penuh. Hal ini tidak berlebihan mengingat tugas seorang operator selalu berkelanjutan. Tak jarang, mereka harus bangun tengah malam untuk mengirim data ke server pusat. Sebab pada siang hari pengiriman data selalu gagal karena lalu lintas pengirimannya yang sangat banyak.

2.    Tanggungjawab Operator meliputi semua aspek pendidikan. Jika guru hanya dibebani mengajar di kelas maka Operator Dapodik harus menyelesaikan semua keperluan sekolah. Mulai Data Sekolah, Sarpras, Kurikulum, GTK, PIP, BOS Sampai dengan urusan sertifikasi guru. Semuanya menjadi beban tugas dan tanggunjawab seorang operator sekolah.

3.    Operator Dapodik Pahlawan Data Sekolah. Jika guru biasa disebut sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa maka Operator Dapodik layak disebut “Pahlawan Data Sekolah”. Seorang operator bisa mendata ribuan bahkan jutaan data yang ada di sekolahnya. Kerja operator yang berkaitan dengan data pendidikan menjadi landasan utama dalam pengambilan keputusan strategis terkait dengan kemajuan pendidikan nasional. Sebab faktor penentu keberhasilan pendidikan juga harus mencakup semua hal yang ada di dunia pendidikan.

Beberapa hal tersebut menggambarkan betapa pentingnya peran Operator Dapodik dalam memajukan pendidikan nasional. Sudah saatnya mereka diakui secara resmi dengan memberikan tunjangan profesi yang layak demi meningkatkan profesionalitas mereka dalam mengelola validitas data.

Banyak operaor yang terus berjuang melakukan pendataan meski terbentur dengan berbagai hambatan. Tak jarang mereka harus mengelurkan biaya pribadi demi bisa melakukan sinkronisasi data. Pemerintah dalam hal ini Kemdikbud perlu melakukan kajian dan penghargaan dalam wujud pemberian tunjangan profesi agar kerja keras mereka dihargai. Semoga harapan ini bisa menjadi kenyataan.

Inti dari artikel ini adalah memaparkan betapa pentingnya seorang operator di sekolah, tujuan penting lainnya dari artikel ini adalah agar pemerintah pusat, provinsi dan pemerintah daerah bisa melihat dengan mata terbuka agar ke depannya semua pihap akan mengerti dan memberikan imbalan jasa yang sesuai dengan jerih paya operator dapodik sekolah. Jangan hanya memberikan kata-kata hiburan setiap tahun yaitu (UPAMU BESAR DI SURGA) admin akan katakan kalimat itu adalah basih.

Demikian artikel dari admin, semoga dan semoga dipahami, silahkan di bagiakan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

12 Komentar untuk "Apa Benar Operator Dapodik Akan MendapatkanTunjangan Profesi ? Inilah Jawabannya."

  1. benar sekali,full tanggung jawab semua yang berkaitan dengan sekolah adalah seorang operator,hanya sekedar saran saja,kalo dulu para guru honor dan kontrak demo mintak di angkat menjadi pns,bagaimana kalo sekarang saat nya operator yang demo kepada bapak presiden agar dipertimbangkan nasib operator..
    #salamsatudata

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga pihak yang di atas bisa membaca artikel ini agar operator sekolah harus di perhatikan.
      terima kasih sudah berkomentar.
      salam satu data

      Hapus
  2. Apakah mas Mendikbud membaca artikel diatas tentang tunjangan khusus operator terpisah dengan dana BOS, sebab masing2 kepala satuan pendidikan bagi yg memperhatikan/ngajeni tenaga operator artinya bagus dong, tapi jika kepala satuan pendidikan sudah dimintai oleh operator tapi jawabannya tidak bisa memberikan insentif gimana dong.... Nasip operator ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas masukin di blog ini

      Hapus
    2. peran operator sangat lah penting demi kelancaran pendidikan di indonesia......namun masa depan operator tidak lah di indahkan dan di perhatikan oleh pihak berwenang yang ada di negara ini....moga mata hati para yang berwenang bisa terbukan dengan pkerjaan operator yang sangat berat ini....

      Hapus
    3. Menteri Pendidikan sudah sering mungkin mendengar dan membaca aspirasi OPS, namun ada balasan di Video yg tidak bisa saya tampilkan, tetap saja katanya di serahkan kepada Kepala Sekolah masing - masing.

      Hapus
    4. sampai dengan sekarang belum ada video mentri pendidikan sioal Operator sekolah.
      yang ada hanya honor

      Hapus
  3. semoga apa yang harapkan,,,terjadi sekarang,,

    BalasHapus
  4. Saya sudah 2 x mengajukan permohonan ke Kemendikbud, balasan akan kami sampaikan ke pihak terkait (2 thn berlalu). Sudah banyak mungkin yah forum OPS (FOPSI) setiap provinsi yang mengajukan permohonan untuk Tunjangan Kinerja kita agar direalisasikan, namun yah kita sabar dan sabar menanti. mudah"an dengan menteri pendidikan yang baru, keluh dan kesah kita ditanggapi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampai dengan sekarang belum ada video mentri pendidikan soal Operator sekolah.
      yang ada hanya honor

      Hapus
Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel