Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melakukan Registrasi Akun ARKAS

DAPODIK.co.id – Cara Melakukan Registrasi Akun ARKAS. Registrasi akun satuan pendidikan adalah tahap awal yang akan Anda lihat, apabila satuan pendidikan baru pertama kali menginstal ARKAS di laptop yang digunakan. Tahap ini juga termasuk proses aktivasi akun, dimana satuan pendidikan dapat meminta kode aktivasi ke dinas pendidikan setempat.

 

Bagi satuan pendidikan yang telah mendapatkan kode aktivasi dari dinas pendidikan provinsi maupun kab/kota setempat, Anda perlu menyiapkan beberapa data tambahan untuk keperluan registrasi akun, yaitu: 

1.    Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

2.    Nama pengguna ARKAS (Bendahara, Operator, Kepala Sekolah, dll).

3.    Alamat email pengguna ARKAS.

4.    Nomor telepon pengguna ARKAS.

 

Cara Melakukan Registrasi Akun ARKAS

 

Cara Registrasi Akun ARKAS

Selanjutnya, mari ikuti langkah-langkah melakukan aktivasi/registrasi akun satuan pendidikan di bawah ini:

 

1.    Anda perlu mencari aplikasi ARKAS pada perangkat Windows, lalu buka aplikasinya dengan klik dua kali (atau klik “Open”) untuk mulai menggunakan ARKAS. 

 

Cara Registrasi Akun ARKAS

2.    Setelah menunggu beberapa saat, maka ARKAS akan terbuka. Bagi satuan pendidikan yang belum registrasi dan pertama kali menjalankan ARKAS, maka Anda akan menemukan tampilan Registrasi ARKAS 

 

Cara Registrasi Akun ARKAS

3.    Setelah muncul tampilan di atas, pastikan bahwa Anda terkoneksi dengan internet untuk mengisi data satuan pendidikan. Hal ini, karena saat Anda melakukan registrasi, data tersebut akan langsung dicocokkan dengan data yang ada pada server pusat.

 

Cara Registrasi Akun ARKAS

4.    Kolom pertama yang harus Anda isi adalah Kode Aktivasi. Isi dengan kode aktivasi yang telah Anda terima dari dinas pendidikan provinsi maupun kabupaten/kota setempat. Perlu diingat, setiap satuan pendidikan akan menerima kode aktivasi yang berbeda-beda dengan satuan pendidikan lainnya.

 

Cara Registrasi Akun ARKAS

5.    Isi kolom NPSN. NPSN setiap satuan pendidikan berbeda-beda. Pastikan Anda mencantumkan NPSN yang sesuai.

 

Cara Registrasi Akun ARKAS

6.    Nama dapat diisi berdasarkan dengan nama pengguna ARKAS di satuan pendidikan. Seperti, nama operator, kepala satuan pendidikan atau bendahara satuan pendidikan.

 

Cara Registrasi Akun ARKAS

7.    Selanjutnya, tuliskan Email aktif yang seterusnya akan digunakan saat Login pada aplikasi. Diharapkan memasukkan email yang khusus digunakan untuk mengisi data satuan pendidikan ke dalam ARKAS.

 

Cara Registrasi Akun ARKAS

8.    Lalu, isi nomor handphone aktif pengguna.

 

Cara Registrasi Akun ARKAS

9.    Daftarkan password sesuai dengan keinginan. Pastikan password yang Anda pakai terdiri dari 8 karakter, menggunakan kombinasi huruf dan angka, juga mudah diingat.

 

Cara Registrasi Akun ARKAS

10. Ketik Ulang password yang telah Anda tuliskan, untuk memastikan bahwa password yang didaftarkan telah sesuai.

 

Cara Registrasi Akun ARKAS

11. Luangkan waktu sejenak untuk memastikan semua data telah terisi dengan benar, lalu klik tombol Registrasi.

 

Cara Registrasi Akun ARKAS

12. Setelah klik tombol Registrasi, Anda perlu menunggu beberapa saat, karena sistem sedang dalam tahap memproses registrasi akun satuan pendidikan. 

 

Cara Registrasi Akun ARKAS

13. Tahap ini membutuhkan waktu beberapa menit karena sistem sedang menarik data satuan pendidikan dari server pusat. Proses inilah yang selanjutnya disebut sebagai proses sinkronisasi.

  

Cara Registrasi Akun ARKAS

Cara Registrasi Akun ARKAS

14. Jika proses registrasi sudah berhasil, maka akan muncul data tampilan satuan pendidikan dan notifikasi Sync Data Berhasil pada bagian kanan bawah layar dalam ARKAS. 

 

Cara Registrasi Akun ARKAS

15. Selamat! Kini satuan pendidikan dapat melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu Login.

 

Demikian Artikel Terbaru Tentang Cara Melakukan Registrasi Akun ARKAS. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.