Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Kurikulum & Model-model Pembelajaran (Pedagogi) PPG Dalam Jabatan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Kementerian Agama RI

DAPODIK.co.id - Modul Kurikulum & Model-model Pembelajaran (Pedagogi)  PPG Dalam Jabatan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Kementerian Agama RI. Istilah kurikulum sudah ada sejak lama yakni pada zaman Romawi kuno yang muncul dari dunia olahraga. Istilah kurikulum berasal dari bahasa Latin curir yang artinya pelari, currere artinya tempat berlari; curricula berarti jarak yang harus ditempuh dalam suatu perlombaan atau jarak yang harus ditempuh oleh seorang pelari mulai dari start sampai finish dengan tujuan memperoleh medali/penghargaan. Definisi tersebut kemudian diadopsi ke dalam dunia pendidikan yakni sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dari awal sampai akhir program pelajaran untuk memperoleh penghargaan dalam bentuk ijazah.

 

Menurut Kamus Besar bahasa Indonesia kurikulum adalah perangkat mata pelajaran yang diajarkan pada lembaga pendidikan; perangkat mata kuliah mengenai bidang keahlian khusus. Kamus Webster, mengartikan kurikulum adalah bahan pelajaran.

 

Berdasarkan arti nominal yang dikemukakan di atas, baik arti yang didasarkan pada akar kata maupun kamus mengungkapkan bahwa ada dua hal yang mau dikemukan sebagai hal yang mendasar dalam istilah kurikulum yakni sejumlah mata pelajaran dan tujuan yang hendak dicapai yakni memperoleh ijazah atau penghargaan.

  

Modul Kurikulum & Model-model Pembelajaran (Pedagogi)  PPG Dalam Jabatan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Kementerian Agama RI

 

Download Modul Kurikulum & Model-model Pembelajaran (Pedagogi)  PPG Dalam Jabatan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Kementerian Agama RI

Modul Kurikulum dan Model-model Pembelajaran, merupakan modul yang disusun sebagai bahan pembelajaran bagi mahasiswa Program Profesi Guru Pendidikan Agama Katolik dalam Jabatan. Modul ini disiapkan untuk perkuliahan dengan bobot 2 sks, yang didalamnya terdapat 4 kegiatan belajar yang berkaitan dengan materi kurikulum dan pengembangannya serta model-model pembelajaran yang menjawab tuntutan perkembangan zaman serta kebutuhan akan penguasaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni, dan Komunikasi.

 

Kita telah menyadari bersama, bahwa tuntutan zaman yang semakin modern serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju, menuntut para pendidik dalam hal ini Guru Pendidikan Agama Katolik agar lebih kreatif dalam memberikan segala inovasi terhadap dunia pendidikan. Hal demikian akan terjawab secara baik apabila berlandaskan kurikulum yang merupakan alat untuk merealisasikan program pendidikan yang diaplikasikan oleh para Guru Pendidikan Agama Katolik.

 

Guru Pendidikan Agama Katolik sebagai tenaga profesional merupakan gerbang inovasi yang dapat membentuk dan mengarahkan peserta didik untuk menjadi pribadi yang memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Maka dari itu, Guru Pendidikan Agama Katolik harus benar-benar harus memahami kurikulum dan model-model pembelajaran demi terciptanya suatu integrasi dalam dunia pendidikan yang lebih baik.

 

Selengkapnya, Panduan dan Download Modul Kurikulum & Model-model Pembelajaran (Pedagogi)  PPG Dalam Jabatan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Kementerian Agama RI:

 


Link Download Modul Kurikulum & Model-model Pembelajaran (Pedagogi)  PPG Dalam Jabatan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Kementerian Agama RI, Klik Disini.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait Modul Kurikulum & Model-model Pembelajaran (Pedagogi)  PPG Dalam Jabatan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Kementerian Agama RI, Semoga Ada Manfaatnya.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

 

Posting Komentar untuk "Modul Kurikulum & Model-model Pembelajaran (Pedagogi) PPG Dalam Jabatan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Kementerian Agama RI"