Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI - Airku Bersih, Airku Sehat

DAPODIK.co.id - Download Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI - Airku Bersih, Airku Sehat. Air merupakan salah satu komponen lingkungan yang penting bagi kehidupan. Lebih dari 70% permukaan bumi merupakan perairan, namun ketersediaan air bersih belum sepenuhnya mencukupi kebutuhan seluruh makhluk hidup. Air diperlukan untuk minum, mandi, mencuci pakaian, pengairan dalam bidang pertanian, minuman untuk ternak, kegiatan industri dan pengembangan teknologi untuk meningkatkan taraf kesejahteraan hidup manusia. Air yang digunakan harus memenuhi syarat dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Secara kualitas, air harus tersedia pada kondisi yang memenuhi syarat kesehatan. Kualitas air yang baik ini tidak selamanya tersedia di alam, oleh karena itu, sebagaimrasa syukur terhadap T uhan YME, kita wajib memelihara, menjaga, dan melestarikan air bersih.

 

Air yang tersedia di alam merupakan air baku. Air baku ini yang selanjutnya akan diolah menjadi air yang bersih, sehat, dan dapat digunakan oleh manusia untuk kebutuhan sehari-hari. Beberapa air baku antara lain adalah air pegunungan, air danau, dan air sungai. Perilaku manusia dalam menjaga alam yang kurang bijaksana seperti penebangan hutan yang berlebihan, membuang sampah sembarangan dan banyak faktor lainnya dapat memicu terjadinya krisis air bersih. Faktor utama pemicu krisis air bersih adalah pertambahan jumlah penduduk yang sangat tinggi yang diiringi dengan meningkatnya pertumbuhan industri sehingga mengakibatkan pencemaran air danperubahan ekosistem air.

 

Tindakan manusia dalam pemenuhan kegiatan sehari-hari, secara tidak sengaja telah menambah jumlah bahan anorganik pada perairan dan mencemari air . Misalnya, pembuangan detergen di perairan dapat berakibat buruk terhadap organisme yang ada di perairan. Air yang tercemar akan kotor, berbau, mengandung zat kimia, dan bakteri yang berbahaya. Berikut adalah contoh air yang tercemar. Kondisi air yang tercemar tersebut mendorong manusia berpikir mencari solusi untuk mendapatkan air bersih dan sehat demi memenuhi kebutuhannya. Projek “Airku Bersih, Airku Sehat” akan membantu peserta didik untuk mengembangkan kemampuan bernalar kritis, kreatif, dan berkolaborasi yang tepat sesuai kapasitas mereka sebagai peserta didik kelas VIII. Projek ini akan mengenalkan beragam proses berekayasa dan berteknologi, terutama berkaitan dengan masalah air bersih dan sehat, mulai dari proses identifikasi masalah, Menyusun “Rencana Benahi”, menggambar rancangan benda kerja, pengumpulan data, hingga pengujian hasil projek. Isu yang diangkat dalam projek ini sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari dan berkaitan erat dengan kelangsungan makhluk hidup. Dengan demikian, diharapkan peserta didik dapat menemukan solusi yang sesuai dan menyadari pentingnya keberadaan  air  bersih  di  lingkungan tempat tinggalnya.

 

Sahabat pembaca setia dapodik.co.id dimanapun anda berada, Projek “Airku Bersih, Airku Sehat” adalah kegiatan yang melibatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan mengamati, memahami masalah, mencari akar masalah, dan mencari solusi membenahi akar masalah air dengan melihat sendiri kondisi air di sekitar lingkungannya sendiri. Kegiatan ini akan memotivasi peserta didik untuk bernalar kritis dan berpikir kreatif dengan melakukan pengamatan kondisi air di lingkungan sekitar, studi literatur, membuat rancangan alat dan komposisi bahan dalam proses pembuatan alat, serta melakukan pengujian terhadap projek “Airku Bersih, Airku Sehat”. Projek ini tidak hanya mengembangkan kemampuan berekayasa dan berteknologi, melainkan dapat mengembangkan kemampuan sosial dan literasi, baik itu literasi baca tulis, literasi sains, maupun literasi digital.

 

Download Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI - Airku Bersih, Airku Sehat:


Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI - Airku Bersih, Airku Sehat

Selengkapnya, Paparan Serta Download Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI - Airku Bersih, Airku Sehat:


 

Link Download Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI - Airku Bersih, Airku Sehat, Klik Disini.


Demikian Artikel Terbaru Terkait Download Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI - Airku Bersih, Airku Sehat, Semoga Ada Manfaatnya.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Download Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI - Airku Bersih, Airku Sehat"