Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Operator Dapodik Mendapatkan Username dan Password belajar.id Untuk Gurunya

DAPODIK.co.id - Cara Operator Dapodik Mendapatkan Usernamr dan Password belajar.id Untuk Gurunya. Salah satu wujud dari Merdeka Belajar adalah melakukan digitalisasi sekolah. Selain bentuk adaptasi dengan era baru, dimana teknologi informasi terus tumbuh dan berkembang cepat, digitalisasi juga memudahkan kegiatan belajar mengajar.

 

Salah satu digitalisasi sekolah yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek adalah akun belajar.id yang telah diluncurkan. Tujuannya untuk memfasilitasi pembelajaran baik secara daring maupun luring. Agar bapak/ ibu memahami kegunaan akun belajar.id, admin dapodik.co.id telah memberikan berbagai macam artikel seperti:


Panduan Integrasi Akun SIM PKB Dengan Akun Belajar ID (Klik Di Sini)

Mengenal Akun Pembelajaran belajar.id Kebutuhan Kegiatan Belajar Mengajar (Klik Di Sini)

Cara Menautkan Akun SIM PKB Dengan Akun Belajar ID Guru Jenjang TK/ PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK (Klik Di Sini)

Cara Mendapatkan Username dan Password Akun belajar.id (Klik Di Sini)


Akun belajar.id ini merupakan sebuah SSO (Single Sign On) dimana akun tersebut bisa digunakan untuk mengakses berbagai layanan aplikasi pembelajaran. Sederhananya adalah akun elektronik yang dikeluarkan secara resmi oleh Kemendikbudristek berupa user id dan juga password.

 

Untuk membuat akun tersebut, harus didasari oleh data-data yang ada di Dapodik. Target penggunanya sendiri adalah peserta didik, pendidik dan juga tenaga pendidik. Untuk peserta didik sendiri ditarget mulai peserta didik PAUD, SD Kelas 1 sampai kelas 6 dan paket A. Untuk jenjang SMP mulai dari paket B, kelas 7 hingga kelas 9. Kemudian jenjang SMA dan Program Paket C kelas 10 hingga kelas 12, jenjang SMK kelas 10 hingga kelas 12, SLB kelas 5 hingga kelas 12. Sedangkan untuk pendidiknya sendiri dari jenjang pendidikan anak usia dini hingga menengah. Selain itu tenaga pendidik juga dapat diantaranya ada kepala sekolah dan operator sekolah, semuanya dapat akun belajar.id.

 

Cara Operator Dapodik Mendapatkan Usernamr dan Password belajar.id Untuk Gurunya


Cara Operator Dapodik Mendapatkan Username dan Password belajar.id Untuk Gurunya dan siswa

Sebelum mendapatkan username dan password untuk diketahun oleh kepala sekolah, guru dan pegawai di sekolah di seluruh Indonesia bahwa, Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) atau sering disebut operator dapodik sebagai pengelola data di tingkat satuan pendidikan yang merupakan ujung tombak dari semua pendataan. Sehingga secara otomatis hak akses ke seluruh pengelolaan data di sekolah akan diberikan kepadanya, termasuk data pengguna Akun Pembelajaran di sekolah oleh karena itu, admin dapodik.co.id mengingatkan bahwa kepala sekolah harus memberi kebahagiaan dan berikan perhargaan yang setinggi-tingginya kepada operator sekolah.


Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan aktivasi akun belabajar.id atau Cara Operator Dapodik Mendapatkan Usernamr dan Password belajar.id Untuk Guru:


Langkah awal adalah Operator Dapodik mengakses terlebih dulu ke lama pd.data.kemdikbud.co.id. (login digunakan seperti login dapodik)


Pastikan bahwa anda masuk atau log in menggunakan akun SSO Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di mana akun tersebut  sudah terdaftar di https://sdm.data.kemdikbud.go.id. Lihat gambar berikut ini:


Cara Operator Dapodik Mendapatkan Username dan Password belajar.id

Setelah berhasil login, silahkan klik tombol “Unduh Akun”, pilih “PTK” untuk mengunduh data berisi nama akun (User ID) dan kata sandi akun (password). Lihat gambar berikut:


Buka data dengan format .csv yang sudah diunduh, lalu berikan informasi akun (User ID dan password) kepada pengguna.


Pastikan informasi hanya diberikan kepada pemilik resmi akun sesuai dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik).


Setelah pengguna menerima detail Akun Pembelajaran, silakan diarahkan untuk melakukan aktivasi akunnya secara mandiri.


Jadi di sana bapak ibu bisa mengaktifkan pembelajarannya melalui email tersebut. Sekarang ada beberapa langkah yang lebih ringkas lagi. Kalau bapak ibu buka laman belajar.id, di sana bapak ibu bisa secara ringkas membuatnya. Ini merupakan alternatif kedua ya. Jadi bapak ibu bisa mencari langsung akun pembelajaran bapak ibu melalui laman belajar.id tadi. Tinggal dibuka saja di sana belajar.id kemudian bapak ibu tinggal memasukkan nama lengkapnya.

 

Dalam mengakses akun belajar.id ada tipe pengguna yang perlu diperhatikan. Nanti ada group yang dapat dipilih. Di sana nanti masukan tanggal lahir dan masukkan NPSN, lalu klik akun pembelajarannya dan akan keluar di sana. Atau nanti akan dikirim ke email pribadi pengguna yang dimasukkan di halaman tersebut.

 

Akun pembelajaran ini erat kaitannya dengan laptop chromebook. Ide dasarnya untuk membantu orang-orang yang memiliki laptop dengan kecepatan optimal, simple dan mudah digunakan serta harga yang terjangkau. Kemudian kecanggihan chromebook nomor 1 adalah karena memiliki lisensi chrome education upgrade. Lisensi tersebut terpasang di setiap chromebook yang membantu penggunanya untuk melakukan pembelajaran dengan aman dan nyaman.

 

Jadi bapak ibu guru ini nanti tidak usah khawatir kalau browsing di Google atau YouTube. Kan kalau pakai laptop biasa kadang-kadang pencariannya suka bocor, artinya tiba-tiba dapat konten-konten yang tidak baik dan tidak mendidik. Nah dengan chromebook dan lisensi chrome education upgrade itu bapak ibu akan aman secara pencarian di Google dan di YouTube.

 

Pada chromebook ini juga sudah dilengkapi dengan banyak fitur yang membantu para guru melakukan pembelajaran jarak jauh. Salah satu kecanggihan spesial chromebook, pengguna dapat memakai google form.

 

Hanya di chromebook inilah yang terpasang lisensi. Jadi bapak ibu bisa membuat ujian dengan mode terkunci, sehingga guru-guru atau anak-anak murid waktu mengambil ujian tidak bisa buka tab-tab yang lain. Jadi sangat mudah sekali digunakan.

 

Selain itu para pengguna chromebook juga tidak perlu khawatir laptopnya terkena virus yang akan membuat data hilang. Karena data-data semua langsung otomatis ter-backup ke google drive. Ini sangat memudahkan guru untuk melakukan pembelajaran jarak jauh.

 

Akhirnya pemerintah terus mendorong dan mengajak kepada pendidik dan tenaga pendidik untuk terus mengaktivasi akun belajar.id ini. Karena nanti ke depan akan lebih banyak lagi fasilitas yang menguntungkan yang dapat dimanfaatkan. Beberapa laman pun sudah disediakan untuk kemudahan melaksanakan pembelajaran seperti google classroom yang dilengkapi dengan berbagai macam fitur-fitur dan dapat dimanfaatkan untuk belajar. Selain itu ke depannya nanti akan ada banyak platform pembelajaran di dalam ekosistem Kemendikbudristek.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkai Cara Operator Dapodik Mendapatkan Usernamr dan Password belajar.id Untuk Gurunya. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Cara Operator Dapodik Mendapatkan Username dan Password belajar.id Untuk Gurunya"