Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Pedoman Festival Lomba Seni Dan Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMP Tahun 2023

DAPODIK.co.id - Download Pedoman Festival Lomba Seni Dan Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMP Tahun 2023. Pembukan  Undang-Undang  Dasar  Negara  Republik  Indonesia  tahun  1945  (UUD 1945)  mengamanatkan  Bangsa  dan  Negara  Indonesia  dalam  mencerdaskan  kehidupan bangsa. Hal ini menjadikan segala upaya terkait mencerdaskan kehidupan bangsa,  yang antara  lainnya  adalah  melalui  Pendidikan,  merupakan  bagian  dari  pengejawantahan amanat UUD 1945. Setiap orang juga berhak mendapatkan Pendidikan dan manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya untuk meningkatkan kualitashidup dan kesejahteraannya, termasuk daya saing dibidang prestasi akademik dan non akademik. Prestasi  akademik  dan  non  akademik  diraih  melalui  Pendidikan  yang  bermutu memerlukan  pengembangan  kecerdasan  secara  komprehensif  dan  bermakna.  Aspek - aspeknya  meliputi  (1)  Olah  hati  (cerdas  spiritual)  untuk  memperteguh  keimanan  dan ketakwaan, meningkatkan akhlak mulia, budi pekerti atau moral, membentuk kepribadian yang  unggul,  membangun  kepemimpinan  dan  kewirausahaan,  (2)  Olah  pikir  (cerdas intelektual)  untuk  membangun  kompetensi  dan  kemandirian  ilmu  pengetahuan  dan teknologi,  (3)  Olah  rasa  (cerdas  emosional  dan  social)  untuk  meningkatkan  sensitivitas, daya  apresiasi,  daya  kreasi,  serta  daya  ekspresi  seni  dan  budaya,  dan  (4)  Olahraga (cerdas kinestetis) untuk meningkatkan Kesehatan, kebugaran, daya tahan, kesigapan fisik dan keterampilan kinestetis.

 

Berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 27 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pengembangan Talenta Indonesia menyatakan  bahwa  “Balai  Pengembangan  Talenta  Indonesia  mempunyai  tugas melaksanakan  pengembangan  talenta  peserta  didik.” Tugas  tersebut  diimplementasikan dalam  salah  satu  fungsi  Balai  Pengembangan  Talenta  Indonesia  (BPTI)  melalui pelaksanaan  ajang  talenta.  Dalam  upaya  mengembangkan  talenta  di  bidang  seni  dan budaya, BPTI menyelenggarakan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional bagi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama yang selanjutnya disebut FLS2N SMP.

 

Penyelenggaraan FLS2N SMPsebagai salah satu upaya untuk mengembangkan jiwa seni  peserta  didik  Sekolah  Menengah  Pertama  karena  melalui  FLS2N  SMP akan menumbuhkan rasa cinta terhadap seni sehingga akan memberikan inspirasi mereka untuk melestarikan  kesenian  Indonesia  dan  perlindungan  terhadap  kekayaan  budaya  bangsa. FLS2N  SMP menggali  potensi  peserta  didik  sekolah  menengah  pertama  di  bidang  seni budaya dan memberi dorongan sehingga timbul motivasi yang kuat untuk beraktualisasi diri dan  berkompetisi  secara  sehat  dalam  mencapai  puncak  prestasi  sesuai  dengan kemampuan yang dimiliki peserta didik Sekolah Menengah Pertama. Selain itu diharapkan agar  peserta  didik  Sekolah  Menengah  Pertama  dapat  mengembangkan  ide-ide  dan kreativitasnya  di  bidang  seni  serta  karya-karya  nyata  yang  diminati  oleh  peserta  didik Sekolah Menengah Pertama sejak dini sampai kelak dewasa, sehingga rasa percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki semakin besar.

 

Pada tahun 2023, FLS2N SMPdiselenggarakan secara tatap muka pada sembilan cabang  kesenian  yang  dilombakan  secara  berjenjang,  mulai  dari  seleksi  tingkat  provinsi hingga  tingkat  nasional.  Diharapkan  setiap  provinsi  melakukan  seleksi  dengan meningkatkan  kompleksitas  materi  lomba  untuk  memperoleh  peserta  FLS2N  SMP yang akan  berlaga  di  tingkat  nasional  dengan  kualitas  karya  yang  semakin  luar  biasa  dan membanggakan.

 

Baca Juga: Surat Informasi Publikasi Pedoman FLS2N Tahun 2023 


Download Pedoman Festival Lomba Seni Dan Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMP Tahun 2023

 

Pedoman Festival Lomba Seni Dan Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMP Tahun 2023

Manandai  semangat  Merdeka  Belajar,  Merdeka  Berprestasi,  untuk  pulih sepenuhnya  dari  keterpurukan  karena  pandemi  dan  mememanfaatkan  adaptasi  hebat FLS2N yang dilakukan secara online, pada tahun ini BPTI kembali akan melakukan ajang FLS2N melalui mekanisme luring secara bertahap dan secara hybrid. Ini tentu saja berita baik untuk anak-anak Indonesia yang sudah merindukan untuk dapat berekspresi  secara utuh sekaligus menjalin persahabatan antar talenta emas bangsa.

 

Petunjuk  Teknis  ini  disusun  untuk  memberikan  gambaran  kepada  para  peserta, pendamping, pembina, juri, dan panitia dalam  melaksanakan tugas dan koordinasi serta pengambilan kebijakan lebih lanjut, baik yang bersifat teknis maupun administratif. Dengan demikian,  diharapkan  semua  pihak  yang  terkait  dalam  penyelenggaraan  FLS2N  dapat memahaminya sehingga FLS2N dapat terselenggara dengan lancar dan baik.

 

Selengkapnya, Simak Paparan Serta Download Pedoman Festival Lomba Seni Dan Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMP Tahun 2023:

 


Link Download Pedoman Festival Lomba Seni Dan Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMP Tahun 2023, Klik Disini.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait Pedoman Festival Lomba Seni Dan Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMP Tahun 2023, Semoga Ada Manfaatnya.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Download Pedoman Festival Lomba Seni Dan Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMP Tahun 2023"