Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Saku Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pendidikan Di Layanan Anak Usia Dini (PAUD)

DAPODIK.co.id - Buku Saku Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pendidikan Di Layanan Anak Usia Dini (PAUD). Berbagai penyakit infeksi yang berhubungan dengan higiene dan sanitasi, antara lain diare, kecacingan, ISPA, polio, typhus, penyakit kulit dan penyakit mata, merupakan penyakit yang paling sering diderita oleh anak-anak.

Selain menyebabkan kematian, infeksi yang berulang akan menyebabkan anak menderita kekurangan gizi. Kekurangan gizi yang berlangsung secara kronis akan menyebabkan terhambatnya pertumbuhan dan perkembangan anak sehingga secara fisik anak tidak mencapai tinggi yang optimum dan perkembangan otaknya akan terhambat, Dampaknya adalah rendahnya kemampuan kognitif anak.

 

Buruknya kondisi lingkungan sekolah serta tidak tersedianya air dan sarana sanitasi yang layak dan aman, membuat sekolah menjadi tempat yang tidak aman dan aman bagi anak.

 

Tujuan Penulisan Buku Saku

      Sebagai sumber informasi bagi guru dan kepala sekolah untuk mengembangkan kegiatan pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat di layanan PAUD.

      Sebagai sumber informasi bagi guru dan Kepala Sekolah untuk mendorong orangtua murid agar melanjutkan pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah masing-masing.

 

Higiene, Higiene adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan individu (Depkes RI tahun 2004). Contoh kegiatan: mandi dan menggosok gigi secara teratur untuk menjaga kebersihan tubuh; menjaga kebersihan bahan makanan dan juga makanan yang telah diolah; menjaga kebersihan semua peralatan memasak dan wadah makanan.

 

Sanitasi, Sanitasi adalah pengendalian semua faktor lingkungan fisik manusia yang dapat menimbulkan akibat buruk terhadap kehidupan manusia, baik fisik maupun mental (WHO). Contoh kegiatan: menjaga kebersihan ruangan, sirkulasi udara ruangan, pengelolaan sampah, dan penanganan vektor (pembawa) penyakit, dan lainlain.

 

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat


PHBS adalah:
semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat.


PHBS di sekolah :
merupakan kegiatan memberdayakan siswa, guru dan masyarakat di lingkungan sekolah untuk mau melakukan pola hidup sehat untuk menciptakan sekolah sehat.

 

Buku Saku Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pendidikan Di Layanan Anak Usia Dini (PAUD)

 

Download Buku Saku Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pendidikan Di Layanan Anak Usia Dini (PAUD)

Untuk mendukung proses pembiasaan hidup bersih dan sehat, pengelola dan pendidik PAUD harus menyediakan sarana dan prasarana yang memadai dan mudah diakses oleh semua peserta didik, termasuk penyandang disabilitas. Dengan prinsip ketersediaan sarana dan prasarana yang aman, bersih, sehat dan nyaman harus menjadi perhatian bagi pengelola dan guru Pendidikan Anak Usia Dini yang sekaligus mempromosikan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan satuan PAUD dalam mendukung tumbuh dan berkembang bagi peserta didik. Oleh karena itu mendidik dan menanamkan tentang konsep bersih itu sehat kepada anak haruslah dimulai sejak usia dini. Membiasakan anak-anak untuk menjaga kebersihan pribadi misalnya kebersihan tangan dan kuku dapat menghindari anak-anak dari penyakit.

 

Mengingat pentingnya pembahasan mengenai kebersihan diri, serta higiene pangan dan sanitasi lingkungan, maka Direktorat Pembinaan PAUD, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merasa perlu untuk menerbitkan Buku Saku Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di satuan PAUD.

 

Semoga buku saku ini dapat dimanfaatkan secara optimal oleh kepala sekolah, guru, dan semua pihak terkait pengembangan PHBS di PAUD.

 

Selengkapnya, Paparan Serta Download Buku Saku Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pendidikan Di Layanan Anak Usia Dini (PAUD):


 

Link Download Buku Saku Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pendidikan Di Layanan Anak Usia Dini (PAUD), Klik Disini.

 

Demikian Artikel Terbaru Tentang, Buku Saku Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pendidikan Di Layanan Anak Usia Dini (PAUD). Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Buku Saku Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pendidikan Di Layanan Anak Usia Dini (PAUD)"