Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Laporan Hasil Karya Dan Prestasi Terkait Keterampilan Berkomunikasi Secara Tertulis - Sispena - Akreditasi Sekolah

DAPODIK.co.id Contoh Laporan Hasil Karya Dan Prestasi Terkait Keterampilan Berkomunikasi Secara Tertulis - Sispena - Akreditasi Sekolah. Sahabat pembaaca  setia dapodik.co.id dimanapun anda berada. Selamat datang dan semoga selalu sehat selalau. Pada kesempatan yang berbahagia ini, ijinkanlah admin dapodik.co.id untuk selalu berbagi contoh berkas yang mungkin kali ini dicari-cari.

 

Pada artikel kali ini admin dapodik.co.id akan berbagi Contoh Laporan Hasil Karya Dan Prestasi Terkait Keterampilan Berkomunikasi Secara Tertulis - Sispena - Akreditasi Sekolah yang harus di isi atau dimasukan pada sispeda pada saat sekolah anda sementara melakukan akreditasi.

 

Di sini telah admin dapodik.co.id lampirkan dokumen dari Contoh Laporan Hasil Karya Dan Prestasi Terkait Keterampilan Berkomunikasi Secara Tertulis - Sispena - Akreditasi Sekolah sebagai pedoman bagi rekan-rekan yang membutuhkannya, untuk lebih lengkapnya silahkan saja klik pada tautan yang terlampir di bawah ini.

 

Berikut ini adalah Contoh Laporan Hasil Karya Dan Prestasi Terkait Keterampilan Berkomunikasi Secara Tertulis - Sispena - Akreditasi Sekolah :

 

Contoh Laporan Hasil Karya Dan Prestasi Terkait Keterampilan Berkomunikasi Secara Tertulis

LAPORAN HASIL KARYA DAN PRESTASI TERKAIT KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SECARA TERTULIS

 

SMP …………………………………..


 

 

 

SMP NEGERI ………………………..

 

Jalan ………………………………

 

Kab ……………….


KATA PENGANTAR

  

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah Yang maha Kuasa Atas rahmat-Nya sehingga penyusunan Laporan ini merupakan salah satu upaya mengimplementasikan segala sesuatunya tentang keterampilan berkomunikasi efektif secara lisan di lingkungan SMP ………………………….

 

Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh warga sekolah yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk melaksanakan program dan memberi saran dalam penyusunan laporan ini.

 

Semoga Tuhan senantiasa memberikan petunjuk terhadap segala upaya yang kita lakukan demi dan untuk peningkatan keterampilan kreatif dan inovatif siswa yang telah dilaksanakan di SMP …………………………….

  

Penulis,


KETERAMPILAN KOMUNIKASI SECARA TERTULIS

 

A.    KETERAMPILAN MENULIS KARYA SASTRA (PUISI DAN CERPEN)

 

Karya sastra adalah karya yang biasa dituangkan dalam bahasa yang indah dan tertata. Contohnya puisi, cerpen, prosa, drama, dan lainnya.

 

Karya sastra adalah ciptaan yang disampaikan dengan komunikatif tentang maksud penulis untuk tujuan estetika. Karya-karya ini sering menceritakan sebuah kisah, dalam sudut pandang orang ketiga maupun orang pertama, dengan plot dan melalui penggunaan berbagai perangkat sastra yang terkait dengan waktu mereka.

 

Karya sastra dikenal dalam dua bentuk, yaitu fiksi dan nonfiksi. Jenis karya sastra fiksi adalah prosa, puisi, dan drama. Sedangkan contoh karya sastra nonfiksi adalah biografi, autobiografi, esai, dan kritik sastra. Menurut Suroto, roman terbentuk atas pengembangan seluruh segi kehidupan pelaku dalam cerita tersebut.

 

Karya sastra digunakan untuk memenuhi kepuasan rohani penulis dan para pembacanya. Bentuk kepuasan ini dapat diwakilkan melalui penggunaan bahasa yang bermakna kesenangan, kesedihan, kekecewaan, maupun ungkapan lain yang memiliki nilai keindahan.

 

Karya sastra merupakan bentuk fisik dari sastra yang ditulis oleh sastrawan. Ciri khas yang mutlak ada di dalam karya sastra adalah keindahan, keaslian dan nilai artistik dalam isi dan ungkapannya. Suatu karya tidak dapat dikatakan sebagai karya sastra jika salah satu unsur tersebut tidak terpenuhi. Syarat keindahan di dalam sastra yaitu jika ada prinsip keutuhan, keselarasan, keseimbangan dan fokus dalam penulisannya.

 

Siswa-siswi di SMP ………………… juga memiliki minat dan bakat untuk menulis karya sastra seperti puisi dan cerpen sebagai salah satu tugas keterampilan berbahasa Indonesia, baik dari kelas VII hingga kelas IX. Hal itu dibuktikan dengan portofolio atau tugas-tugas peserta didik yang mereka kumpulkan. Karya-karya tersebut dapat dipajang pada papan Mading sekolah.

 

B.         KETERAMPILAN MEMBUAT KALIMAT DAN PARAGRAF EFEKTIF

 

Kalimat efektif adalah kalimat yang disusun berdasarkan kaidah-kaidah yang berlaku, seperti unsur-unsur penting yang harus dimiliki setiap kalimat (subjek dan predikat); memperhatikan ejaan yang disempurnakan; serta cara memilih kata (diksi) yang tepat dalam kalimat. Kalimat yang memenuhi kaidah-kaidah tersebut jelas akan mudah dipahami oleh pembaca atau pendengar.

 

Menyusun kalimat dan paragraf tidak hanya dibuat dalam proses pembelajaran, namun dalam kegiatan ekstra kulikulerpun siswa dibiasakan untuk membuat paragraf dan kalimat efektif dalam bentuk tertulis. Dengan pembiasaan tersebut, akhirnya siswa berhasil membuat puisi dan cerpen untuk dipajang di mading dan dibaca oleh teman-teman di sekolah.

 

Karya sastra dalam bentuk puisi dan cerpen yang ditulis siswa dan akan dipajang pada papan Mading, (siapkan dokumen berupa foto kegiatan)

 

PENUTUP

 

Keterampilan berkomunikasi yang efektif secara tulisa dilakukan oleh sekolah untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menyampaiakan gagasan secara tertulis baik di media elektronik maupun media cetak. Dengan membiasakan siswa untuk menus dapat mendorong keberanian siswa dalam mengekspresikan gagasannya dalam bentuk tulisan.

 

Kami yakin dan percaya banyak kekurangan - kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan maupun pelaporannya ini, ntuk itu kami mohon maaf. Semoga kekurangan-kekurang tersebut dapat menjadi awal untuk lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

 

Demikianlah laporan ini disusun, kritik dan saran sangat kami perlukan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan kegiatan dan penulisan laporan ditahun berikutnya.

 

Link Download Contoh Laporan Hasil Karya Dan Prestasi Terkait Keterampilan Berkomunikasi Secara Tertulis - Sispena - Akreditasi Sekolah, Klik Disini.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait Contoh Laporan Hasil Karya Dan Prestasi Terkait Keterampilan Berkomunikasi Secara Tertulis - Sispena - Akreditasi Sekolah, Semoga Ada Manfaatnya.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Contoh Laporan Hasil Karya Dan Prestasi Terkait Keterampilan Berkomunikasi Secara Tertulis - Sispena - Akreditasi Sekolah"