Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas Wajib Operator Aplikasi Dapodik Setiap Awal Semester - DAPODIK.co.id

DAPODIK.co.id - Selamat datang dan salam jumpa sahabat pembaca setia  DAPODIK.co.id, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi awal sebelum rilis apikasi dapodik versi terbaru yang mungkin akan update karena masih ada masalah dalam mengerjakan aplikasi dapodik.

Tugas Wajib Operator Aplikasi Dapodik Setiap Awal Semester - DAPODIK.co.id
Tugas Wajib Operator Aplikasi Dapodik Setiap Awal Semester
Silahkan simak selengkapnya penjelasan terkait awal pengerjaan apliakasi dapodik di bawah ini:

1.    Registrasi SK OPS di alamat sdm.data.kemdikbud.go.id.

2.    Melengkapi data citra dan data spasial di alamat vervalsp.data.kemdikbud.go.id.

3.    Yang perlu diingat bahwa saat Aplikasi Launching. Sebelum melakukan hal yang lain, pastikan siswa akhir sudah di LULUSKAN oleh pusat dan kemudian segera melakukan entri (Tarik PD Dikdasmen) dan update data siswa.

4.    Pada saat update aplikasi dapodik, silahkan lengkapi data siswa SD, SMP dan SMA/ SMK karena biasanya penarikan kelengkapan data siswa dilakukan pada bulan julu untuk mengikuti ANBK/ AKM.

5.    Di aplikasi dapodik versi terbaru segera melakukan entry dan update data PTK, Sekolah dan Sarpras.

6.    Selalu melakukan pengecekan vervalpd secara rutin di alamat vervalpd.data.kemdikbud.go.id.

Mumpung belum disibukan dengan kegiatan menjelang HUT RI di bulan agustus nanti, ada baiknya OPERATOR SEKOLAH dan KEPALA SEKOLAH segeralah menyelesaikan kewajibannya dalam hal pendataan Aplikasi Dapodik teraru.


Sebenarnya diawal munculnya aplikasi dapodikdasmen, banyak sekali pekerjaan yang harus di lakukan operator sekolah biasanya di tentukan cut off singkron aplikasi dapodikdasmen. Oleh karena itu, jika aplikasi dapodikdasmen lahir, sebaiknya operator sekolah lakukan pekerjaan tidak lebih dari waktu dua minggu.

Catatan:
Harap segera lakukan entrk dan syncron Aplikasi Dapodik sebelum akhir bulan september dan Dapopaud-Dikmas sebelum akhir bulan november karena untuk penerbitan NISN apabila melewati bulan tersebut, maka penerbitan NISN akan diberikan di tahun ajaran berikutnya.

5 komentar untuk "Tugas Wajib Operator Aplikasi Dapodik Setiap Awal Semester - DAPODIK.co.id"

  1. Terima Kasih Infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama dan semoga bermanfaat ya

      Hapus
  2. mohon penjelasannya tentang guru sosiologi ketika diangkat yayasan menjadi kepala SMK apakah sertifikasinya masih bisa diakui ?

    BalasHapus
  3. Anonim07:31

    mau tanya, saya tarik data dari sma ke smp tapi dari dapodik smp belum bisa mengganti status induk ke smp itu bagaimana ya ? lalu sudah tarik data ke smp tapi di info GTK masih data lama yang di SMA. mohon penjelasannya

    BalasHapus
  4. wak jadul09:21

    salam pak, saya operator baru di suatu sekolah swasta, sebenarnya banyak sekali yang harus saya pertanyakan, tapi untuk saat ini, apakah tugas saya sebagai operator baru ini bisa merujuk kepada 6 point diatas ?

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.