Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Dokumen Rekomendasi dari Hasil Evaluasi (Notulen Rapat) - Sispena - Akreditasi Sekolah

DAPODIK.co.id. Contoh Dokumen Rekomendasi dari Hasil Evaluasi (Notulen Rapat) - Sispena - Akreditasi Sekolah. Sahabat pembaaca  setia dapodik.co.id dimanapun anda berada. Selamat datang dan semoga selalu sehat selalau. Pada kesempatan yang berbahagia ini, ijinkanlah admin dapodik.co.id untuk selalu berbagi contoh berkas yang mungkin kali ini dicari-cari.

 

Pada artikel kali ini admin dapodik.co.id akan berbagi Contoh Dokumen Rekomendasi dari Hasil Evaluasi (Notulen Rapat) yang harus di isi atau dimasukan pada sispeda pada saat sekolah anda sementara melakukan akreditasi.

 

Contoh Dokumen Rekomendasi dari Hasil Evaluasi (Notulen Rapat) - Sispena - Akreditasi Sekolah SD dan SMP


Evaluasi yang dapat dilakukan sangat banyak seperti visi dan misi, pelayanan, program, dan lain sebagainya. Hasil Evaluasi perlu dilakukan oleh sekolah untuk mengetahui apakah program yang dibuat sudah mencapai standar/ terpenuhi atau belum.

 

Di sini telah admin dapodik.co.id lampirkan dokumen rekomendasi dari hasil evaluasi (notulen rapat) sebagai pedoman bagi rekan-rekan yang membutuhkannya, untuk lebih lengkapnya silahkan saja klik pada tautan yang terlampir di bawah ini.

 

Berikut ini adalah Contoh Dokumen Rekomendasi dari Hasil Evaluasi (Notulen Rapat) - Sispena - Akreditasi Sekolah :

   

REKOMENDASI HASIL EVALUASI

(NOTULEN RAPAT)

 

TAHUN PELAJARAN ............

 



 SMP ............................................

KECAMATAN KOTA WAIKABUBAK

KABUPATEN SUMBA BARAT
NTT

 

 


KATA PENGANTAR

 

 

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan hidayahnya sehingga penyusunan laporan dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Laporan kegiatan visi misi ini dilaksanakan dalam rangka untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang visi dan misi SMP Negeri 5 Waikabubak.

 

Laporan ini disusun sebagai bukti adanya kegiatan pelaksanaan sosialisasi visi dan misi SMP Negeri 5 Waikabubak. Besar harapan kami kegiatan ini dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi seluruh guru, sekolah serta sarana pendidikan di berbagai daerah. Semoga laporan ini dapat berguna untuk semua pihak.


BAB I PENDAHULU

 

1.1  Latar Belakang

Berdasarkan hasil Rapat Kerja (Raker) SMP Negeri 5 Waikabubak 2020/2021 yaitu pengukuhan visi dan misi SMP Negeri 5 Waikabubak yang dimuat di dalam Tata Tertib Peserta Didik. Visi dan Misi SMP Negeri 5 Waikabubak berpedoman kepada Ki Hajar Dewantara, yaitu Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mbangun karso, tut wuri handayani yang artinya “Di depan Menjadi Teladan, di Tengah Membangun Semangat, di Belakang Memberikan Dorongan.” Oleh karena itu, maka sekolah melakukan kegiatan sosialisasi visi dan misi kepada orang tua Peserta Didik agar dapat memberikan tanggapan, kritik dan saran demi terwujudnya visi dan misi bersama.

 

a.  Visi

Visi merupakan cita-cita yang ingin dicapai oleh lembaga sekolah. Visi sekolah dijadikan sebagai cita-cita bersama warga sekolah dan segenap pihak yang berkepentingan dimasa yang akan datang mampu memberikan inspirasi, motivasi, dan kekuatan pada warga sekolah dan segenap pihak yang berkepentingan.

Untuk itu SMP Negeri 5 Waikabubak membuat visi yang dapat mewakili sekolah dalam membentuk dan memotivasi warga sekolah demi terwujudnya visi sekolah. Berikut ini adalah Visi SMP Negeri 5 Waikabubak yaitu :

Berbudaya,  berprestasi, beriptek, cerdas dan terampil berwawasan lingkungan yang berlandaskan iman dan takwa.”.

Melalui visi sekolah ini diharapkan tujuan sekolah dalam membentuk karakter anak bangsa yang cerdas dan unggul dalam prestasi berdasarkan akhlak mulia, beriman, bertaqwa, berwawasan global serta dapat menempatkan dan menerapkan diri di lingkungan masyarakat dapat terwujud.

 

b.  Misi

 

Misi merupakan upaya atau tindakan yang diwujudkan dalam bentuk program- program sekolah yang akan dan harus dilaksanakan oleh warga sekolah untuk mewujudkan visi sekolah. Dalam hal ini SMP Negeri 5 Waikabubak merancang misi yang berkaitan dan berkesinambungan dengan visi sekolah yaitu :

1.       Mengembangkan potensi diri meraih yang terbaik.

2.       Meningkatkan pembelajaran dan bimbingan secara terprogram, efektif dan efesien, sehingga siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi diri.

3.       Meningkatkan pembinaan dan pelatihan bagi diri siwa yang memiliki bakat prestasi dalam bidang akademik, olagraga dan seni.

4.       Meningkatkan pembinaan secara program sehingga siswa memiliki budi pekerti luhur melalui usaha peningkatkan iman dan tagwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

5.       Mengembangkan budaya 4 S (Sapa, Salam, Senyum dan Sopan santun).

6.       Menumbuhkan budaya membaca bagi guru dan Peserta Didik.

7.       Melatih kedisiplinan dalam belajar dan beribadah kepada seluruh komponen madrasah dan masyarakat.

8.       Menciptakan situasi dan kondisi pembelajaran yang kondusif, efektif dan produktif.

 

 

Adapun Budaya SMP Negeri 5 Waikabubak

 

1.     Melaksanakan kebiasaan 4S (Sapa, Salam, Senyum dan Sopan santun).

2.     Selalu bersyukur serta tidak mengeluh.

3.     Berprasangka baik, berpikir positif dan tidak bergunjing.

4.     Berbuat baik, patuh dan taat pada peraturan.

5.     Peduli terhadap lingkungan sekolah dan masyarakat.

6.     Semangat dalam belajar dan bekerja keras.

7.     Memberikan solusi untuk setiap masalah.

 

1.2  Tujuan

-          Meningkatkan kualitas dan kuantitas lulusan yang dapat diterima di jenjang pendidikan yang berkualitas (umum dan agama).

-          Meningkatnya rata-rata nilai UAS di atas 7,00

-          Mengembangkan potensi akademik dan non akademik peserta didik.

-          Memberikan keterampilan hidup yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

-          Mewujudkan kehidupan yang religius di lingkungan masyarakat.

-          Mefasilitasi pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan.

-          Mengembangkan model pembelajaran yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan iptek.

-          Melaksanakan komputerisasi administrasi.

-          Guru dan Peserta Didik mampu berkomunikasi dalam bahasa inggris.

-          Terciptanya budaya 4 S (Sapa, Salam, Senyum dan Sopan santun).

 

 

 

1.3  Dasar Kegiatan

 

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan informasi kepada orang tua Peserta Didik dan warga sekolah tentang visi dan misi Sekolah SMP Negeri 5 Waikabubak berkaitan dengan masa depan dan cita - cita yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu. Kegiatan sosialisasi ini bermaksud untuk menyatukan gagasan, idea dan pemikiran antara sekolah, orang tua Peserta Didik dan warga sekolah dalam mewujudkan cita - cita pendidikan dikancah nasional dan global. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan semakin kuat dan kokohnya hubungan kerjasama bersinergi antara sekolah, guru dan orang tua Peserta Didik demi terwujudnya visi dan misi SMP Negeri 5 Waikabubak.


BAB II ISI

 

A.   ISI LAPORAN

 

1.    Nama dan Tema Kegiatan

Kegiatan ini bernama “Kegiatan Sosialisasi Visi dan Misi SMP Negeri 5 Waikabubak”.

 

2.    Bentuk Kegiatan

Kegiatan sosialisasi visi dan misi SMP Negeri 5 Waikabubak kepada orang tua Peserta Didik pada tahun 2020/ 2021.

 

3.     Peserta

Guru, Staff, Komte, Orang tua Peserta Didik dan warga sekolah SMP Negeri 5 Waikabubak.

 

B.    SUSUNAN PENYUSUN LAPORAN

 

Penasehat

: Soleman Bobo, S.Pd

Penanggung Jawab

: Lede Mesa Wolw, SE

Penyusun Laporan

: Yusuf Y. Leymakali, S.Pd.

 

 

C.      KEGIATAN SOSIALISASI VISI DAN MISI SMP NEGERI 5 WAIKABUBAK

 

1)    Pertemuan Persatuan Orang Tua Peserta Didik

Pertemuan Persatuan Orang Tua Peserta Didik merupakan kegiatan untuk memperkenalkan visi dan misi SMP Negeri 5 Waikabubak kepada orang tua murid kelas VIII - kelas IX diawal tahun akademik. Persatuan Orang Tua Peserta Didik ini berisi tentang penguatan pendidikan karakter yang dijadikan misi dalam pencapaian pendidikan di SMP Negeri 5 Waikabubak ini juga berkaitan dengan permendikbud nomor 22/2020 tentang pendidikan 2020 - 2024, yaitu SDM yang unggul merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berprilaku sesuai dengan nilai - nilai pancasila.

Kegiatan ini dilaksanakan pada :

Hari                         :  Sabtu

Tanggal               : 15 Agustus 2020

Waktu                : 08.00 - 11.00 WITA


Hal - hal yang dibahas didalam Persatuan Orang Tua yaitu:

-          Muatan Kurikulum

 

SMP Negeri 5 Waikabubak menggunakan Kurikulum 2013 yang dikembangkan dengan mempertimbangkan kebutuhan global dan Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA.

 

-          Laporan Pendidikan

Laporan pendidikan yang digunakan SMP Negeri 5 Waikabubak berdasarkan dinas pendidikan yang dilaporkan setiap akhir semester dan pada tengah semester.

 

-          Kalender Akademik

Kalender akademik memuat jadwal penyelenggaraan kegiatan akademik selama jangka waktu setahun.

 

-          Program sosial kemasyarakatan sekolah

Ada berbagai jenis program sosial kemasyarakatan sekolah diantaranya, Melayat ke salah satu siwa yang sementara berduka.

 

 

2)  Ramah Tamah SMP Negeri 5 Waikabubak

 

Ramah Tamah SMP Negeri 5 Waikabubak merupakan kegiatan kedua setelah diadakan Pertemuan Orangtua Peserta Didik. Ramah Tamah dilakukan untuk memperkenalkan sistem pembelajaran di SMP Negeri 5 Waikabubak Ramah Tamah ini dilaksanakan secara pada :

 

Hari

: Sabtu

Tanggal

: 15 Agustus 2020

Waktu

: 08.00 - 11.00 WITA

 

 

Hal - hal yang dibahas didalam Ramah Tamah  SMP Negeri 5 Waikabubak yaitu:

 

-          Rencana Pembelajaran di masa pandemi.

Pembahasan perencanaan sekolah berdasarkan keputusan bersama

4 kementerian, “Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/ 2021 dan Tahun Akademik 2020/ 2021 di Masa Pandemi Corona


Virus Disease (Covid-19).”

-          Kurikulum dan pembagian jam pelajaran

 

Menggunakan kurikulum 2013 dan kurikulum darurat covid-19

 

-          Pembelajaran ofline.

 

Menggunakan LKPD.

 

-          Jadwal pembelajaran ofline.

 

Pembelajaran dilakukan 3 jam dalam sehari dan 2 hari dalam seminggu.

 

-          Buku dan Perlengkapan pembelajaran.

 

Sumber buku berasal dari Kurikulum 2013.

 

 

D.  DOKUMEN HASIL EVALUASI TAHUNAN PENCAPAIAN VISI, MISI, TUJUAN, DAN RENCANA SMP NEGERI 5 WAIKABUBAK

Berdasarkan pelaksanaan sosialisasi visi, misi, tujuan dan rencana sekolah maka diperoleh hasil sebagai berikut.

 

1.  Pemenuhan SKL

a.  Terpenuhi/terealisasi/ tercapai peningkatan prestasi bidang akademik,

b.  Terpenuhi/terealisasi/ tercapai peningkatan presati bidang non akademik,

c.  Terpenuhi/terealisasi/ tercapai peningkatan jumlah kelulusan, dan

d.  Terpenuhi/terealisasi/ tercapai peningkatan jumlah yang melanjutkan studi.

 

 

2.  Pemenuhan Standar Isi

a.   Terpenuhi/terealisasi/tercapai pengembangan Buku-1 KTSP (Dokumen-1 KTSP),

b.  Terpenuhi/terealisasi/tercapai pengembangan Silabus,

c.   Terpenuhi/terealisasi/tercapai pengembangan RPP,

d.  Terpenuhi/terealisasi/tercapai pengembangan Bahan ajar, Modul, dan buku,

e.   Terpenuhi/terealisasi/tercapai pengembangan Panduan Pembelajaran, dan

f.   Terpenuhi/terealisasi/tercapai pengembangan Panduan Evaluasi Hasil Belajar.


3.  Pemenuhan Standar Proses

a.  Terpenuhi/terealisasi/ tercapai pemenuhan persiapan pembelajaran,

b.  Terpenuhi/terealisasi/ tercapai pemenuhan persyaratan pembelajaran,

c.  Terpenuhi/terealisasi/ tercapai peningkatan pelaksanaan penilaian pembelajaran,

d.  Terpenuhi/terealisasi/ tercapai peningkatan pelaksanaan penilaian pembelajaran, dan

e.  Terpenuhi/terealisasi/ tercapai peningkatan pengawasan proses Pembelajaran.

 

 

4.  Pemenuhan Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan

a.    Terpenuhi/ terealisasi/tercapai peningkatan Kompetensi tenaga Kependidikan (Kepala Sekolah),

b.    Terpenuhi/ terealisasi/ tercapai peningkatan Kompetensi tenaga pendidik (guru), dan

c.    Terpenuhi /terealisasi/ tercapai Kompetensi tenaga Kependidikan lainnya

 

 

5.  Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana

a.  Terpenuhi/terealisasi/ tercapai pemenuhan sarana dan prasarana minimal,

b.  Terpenuhi/terealisasi/ tercapai pemenuhan sarana dan prasarana lainnya, dan

c.  Terpenuhi/terealisasi/ tercapai pemenuhan fasilitas pembelajaran dan penilaian,

 

 

6.  Pemenuhan Standar Pengelolaan

a.    Terpenuhi/terealisasi/ tercapai pemenuhan perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja dan kegiatan sekolah,

b.   Terpenuhi/ terealisasi/ tercapai pemenuhan struktur organisasi dan mekanisme kerja sekolah,

c.    Terpenuhi/ terealisasi/ tercapai pemenuhan supervisi, monitoring, evaluasi dan akreditasi sekolah,

d.   Terpenuhi/ terealisasi/ tercapai peningkatan peranserta masyarakat dan kemitraan,

e.    Terpenuhi/ terealisasi/ tercapai pengembangan perangkat administras,

f.    Terpenuhi/ terealisasi/ tercapai Pengembangan SIM sekolah, dan

 

 

7.  Pemenuhan Standar Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan

a.    Terpenuhi/terealisasi/ tercapai Peningkatan sumber dana pendidikan,

b.   Terpenuhi/ terealisasi/ tercapai Pengembangan pengalokasian dana,

c.    Terpenuhi/ terealisasi/ tercapai Pengembangan penggunaan dana,

d.   Terpenuhi/ terealisasi/ tercapai peningkatan dokumen pendukung pelaporan penggunaan dana,

e.    Terpenuhi/ terealisasi/ tercapai peningkatan dokumen pendukung pelaporan penggunaan dana, dan


f.    Terpenuhi/ terealisasi/ tercapai Pengembangan income generating unit-unit produksi/ unit usaha sekolah.

 

8.  Pemenuhan Standar Penilaian Pendidikan

a.     Terpenuhi/ terealisasi/ tercapai peningkatan frekuensi ulangan harian,

b.     Terpenuhi/ terealisasi/ tercapai pelaksanaan Ujian Tengah Semester,

c.     Terpenuhi/ terealisasi/t ercapai pengembangan materi Ujian Akhir Sekolah,

d.     Terpenuhi/ terealisasi/ tercapai pengembangan materi Ujian Kenaikan Kelas,

e.     Terpenuhi/ terealisasi/ tercapai pengembangan teknik - teknik penilaian kelas,

f.      Terpenuhi/ terealisasi/ tercapai pengembangan instrumen Ulangan Harian,

g.     Terpenuhi/ terealisasi/ tercapai pengembangan instrumen Ulangan Kenaikan Kelas,

h.     Terpenuhi/ terealisasi/ tercapai pengembangan instrumen Ujian Tengah Semester,

i.      Terpenuhi/ terealisasi/ tercapai Pengembangan instrumen Ujian Akhir Sekolah,

j.      Terpenuhi/ terealisasi/ tercapai pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian oleh guru

k.     Terpenuhi/ terealisasi/ tercapai pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian oleh sekolah

l.      Terpenuhi/ terealisasi/ tercapai Pengembangan perangkat pendokumentasian penilaian

 

 

9.  Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah

a.    Terpenuhi/ terealisasi/ tercapai pengembangan budaya bersih,

b.   Terpenuhi/ terealisasi/ tercapai penciptaan lingkungan sehat, asri, indah rindang, sejuk (tamanisasi),

c.    Terpenuhi/ terealisasi/ tercapai Pemenuhan sistem sanitasi/drainasi,

d.    Terpenuhi/ terealisasi/ tercapai Penciptaan budaya tata krama ”in action”,

e.    Terpenuhi/ terealisasi /tercapai peningkatan kerjasama dengan lembaga lain relevan bidang 9K,

f.     Terpenuhi/ terealisasi/ tercapai pengembangan lomba - lomba kebersihan dan kesehatan.


C. IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA 2 (Dua) TAHUN KE DEPAN

 

No.

 

Kondisi Pendidikan Saat Ini

Kondisi Pendidikan Masa Datang (2 tahun)

Besarnya Tantangan

Nyata

1.

Standar Kompetensi Lulusan

Standar Kompetensi Lulusan

 

A

Bidang akademik :

Bidang akademik :

 

 

o   Rata2 pencapaian KKM semua mapel 70

o   Rata2 pencapaian NUN 81,05

o   Memperoleh juara ke 3 antar sekolah sekota Medan bidang Matematika

o   Memperoleh juara kedua antar sekolah bidang Bahasa inggris

o   Rata2 pencapaian KKM semua maple 75

o   Rata2 pencapaian NUN 80

o   Memperoleh juara ke-5 tk kab/kota bidang Matematika

 

o   Memperoleh juara ke-5 tk kab/kota bidang Matematika

 

 

a.

Kelulusan:

Kelulusan :

 

 

o Jumlah kelulusan 100%

o Jumlah kelulusan 100%

-

b.

Melanjutkan studi :

 

 

 

o Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi 100

%

o Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi 100

%

10 %

2.

Standar Isi

Standar Isi

 

a

Buku Kurikulum 2013

(Buku/ Dokumen-1)

 

 

 

Belum tersusun Buku Kurikulum

2013 / 75 %

Tersusun 1 Buku Kurikukum 2013

10 %


 

No.

Kondisi Pendidikan Saat Ini

Kondisi Pendidikan Masa Datang

(2 tahun)

BesarnyaTantangan Nyata

b

Silabus:

Silabus:

 

 

o  Belum tersusun silabus Kurikulum 2013 untuk 10 mapel

o  Belum tersusun silabus Kurikulum 2013 semua mapel kelas 7,8,9

o  Tersusun silabus Kurikulum

10 %

2013 untuk 10 mapel

o  Tersusun silabus semua mapel

 

10 %

Kurikulum 2013 kelas 7,8,9

 

c

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP):

 RPP:

 

 

o     90 % tersusun RPP Kurikulum 2013 dari semua mapel

o     Tersusun RPP Kurikulum 2013:         100% dari semua mapel

10 %

3.

Standar Proses

Standar Proses

 

a

Persiapan pembelajaran:

Persiapan pembelajaran:

 

 

o   Kepemilikan silabus Kurikulum 2013 dan atau Kurikulum 2013 oleh tenaga pendidik: 95 % memiliki

o   Kepemilikan RPP Kurikulum 2013 oleh tenaga pendidik: 95% memiliki

o   Kepemilikan sumber belajar/ bahan ajar: 55%

o   Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman tenaga pendidik terhadap karakteristik peserta didik: 45%

o   Kepemilikan silabus oleh tenaga pendidik: 100% memiliki

 

 

o   Kepemilikan RPP oleh tenaga pendidik: 100% memiliki

 

o   Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 100%

o   Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman tenaga pendidik terhadap karakteristik peserta didik: 100%

10%

 

 

 

10 %

 

 

45%

 

55%

b

Persyaratan Pembelajaran

Pelaksanaan pembelajaran:

 

 

o     Jumlah Peserta Didik per rombel : 20 - 32 anak

 

 

o     Beban mengajar tenaga pendidik : 40 jam/ minggu

o     Ratio antara jumlah Peserta Didik dengan buku teks mapel :1:2

Pengelolaan kelas : 70 %

o     Jumlah Peserta Didik per rombel : 32 anak

 

 

o     Beban mengajar tenaga pendidik

: 40 jam/ minggu

o     Ratio antara jumlah Peserta Didik dengan buku teks mapel :1:1

Pengelolaan kelas 80%

Penambahan 1 buku/ peserta didik 40 %

9 %

 

24 %

 

 

c

Pelaksanaan pembelajaran:

Pelaksanaan pembelajaran:

 

 

 

 

 


 

 

o   Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh tenaga pendidik di kelas: 86%

o   Cakupan penerapan prinsip pembelajaran yang: eksploratif, elaboratir, dan konformatif: 10%

o   Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh tenaga pendidik di kelas: 100%

o   Cakupan penerapan prinsip pembelajaran yang: eksploratif, elaboratir, dan konformatif: 40%

0%

 

 

 

10%

 

 

o   Penerapan CTL: 60%

o   Penerapan pembelajaran tuntas: 50%

o   Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah: 20%

o   Cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran: 76%

o   Penerapan CTL: 80%

o   Penerapan pembelajaran tuntas: 75%

o   Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah: 50%

o   Cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran: 85%

10%

10%

 

30%

 

10%

d

Pelaksanaan penilaian pembelajaran:

Pelaksanaan penilaian

pembelajaran:

 

 

o   Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 80%

o   Variasi model penilaian: 2 model

 

o   Pengolahan/ analisis hasil penilaian: 1 jenis manual

o   Pemanfaatan/ tindak lanjut hasil penilaian: 2 manfaat

o   Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 100%

o   Variasi model penilaian: 3 model

o   Pengolahan/ analisis  hasil   penilaian: 2 jenis manual

o   Pemanfaatan/ tindak lanjut hasil penilaian: 3 manfaat

10%

 

1model

 

1 jenis berbasis TIK

kemanfa-atan/ tindak lanjut

E

Pengawasan proses pembelajaran:

Pengawasan proses pembelajaran:

 

 

o   Cakupan kegiatan pemantauan pembelajaran: 80%

o   Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 86%

o   Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 90%

o   Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 80%

o   Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 78%

o   Cakupan kegiatan pemantauan pembelajaran: 90%

o   Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 100%

o   Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 100%

o   Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 90%

o   Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 90%

10%

 

10%

 

10%

 

10%

 

10%

4

Standar      Tenaga      Pendidik                     dan

Tenaga Kependidikan:

Standar Tenaga   Pendidik   dan

Tenaga Kependidikan:

 

A

Kepala sekolah:

 

 

 

 

o   Satu kali pelatihan TIK

o   Satu kali pelatihan kepemimpinan

 

o   Satu kali pelatihan manajerial sekolah (MBS)

o   Satu kali pelatihan kewirausahaan

 

o   Satu kali pelatihan supervisi, monitoring, dan evaluasi sekolah

o   Satu kali pelatihan administrasi persekolahan

o   Satu kali pelatihan KURTILAS

o   Pelatihan TIK min. 2 kali

o   Pelatihan kepemimpinan min. 2 kali

o   Pelatihan manajerial sekolah (MBS) min. 2 kali

o   Pelatihan kewirausahaan min. 2 kali

o   Pelatihan supervisi, monitoring, dan evaluasi sekolah min. 2 kali

o   Pelatihan administrasi persekolahan min. 2 kali

o   Pelatihan KURTILAS min 2 kali

1 kali

1 kali

 

1 kali

 

1 kali

 

1 kali

 

1 kali

 

1 kali

B

Tenaga pendidik: (bersifat rata-rata)

Tenaga pendidik: (bersifat ratarata)

 

 

o   Pelatihan CTL : 80%

 

 

o   Pelatihan pembelajaran tuntas : 70%

o   Pelatihan evaluasi dan penilaian pembelajaran : 90%

 

o   Pelatihan bahasa Inggris : 20%

o   Pelatihan TIK : 80 % o Pelatihan Kurikulum 2013 : 100%

o   Pelatihan penelitian pendidikan : 60%

o   Pelatihan kepribadian : 76%

 

o   Pengabdian masyarakat : 50% Pelatihan PAIKEM/PAKEM : 50%

o   Pelatihan CTL : 90% o Pelatihan pembelajaran tuntas : 80%

o   Pelatihan evaluasi dan penilaian pembelajaran : 100%

 

o   Pelatihan bahasa Inggris : 40%

o   Pelatihan TIK :

100 %

o   Pelatihan KURTILAS :100%

 

o   Pelatihan penelitian pendidikan : 70%

o   Pelatihan kepribadian : 90% o Pengabdian masyarakat :

o   70% Pelatihan PAIKEM/PAKEM  : 70%

10%

 

 

10%

 

 

10%

20%

 

10%

 

10%

 

14%

 

20%

20%

C

Tenaga Kependidikan,

 

 

 

o   Pelatihan TIK : 90%

o   Pelatihan bahasa Inggris : 10%

o   Pelatihan bidangnya : 45%

o   Pelatihan manajemen sesuai bidangnya : 45%

o   Pelatihan TIK : 100%

o   Pelatihan bahasa Inggris : 20%

o   Pelatihan bidangnya : 60%

o   Pelatihan manajemen sesuai bidangnya : 60%

10%

10%

15%

20%

5

Standar Sarana dan Prasarana

Standar Sarana dan Prasarana

 


 

A

Sarana dan Prasarana Minimal

 

 

 

 

o  Ruang kepala sekolah: tidak ada

o  Ruang wakil KS: tidak ada

o  Ruang perpustakaan: standar

o  Ruang Lab. IPA: 1 buah

o  Ruang tenaga pendidik: tidak ada

 

o  Gudang: tidak tidak ada

o  Ruang UKS : tidak ada

o  Ruang OSIS : tidak ada

o  Ruang BP/ BK : tidak ada

Ruang ganti pakaian : tidak ada

o  Ruang kepala sekolah: tidak ada

o  Ruang wakil KS: tidak ada

o  Ruang perpustakaan: standar

o  Ruang Lab. IPA: 1 buah

o  Ruang tenaga pendidik:

tidak ada

o  Gudang: tidak ada

o  Ruang UKS : tidak ada

o  Ruang OSIS : tidak ada

o  Ruang BP/ BK ; tidak ada

Raung ganti pakaian : tidak ada

Belum memiliki

Belum memiliki

Perlu direnovasi

Terbungun ruang

Belum memiliki

 

Belum memiliki

Belum memiliki

Belum memiliki

Belum memiliki

Belum memiliki

 

 

B

 Sarana dan Prasarana Lainnya

Sarana dan Prasarana Lainnya

 

 

 

o  Ruang Lab. Bahasa: tidak ada

 

o  Ruang Lab. Komputer: Bahasa: tidak ada

o  Ruang kantin: Bahasa: tidak ada

o  WC peserta didik : 3 buah

o  Alat Lab. IPA : ada (lengkap)

o  Lapang olahraga Basket/ Voli

o  Komputer Peserta didik : tidak ada

o  Alat pembelajaran Seni Budaya : tidak ada

 

o  Alat pembelajaran olahraga : belum lengkap

 

o  Alat pembelajaran IPS : belum lengkap

 

Alat pembelajaran mata pelajaran lainnya : tidak lengkap

o  Ruang Lab. Bahasa: Bahasa: tidak ada

o  Ruang Lab. Komputer: Bahasa: tidak ada

o  Ruang kantin: tidak ada

o  WC peserta didik : 3 buah

o  Alat Lab. IPA : lengkap

o  tidak ada

o  Komputer peserta didik : tidak ada

o  Alat pembelajaran S.Budaya : Ada

 

 

o  Alat pembelajaran olahraga : Ada

 

 

o  Alat pembelajaran IPS : Ada

 

Alat pembelajaran mata pelajaran lainnya : Ada

o  B. Memiliki

 

o  B. Memiliki

 

o  B. Memiliki

o  Terbangun 3

o  Terbangun

o  B. Memiliki

o  B. Memiliki

o  Terlengkapi alat pemb. S. Budaya

o  Terlengkapi alat pemb. lahraga

o  Terlengkapin alat pemb.IPS

o  Terlengkapi alat pembelajaran mata pelajaran lainnya

 

C

Fasilitas Pembelajaran dan Penilaian

Fasilitas Pembelajaran dan Penilaian

 

 

 

o   Daya listrik : tidak ada

o   Komputer guru : tidak ada

o   Komputer TU : 1 buah

o   Komputer R.perpustakaan: tidak ada

o   Jaringan internet: tidak ada

o   Sarana olah raga: 30%

o   Daya listrik : tidak ada

o   Komputer guru : tidak ada

o   Komputer TU : 1

o   Komputer R.perpustakaan: tidak ada

o   Jaringan internet: tidak ada

 

o   Sarana olah raga: 70%

Belum memiliki

Belum memiliki

Belum memiliki

Belum memiliki

 

Belum memiliki

 

20 %

 

6.

Standar Pengelolaan

Standar Pengelolaan

 

 

A

Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana

kerja/ kegiatan:

Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana

kerja/ kegiatan:

 

 

 

o   Dokumen RPS (RKAS-1 dan RKAS-2): 90%

o   Dokumen PSB: 90%

o   Dokumen Pedoman pembinaan ke Peserta Didikan: 80%

o   Dokumen tata tertib sekolah: 90%

 

o   Dokumen kode etik sekolah: 90%

 

o   Dokumen penugasan tenaga pendidik: 90%

o   Dokumen administrasi sekolah lainnya: 90%

o   Dokumen RPS (RKAS-1 dan RKAS-2): 100%

o   Dokumen PSB: 100%

o   Dokumen Pedoman pembinaan kepeserta didikan: 100%

o   Dokumen tata tertib sekolah: 100%

o   Dokumen kode etik sekolah:

100%

o   Dokumen penugasan tenaga pendidik: 100%

o   Dokumen administrasi sekolah lainnya: 90%

10%

 

10%

20%

 

10%

 

10%

 

10%

 

10%

 

B

Struktur organisasi dan mekanisme kerja:

Struktur organisasi dan mekanisme kerja:

 

 

 

o   Struktur organisasi: 85% lengkap

o   Dokumen pembagian tugas/kewenangan/ tupoksi: 90%

o   Dokumen mekanisme fungsi/tugas organisasi: 90%

o   Struktur organisasi: 100% lengkap

o   Dokumen pembagian tugas/kewenangan/ tupoksi: 100%

o   Dokumen mekanisme

fungsi/tugas organisasi: 100%

10%

10%

 

10%

 

c

Supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah:

Supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi:

 

 

 

o   Tidak ada tim khusus

o   Instrumen suvervisi : 70 %

o   Instrumen monitoring: 50 %

o   Instrumen evaluasi : 60 %

o   Instrumen akreditasi: 90 %

o   Pelaporan supervisi : 90 %

o   Pelaporan monitoring : 90 %

 

o   Pelaporan evaluasi: 100 %

o   Pelaporan akreditasi internal : 90

%

o   Pendokumentasian : 95 %

o   Tindak lanjut: 90%

o   Ada tim khusus: 100%

o   Ada instrumen supervisi: 90%

o   Ada instrumen monitoring: 70%

o   Ada instrumen evaluasi: 70%

o   Ada instrumen akreditasi: 100%

o   Ada pelaporan supervisi: 100%

o   Ada pelaporan monitoring:

100%

o   Ada pelaporan evaluasi: 100%

o   Ada pelaporan akreditasi internal: 100%

o   Pendokumentasian : 100%

o   Tindak lanjut: 100%

100%

20 %

20 %

10%

10%

10%

10%

 

0%

10%

 

10 %

10%

 

D

Kemitraan dan peran serta masyarakat:

Kemitraan dan peranserta

masyarakat:

 

 

o   Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 50%

o   Dokumen program kerja komite sekolah: 70%

o   Kepengurusan komite sekolah: 75% lengkap

o   Perolehan kerjasama dengan pihak lain: 3 instansi

o   Bantuan biaya pendidikan dari orang tua peserta didik:  rupiah/bulan

o   Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 70%

o   Dokumen program kerja komite sekolah: 85%

o   Kepengurusan komite komite sekolah: 90% lengkap

o   Perolehan kerjasama dengan pihak lain: 4 instansi

o   Bantuan biaya peembangunan dari orang tua peserta didik: Ada

20%

 

15%

 

15%

 

1 instansi

 

10%

7.

Standar Keuangan dan Pembiayaan

Standar Keuangan dan Pembiayaan

 

A

Sumber dana: 1 sumber

Sumber dana: minimal 5 sumber

Minimal 2

B

Pengalokasian dana: 8 SNP

Pengalikasian dana: minimal 8 SNP

atau lebih

C

Penggunaan dana: 100 % benar

Penggunaan dana: 100% benar

-

D

Pelaporan penggunaan dana: 100 %

Pelaporan penggunaan dana: 100%

-

E

Dokumen pendukung pelaporan: 90%

Dokumen pendukung pelaporan: 100%

10 %

8.

Standar Penilaian Pendidikan:

Standar Penilaian Pendidikan:

 

A

Frekuensi ulangan harian oleh tenaga pendidik: 90%

Frekuensi ulangan harian oleh

tenaga pendidik: 100%

10%

B

Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh tenaga pendidik: 100%

Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh tenaga pendidik: 100%

0%

C

Cakupan materi ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah: 100%

Cakupan materi ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah: 100%

0%

D

Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh sekolah: 100%

Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh sekolah: 100%

0%

E

Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan tenaga pendidik dalam pembelajaran: 100%

Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan tenaga pendidik dalam pembelajaran: 100%

0%

F

Instrumen yang dikembangkan tenaga pendidik untuk ulangan harian: 100%

Instrumen yang dikembangkan tenaga pendidik untuk ulangan harian: 100%

0%

g

Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan akhir semester: 90%

Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk

ulangan akhir semester: 100%

0%

 

 

 

 

H

Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan kenaikan kelas: 100%

Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk

ulangan kenikan kelas: 100%

0%

I

Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh tenaga pendidik: 100% terpenuhi

Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh tenaga pendidik: 100% terpenuhi

0%

J

Mekanisme dan prosedur penilaian

pendidikan oleh sekolah: 100% terpenuhi

Mekanisme dan prosedur penilaian

pendidikan oleh sekolah: 100% terpenuhi

0%

 

 

A. DOKUMEN REKOMENDASI DARI HASIL EVALUASI

 

Berdasarkan pencapaian visi-misi dan rencana sekolah, maka ada beberapa rekomendasi dari hasil evaluasi tersebut antara lain :

a.     Mewujudkan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pendidikan dan hasil-hasilnya,

b.     Mewujudkan supervisi klinis (membuat instrumen, memvalidasi, melaksanakan, menganalisis, membuat laporan, tindak lanjutnya),

c.     Mewujudkan supervisi klinis CTL, dan lainnya,

d.     Mewujudkan evaluasi kinerja sekolah (internal) pada akhir tahun dengan cara menentukan tim, membuat instrumen, memvalidasi, melaksanakan, menganalisis, membuat laporan, dan tindak lanjutnya.

 

 

 

 

NOTULEN RAPAT

 

 

 

Acara

: Rapat Evaluasi Sosialisasi Visi dan Misi SMP Negeri 5 Waikabubak TP. 2020/2021

Tempat

: Ruang Rapat SMP Negeri 5 Waikabubak

Hari

: Sabtu

Tanggal

: 15 Agustus 2020

Pukul

: 08.00 - 11.00 WITA

 

 

Acara dibuka oleh Pembawa Acara

Pemimpin Rapat Kepala SMP Negeri 5 Waikabubak

Pembahasan tentang Evaluasi Kegiatan Sosialisasi Visi dan Misi SMP Negeri 5 Waikabubak

-        Pembahasan tentang hubungan kerjasama bersinergi antara sekolah, orang tua dan Peserta Didik berkaitan dengan visi dan misi SMP Negeri 5 Waikabubak

3.  Kesimpulan

Berdasarkan pencapaian visi-misi dan rencana sekolah, maka ada beberapa rekomendasi dari hasil evaluasi tersebut antara lain :

a.      Menyempurnakan modul KTSP.

b.     Meningkatkan pengadaan bahan praktik ketrampilan.

c.      Meningkatkan pengadaan buku perpustakaan.

d.     Meningkatkan pengadaan buletin/ majalah sekolah.

e.      Meningkatkan kembara ilmiah (kunjungan pustaka, sejarah, media, dewan, pemerintahan).

f.      Meningkatkan pemberdayaan perpustakaan.

g.     Meningkatkan guest teacher from parents.

h.     Meningkatkan pembinaan ekstrakurikuler.

.


BAB III PENUTUP

 

1.    Kesimpulan

Kegiatan pelaksanaan sosialisasi visi dan misi SMP Negeri 5 Waikabubak sudah dilaksanakan dan berjalan dengan baik sebagaimana semestinya. Kegiatan Sosialisasi kepada orangtua dan Ramah Tamah telah mewakili visi dan misi SMP Negeri 5 Waikabubak dalam mewujudkan cita - cita pendidikan dikancah nasional dan Internasional.

2.    Saran

Kegiatan sosialisasi visi dan misi sekolah ini harus terus dilaksanakan di setiap awal semester, agar pencapaian dan cita - cita dari visi dan misi tersebut dapat terwujud dalam kurun waktu dekat dan berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan.

  

Link Download Contoh Dokumen Rekomendasi dari Hasil Evaluasi (Notulen Rapat) - Sispena - Akreditasi Sekolah, Klik Disini.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait Contoh Dokumen Rekomendasi dari Hasil Evaluasi (Notulen Rapat) - Sispena - Akreditasi Sekolah, Semoga Ada Manfaatnya.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Contoh Dokumen Rekomendasi dari Hasil Evaluasi (Notulen Rapat) - Sispena - Akreditasi Sekolah"