Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesalahan Fatal Operator Dapodik Dalam Pendataan Setiap Aplikasi Dapodik Di Rilis

DAPODIK.co.id - Pada postingan kali ini admin mengambil judul tentang  “Kesalahan Fatal Operator Dapodik Dalam Pendataan Dapodik Terbaru.

Usia Aplikasi Dapodik yang sudah lebih dari 9 tahun ini ternyata banyak dari Operator Dapodik yang melakukan kesalahan-kesalahan dalam proses pendataan. Secara umum proses pendataan terbagi  dalam 3 hal, yaitu persiapan, proses, dam evaluasi.



Kesalahan Fatal Operator Dapodik Dalam Pendataan Setiap Aplikasi Dapodik Di Rilis

Adapun kesalahan-kesalahan adalah sebagai berikut:

Tahapan Persiapan:

Dalam tahapan persiapan ini diantaranya adalah mempersiapkan formulir-formulir pendaftaran dan pengisian harus sesuai dengan kondisi nyata. Namun masih ada beberapa Operator Dapodik yang dalam tahapan mempersiapkan formulir-formulirnya ini tidak dilakukan dengan alasan ribet bahkan ada sekolah yang tidak mempunyai formulir Dapodik.

Karena pada dasarnya, ketika Operator Dapodik melakukan pendataan harus ada bukti nyata kita atau bukti otentik sebagai dasar untuk memasukkan datanya. Baik data Sekolah, PTK, Peserta Didik dan lain sebagainya.

Tahapan Proses:

Tahapan ini tentang proses entri atau memasukkan data. Masih banyak Operator Dapodik yang melakukan proses memasukkan data ini tergesa-tergesa, dengan alasan agar cepat selesai dan kerena tekanan intruksi dari kepala sekolah. Proses input ini harus dilakukan dengan teliti agar nanti dikemudian hari tidak terjadi kesalahan memasukkan data. Jika perlu lakukan pengecekan kembali setelah selesai memasukkan data.

Tahapan Evaluasi:

Tapan evaluasi ini adalah tahapan terakhir dalam pendataan. Setelah sinkron Aplikasi Dapodik terbaru, kita lakukan evaluasi dengan cara melihat server dapodik. Apakah data yang kita masukkan sudah benar sesuain dengan yang kita inputkan atau belum. Proses atau tahapan evaluasi ini merupakan tahapan yang sangat jarang dilakukan oleh teman-teman Operator Dapodik. Banyak alasan dari yang mengucapkan “ yang penting kan sudah sinkron, sampai dengan alasan tidak punya pulsa ”.

Demikian kesalahan-kesalahan fatal Operator Dapodik dalam pendataan Aplikasi Dapodik yang dapat admin bagikan kali ini. Semoga kedepannya kesalahan-kesalahan di atas tidak terjadi kembali di kalangan sahabat Operator Dapodik. 

4 komentar untuk "Kesalahan Fatal Operator Dapodik Dalam Pendataan Setiap Aplikasi Dapodik Di Rilis "

  1. sy sdh perbaiki data siswa di vervalpd _dan sdh sy sinkron_tetapi koq bln masuk dapo lokal ya

    BalasHapus
  2. Bagaimana jika data pd sudah ada namun operator keliru mengira data belum ada dan menambah lagi datanya? Harus bagaimana? Jdi di dapodik data pd ada 2?

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.