Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertia Teknik Penilaian Sikap

DAPODIK.co.id - Pengertia Teknik Penilaian Sikap. Teknik penilaian sikap adalah penilaian yang dilakukan untuk mengetahui sikap peserta didik terhadap mata pelajaran, kondisi pembelajaran, pendidik dan sebgainya. Teknik penilaian dapat dibagi menjadi dua, yaitu teknik penilaian sikap secara langsung dan teknik penilaian sikap secata tidak langsung. Teknik penilaian sikap secara langsung dapat dilakukan dengan menanyakan bagaimana pendapat atau pernyataan responden terhadap suatu objek. Teknik penilaian sikap secara tidak langsung dapat dilakukan dengan pernyataan-pernyataan hipotesis, kemudian ditanyakan pendapat responden.

 

Adapun instrumen yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian sikap. Dalam proses pembelajaran guru dapat melakukan penilaian sikap melalui observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat oleh peserta didik dan jurnal. Berikut ini adalah penjelasannya.

 

Pengertia Teknik Penilaian Sikap


Teknik Penilaian Sikap


Teknik Penilaian Sikap Berdasarkan KTSP

 

Penilaian sikap merupakan penilaian terhadap perilaku dan keyakinan siswa terhadap suatu objek, fenomena atau masalah. Secara umum penilaian sikap dapat dikaitkan dengan berbagai objek sikap antara lain sebagai berikut:

a. Sikap terhadap mata pelajaran.

b. Sikap guru terhadap mata pelajaran.

c. Sikap terhadap proses pembelajaran.

 

Penilaian ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain observasi perilaku misalnya tentang kerja sama, inisiatif dan perhatian. Cara kedua yaitu dengan mengajukan pertanyaan langsung misalnya tanggapan terhadap tata tertib sekolah. Dan cara yang ketiga yaitu laporan pribasi misalnya menulis tentang “tawuran antar pelajar”. Adapun contoh penilaian sikap berdasarkan KTSP antara lain.

 

Inilah Teknik Penilaian Sikap Berdasarkan KTSP

Teknik Penilaian Sikap Berdasarkan K-13

 

Penilaian sikap berdasarkan kurikulum 2013 ada dua jenis, yaitu sikap spiritual dan sikap sosial. 

·        Sikap spiritual, penilaian terhadap peserta didik berkaitan dengan iman dan taqwa

·        Sikap sosial, penilaian pembentukan sikap peserta sisik yang berakhlak mulia, mandiri, demokrasi dan bertanggung jawab.

 

Penilaian sikap spiritual secara spesifik ditujukan untuk siswa dapat menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut. Penilaian sikap sosial ditujukan untuk menilai sikap jujur, disiplinm tanggung jawab, toleransi, gotong royong, santun dan percaya diri. Dalam system pendidikan, penilaian ketercapaian kompetensi siswa mengacu pada indicator. Contoh perumusan indikator dalam penilaian sikap yang dikutip Direktorat PSMP, Kemdikbud 2013.

 

Inilah Teknik Penilaian Sikap Berdasarkan K-13

Demikian Artikel Terbaru Terkait Pengertia Teknik Penilaian Sikap. Semoga Artikel Ini Bisa Bermanfaat, Sekian Dan Terima Kasih.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.