Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suka Duka Menjadi Seorang Guru Profesional

DAPODIK.co.id - Suka Duka Menjadi Seorang Guru  Profesional. Menjadi guru itu pilihan dan benar-benar membutuhkan komitmen yang kuat. Kenapa? karena guru itu harus mengajar di depan murid yang notabennya adalah anak orang lain yang harus kita didik. Guru harus memberikan contoh-contoh dan pengajaran yang baik pula kepada para muridnya untuk menghasilkan murid-murid yang baik secara akademik dan karakter.

 

Karena guru harus memiliki banyak topeng, dimana ketika guru ada masalah keluarga ataupun masalah lainnya, mereka harus tetap tegar, tersenyum dan sepenuhnya mengajar para murid di sekolah. Tapi, menjadi seorang guru itu memang berat tapi juga asyik kok.

 

Jika dilihat dari segi senangnya atau sukanya menjadi guru kita tidak perlu menjadi artis untuk bisa diidolakan. Hanya cukup menjadi guru saja kita bisa menjadi idola dimata murid kita. Menjadi guru kita dapat mengetahui banyak karakter murid yang berbeda. Mulai dari murid yang rajin, nakal, konyol dan lain sebagainya bisa kita temui. Meskipun tingkah mereka membuat kita kesal dan lelah, tapi aslinya mereka itu lucu. Disini lah kita dapat belajar melatih kesabaran dan keikhlasan kita. Namun menjadi seorang guru tidak semua menyenangkan.

 

Duka seorang guru jika misal peserta didiknya mendapat kasus yang cukup besar, tidak naik kelas atau tidak lulus, dan lain sebagainya maka guru akan merasa sedih dan merasa tidak maksimal dalam mendidik peserta didiknya. Bisa dibayangkan lagi jika menjadi guru honorer yang gajinya bisa dibilang tidak tinggi jika dibandingkan dengan profesi yang lain. Namun, perlu diingat bahwa guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa dan rezeki bisa datang kapan saja. Jika dilihat, banyak sekali berkah menjadi seorang guru, meski gaji mereka tidk besar tapi hidup nya sudah berkecukupan. Selain itu, dengan menjadi guru kita bisa menabung pahala untuk di akhirat kelak.

 

Suka Duka Menjadi Seorang Guru  Profesional

 


Berikut Ini Suka Duka Menjadi Seorang Guru  Profesional:

 

1. Memiliki Banyak Relasi

Menjadi seorang guru atau pendidik, tentunya kita akan berhubungan dengan banyak murid dan juga orang tua murid, dan hal itu merupakan hal yang baik karena akan menambahkan relasi bagi seorang guru.

 

2. Menghadapi Hal-Hal Lucu Dengan Para Murid

Banyak hal lucu yang akan terjadi di kelas, hal ini akan dialami bagi guru TK, SD, SMP, SMA/ SMK maupun perguruan tinggi. Terlebih anak-anak play group hingga SD, mereka sering kali melakukan hal lucu seperti memberikan hadiah kepada guru, memberikan perhatian kepada guru dengan hal-hal yang lucu dan lain sebagainya. Bagi guru SMP dan SMA hal lucu yang akan mereka jumpai adalah ketika si murid mulai curhat menganai masalah pribadi mereka, terlebih mengenai masalah cinta mereka yang complicated.

 

3. Awet Muda

Bapak/ ibu guru sadar kalau guru kalian, terutama guru TK, SD kalian itu keliatannya kaya waktu kalian TK dan SD dulu? mereka kaya tidak berubah, itu menjadi salah salah satu hal positif buat guru yang akan selalu keliatan muda.

 

4. Kreatifitas Terasah

Sebagai guru, terutama di era saat ini kreatifitas sangat dijunjung tinggi, karena siswa saat ini sudah beda dengan jaman dulu yang cukup dengan penjelasan di papan tulis saja. Sekarang dengan adanya teknologi yang semakin maju maka guru pun harus kreatif mengolah pembelajarannya baik dengan e-learning ataupun dengan games supaya siswa senang, dan happy tapi pelajaran tetap mereka terima.

 

5. Selalu Belajar

Ilmu pengetahuan saat ini semakin maju dan sebagai guru juga harus terus belajar dan hal itu akan mengasah otak guru untuk tetap pintar dan cerdas.

 

6. Selalu Diingat Murid

Nah, sebagai guru akan selalu diingat oleh muridnya. Guru mungkin saja melupakan muridnya tapi seorang murid tidak akan melupakan gurunya. Kalian juga pasti masih ingat sama guru-guru kalian kan?

 

7. Siap-Siap Stress Dan Memiliki Topeng Banyak

Setiap anak memiliki keunikannya masing-masing dan karakter yang berbeda satu sama lain di dalam kelas, sehingga seorang guru harus memiliki mental dan jiwa yang kuat untuk menghadapi kelakuan setiap muridnya. Siap stress dan harus tetap setia dengan pekerjaannya. Selain itu, guru harus memiliki topeng yang banyak, misalkan saja ketika guru ada masalah pribadi, guru harus tetap terlihat tegar di hadapan para murid, guru harus terlihat semangat dan ceria. 

 

8. Administrasi Banyak

Guru tidak hanya mengajar di dalam kelas, namun guru juga harus menyelesaikan administrasinya seperti membuat RPP, Prota, Promes dan lain sebagainya, belum lagi guru harus membuat soal ulangan dan mengkoreksinya. Pekerjaan tersebut bisa saja sampai di bawa pulang. 

 

Menjadi guru memang berat dan penuh tantangan, tapi asyik juga lho menjadi guru karena menjadi guru sama dengan membantu anak untuk mecapai cita-cita mereka dan sebagai guru juga ikut serta dalam mencerdaskan anak bangsa. Guru harus sayang terhadap muridnya, dan bagi kamu yang memiliki pasangan seorang guru, kalian harus bangga karena mereka saja menyayangi murid-murid mereka, apalagi kamu sebagai pasangannya?

 

Terima kasih. "jangan pernah melupakan jasa gurumu"

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait Suka Duka Menjadi Seorang Guru  Profesional. Semoga ada manfaatnya. Terima kasih

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.


Posting Komentar untuk "Suka Duka Menjadi Seorang Guru Profesional"