Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Agar Guru Dihargai Di Kelas Oleh Peserta Didik

DAPODIK.co.id - 10 Cara Agar Guru Dihargai Di Kelas Oleh Peserta Didik. Guru merupakan pekerjaan yang butuh keahlian dalam mengajar, menguasai kelas, dan memberikan inspiratif. Oleh karena itu seorang guru harus terus berlatih hingga mahir ketika mengajar dikelas. Guru tidak sekedar dituntut memiliki kemampuan mentransformasikan pengetahuan dan pengalamannya, memberikan tauladan, tetapi juga diharapkan mampu menginspirasi anak didiknya agar mereka dapat mengembangkan potensi diri dan memiliki akhlak yang baik.

 

Guru inspiratif bukanlah sekedar berkompeten sesuai dengan akademiknya, mampu mengajar didepan kelas, membuat soal-soal, dan menentukan kelulusan peserta didik. Guru inspiratif harus memiliki kepribadian yang menarik sehingga dapat menstimulasi siswa untuk mengembangkan potensi diri, menumbuhkan kesadaran peserta didik dalam meraih masa depannya, dan menjalin kehangatan interaksi antara guru dan peserta didik sehingga guru tidak lagi dianggap sebagai sosok angker yang menakutkan, tetapi dapat menjadi mitra belajar yang menyenangkan.

 

Begitu juga untuk menjadi guru yang dihargai bukan hanya oleh murid dikelasnya juga oleh teman sejawat atau guru disekolah tersebut oleh karena itu kita harus memperhatikan beberapa hal, berikut ini adalah10 Cara Agar Guru Dihargai Di Kelas Oleh Peserta Didik:

 

10 Cara Agar Guru Dihargai Di Kelas Oleh Peserta Didik

 

Cara Agar Guru Dihargai Di Kelas Oleh Peserta Didik

1.   Rendah Hati

Karakter ini membuat seorang guru berpikiran terbuka serta mudah menerima hal-hal baru. Di depan peserta didik terus terang jika tidak tahu. Maklum ditengah pesatnya pertumbuhan dan akses kepada informasi, semua orang benar-benar mesti belajar kembali dan bersedia menjadi seorang pembelajar. Hal ini membuat ia menjadi mitra belajar yang mengasyikkan bagi peserta didik.

 

2.   Banyak Tersenyum Dengan Peserta Didik

Dengan senyum anda dapat menciptakan lingkungn sosial yang damai, kita merasa lebih nyaman dan membuat peserta didik menjadi lebih nyaman. Walaupun kita mungkin sedang didera banyak persoalan, cobalah tersenyum karena dengan kita cemberutpun serta marah tidak akan menyelesaikan persoalan justru sebaliknya membuat orang pun tidak nyaman apalagi siswa. Disamping tentu saja peserta didik bukan sosok yang tepat untuk menangung segala macam problema pribadi kita.

 

3.   Peka Terhadap Kondisi Sekeliling

Sering kali guru tidak mengamati reaksi peserta didik disaat mengajar sehingga tak lagi memperhatikan apakah yang dilakukan direspon oleh siswa dan efektif. Sehingga yang terjadi suasana kelas menjadi ramai atau sebaliknya banyak siswa yang tidak mengerti pesan yang ingin disampaikan gurunya. Apalagi jika pernyataan pernyataan guru dapat menyakiti atau menyinggung perasaan peserta didik.

 

4.   Tidak Menjelekkan Peserta Didik

Tak seorang pun ingin aibnya dibuka secara umum apalagi dibelakang irinya.Terutama bagi peserta didik dibuka aibnya didepan teman temannya, baik secara terang terangan atau sembunyi akan menghasilkan kekecewaan dan dendam yang berkepanjangan sekaligus menjatuhkan harga diri peserta didik bersangkutan. Jika guru terus melakukan itu peserta didik bisa menilai bahwa gurunya yang ‘sebenarnya bermasalah akibatnya membuat peserta didik menjadi ragu dan tidak percaya atas perilaku guru tersebut.

 

5.   Menjalin Ikatan Emosional

Peserta didik akan senang hati mengikuti kegiatan belajar jika gurunya menyenangkan. Pelajaran yang dianggap sebagian orang sulit pun akan menjadi lebih mudah jika siswa memiliki ikatan emosional yang baik dengan gurunya. Bahkan, jika guru itu difavoritkan, siswa dapat mengingat kata demi kata hingga titik koma yang diucapkan gurunya.

 

6.   Selalu Berpandangan Positif

Pandangan positif seorang guru sangatlah penting untuk diperhatikan. Satu hal yang sangat berpengaruh pada diri peserta didik. Guru harus menampakkan secara jelas dan benar-benar jelas kepada peserta didik nya bahwa kita mempercayai. Sebagai guru, kita percaya bahwa semua peserta didik mampu dan memiliki motivasi untuk sukses. Buatlah peserta didik yakin bahwa kita benar-benar mempercayainya. Guru harus berusaha percaya bahwa peserta didik ingin melakukan yang terbaik, mereka ingin berhasil dan mendapatkan kesuksesan.

 

7.   Memberi Pujian

Pujian merupakan salah satu bentuk penghargaan yang diberikan kepada seseorang. Hampir semua orang suka dipuji karena dalam pujian terkandung pengakuan seseorang atas keberadaannya. Terutama memberikan pujian kepada peserta didik yang berprestasi dan berbeda.

 

8.   Membuat Kegembiraan

Dengann suasana belajar yang menyenangkan pastilah akan bermunculan inspirasi-inspirasi baru yang menyegarkan. Inspirasi ini tidak hanya diciptakan oleh guru, tetapi sangat mungkin inspirasi tumbuh dari dalam diri peserta didik sendiri.

 

9.   Menjadi Teladan

Segala perkataan dan tindakan guru akan selalu menjadi pusat perhatian peserta didik. Dan entah disadari atau tidak semua yang dilakukan guru akan mudah ditiru oleh peserta didik. Menjadi teladan memang bukan hal mudah karena secara manusiawi kita pasti memiliki kekhilafan. Akan tetapi yang penting kita lakukan adalah kejujuran untuk mengakui kesalahan kita dan berupaya untuk memperbaikinya.

 

10.      Guru Harus Peka

Seorang guru harus peka atau sensitive terhadap penampilan para peserta didiknya. Peka atau sensitif berarti cepat mengerti, menilai atau melihat dengan perasaan apa yang diperlihatkan oleh peserta didik dari ekspresi muka, nada suara, gerak-gerik jalan napasnya, dan sebagainnya. Guru hendaknya dapat memahami apa yang sedang di alami oleh seorang peserta didik.

 

Menjadi guru yang dihargai sama saja dengan guru yang disenangi oleh muridnya bukan berarti guru yang dihargai adalah guru yang ditakuti oleh peserta didik.

 

Dengan mengamalkan ilmu kita maka kita bisa menularkan kebaikan kepada anak peserta didik kita dan sekitar. Guru perlu dihargai tetapi bukan berarti guru memakai tampang sangar dan ditakuti oleh peserta didik. Mengutip kata mario teguh, “Guru terbaik adalah guru yang sadar bahwa ia adalah seorang guru” . jika kita sadar bahwa kita itu guru maka kita akan di hormati dan dihargai oleh peserta didik dan masyarakat karena guru itu tempat yang sangat mulia. Semoga kita menjadi guru yang dihargai karena disenangi dan diidolakan oleh peserta didik karena memberikan inspirasi agar mereka dapat mengembangkan potensi diri dan memiliki akhlak yang baik.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait 10 Cara Agar Guru Dihargai Di Kelas Oleh Peserta Didik. Semoga ada manfaatnya. Terima kasih

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.