Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TERBARU, RAPORT MUTU PENDIDIKAN DAN CARA DOWNLOAD RAPORT MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH SENDIRI

DAPODIK.co.id – TERBARU,  RAPORT MUTU PENDIDIKAN DAN CARA DOWNLOAD RAPORT MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH SENDIRI. Berdasarkan surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah nomor 2267/C/TI.01.00/2022 tentang Aktivasi akun pembelajaran sebagai akses masuk platform rapor pendidikan bagi Satuan Pendidikan.

 

Dalam rangka mendukung upaya visualisasi rangkaian indikator evaluasi sistem pendidikan kepada satuan pendidikan dan pemerintah daerah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sedang mengembangkan Platform Rapor Pendidikan yang akan diluncurkan dalam waktu dekat. Platform Rapor Pendidikan dapat diakses hanya dengan menggunakan Akun Pembelajaran pada laman https://www.belajar.id.


TERBARU,  RAPORT MUTU PENDIDIKAN DAN CARA DOWNLOAD RAPORT MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH SENDIRI

 

RAPORT MUTU PENDIDIKAN DAN CARA DOWNLOAD RAPORT MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH SENDIRI

Berkenaan dengan hal tersebut, kami minta kepada Saudara agar:

 

1.    Melakukan sosialisasi kepada satuan Pendidikan di wilayah binaan Saudara terkait penggunaan Akun Pembelajaran dan akses Platform Rapor dan Pendidikan; dan

 

2.    Menghimbau satuan Pendidikan di Wilayah binaan Saudara untuk melakukan aktivasi Aku Pembelajaran pada laman https://www.belajar.id Tata cara pengaktifan Akun Pembelajaran kepala sekolah, operator sekolah, dan pendidik dapat mengacu kepada lampiran Surat Edaran ini. Aktivasi Akun Pembelajaran diharapkan dapat segera diselesaikan agar satuan Pendidikan dapat mengakses Platform Rapor Pendidikan.

 

Rapor Pendidikan adalah laporan hasil evaluasi layanan pendidikan sebagai penyempurnaan dari Rapor Mutu yang disusun oleh instrumen dan proses evaluasi yang berfokus pada hasil belajar peserta didik. Bersumber pada data yang lebih objektif, menjadikan Rapor Pendidikan sebagai acuan evaluasi mutu pendidikan, perencanaan berbasis data, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan baik untuk satuan pendidikan kabupaten/kota, provinsi atau pusat.

 

Ketahuilah Bahwa Rapor Pendidikan Dapat Dijadikan Sebagai:


1.    Referensi utama sebagai dasar analisis, perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan.


2.    Sumber data yang objektif dan andal di mana laporan disajikan secara otomatis dan terintegrasi.


3.    Instrumen pengukuran untuk evaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan baik untuk evaluasi internal maupun eksternal.


4.    Alat ukur yang berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar (output).


5.    Platform penyajian data yang terpusat, sehingga satuan pendidikan tidak perlu menggunakan beragam aplikasi sehingga diharapkan dapat meringankan beban administrasi.

 

Baca Juga: Aktivasi Akun belajar.id

 

Perbedaan Antara Rapor Pendidikan Dengan Rapor Mutu

 

Rapor Mutu adalah instrumen penjaminan mutu internal berupa evaluasi diri sekolah, di mana indikatornya mengukur delapan (8) capaian standar nasional. Data Rapor Mutu bersumber dari Dapodik dan juga hasil pengisian (input) langsung oleh satuan pendidikan melalui aplikasi Rapor Mutu.

 

Rapor Pendidikan adalah pengganti Rapor Mutu, di mana indikatornya disusun berdasarkan indikator input, proses, dan output pendidikan. Satuan pendidikan tidak melakukan pengisian data langsung ke dalam instrumen Rapor Pendidikan, melainkan data diambil dari sistem yang sudah ada, termasuk dari Dapodik, SIMPKB, AN, BPS, dan sumber lain yang relevan. Satuan pendidikan hanya dipersyaratkan memasukkan data di Dapodik dan mengikuti Asesmen Nasional.

 

Berbeda dengan Rapor Mutu, Rapor Pendidikan akan digunakan sebagai acuan untuk seluruh bentuk evaluasi sistem pendidikan termasuk refleksi diri sekolah, refleksi diri daerah, akreditasi, dan standar pelayanan minimum.

 

Baca Juga: Download Surat Edaran Dirjen tentang aktivasi akun belajar.id

 

Cara Download Raport Mutu Pendidikan Sekolah Sendiri Sebagai Berikut:


1.    Silagkan login di https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/ dengan menggunakan akun belajar.id,  (lihat gambar di bawah ini).


RAPORT MUTU PENDIDIKAN DAN CARA DOWNLOAD RAPORT MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH SENDIRI

2.    Setelah berhasil login, silahkan klik tab unduh, (lihat gambar di bawah ini).


RAPORT MUTU PENDIDIKAN DAN CARA DOWNLOAD RAPORT MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH SENDIRI

RAPORT MUTU PENDIDIKAN DAN CARA DOWNLOAD RAPORT MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH SENDIRI


3.    Secara otomatis akan tersimpan di laptop atau komputer anda.

 

Demikian Artikel Terbaru Tentang TERBARU,  RAPORT MUTU PENDIDIKAN DAN CARA DOWNLOAD RAPORT MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH SENDIRI. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


1 komentar untuk "TERBARU, RAPORT MUTU PENDIDIKAN DAN CARA DOWNLOAD RAPORT MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH SENDIRI"

  1. Anonim09:28

    postingan ini sangat membantu bagi semua lembaga pendidikan

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.