Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Guru Mengatasi Kenakalan Anak Sekolah Yang Melampaui Batas

DAPODIK.co.id - Cara Guru Mengatasi Kenakalan Anak Sekolah Yang Melampaui Batas. Mengatasi kenakalan anak sekolah yang melampaui batas. Kenakalan seperti perkelahian sudah menjadi momok bagi pihak sekolah dan orangtua sejak berpuluh puluh tahun lalu. Kenakalan salah satu ini biasanya hanya di picu masalah sepele, seperti saling ejek. Tapi masalah makin besar sampai harus diselesaikan dengan pertarungan. Tidak sedikit korban luka ketika tawuran. Masa remaja memang masa yang paling rawan. Disana siswa ingin mencari jati diri dan menunjukan eksistensi mereka.

 

Mereka akan langsung tersinggung apabila sedikit harga diri mereka di usik. Perubahan perangai dan sikap menjadi semacam “Shockwave” untuk orang tua. Ada orangtua yang bisa menangani masalah ini sehingga anak kembali pada kodratnya sebagai pelajar.

 

Ada pula yang gagal menangani masalah ini dan harus “kehilangan” anak mereka. Pada usia ini anak memang mencapai masa yang dinamakan masa “puber”. Mereka mulai menyukai lawan jenis dan mereka ingin di akui oleh orang lain.

 

Mereka akan melakukan apapun demi pengakuan. Jika hal yang dilakukan untuk mendapat pengakuan adalah hal positif seperti menjuari lomba-lomba akademis seperti lomba debat maupun non akademis seperti lomba bernyanyi, maka sekolah dan orangtua telah berhasil menjadikan anaknya anak yang berhasil.

 

Orangtua juga sesekali bisa memeriksa tas anaknya, periksa juga alat komunikasinya. Lalu para orangtua siswa/siswi dan pihak sekolah bisa menjalin kerjasama untuk menanggulangi tawuran antar sekolah.

 

Cara Guru Mengatasi Kenakalan Anak Sekolah Yang Melampaui Batas

 

Mengatasi Kenakalan Anak Sekolah Yang Melampaui Batas

Dalam cara mengatasi kenakalan anak sekolah, tentunya dibutuhkan peran serta keluarga, guru dari anak tersebut untuk mengatasi kenakalan anak sekolah yang semakin bertambah parah setiap harinya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi kenakalan remaja, antara lain adalah:

 

Ketahui Penyebab Kenakalannya

 

Untuk berusaha mengatasi anak nakal di sekolah, guru  haruslah memperhatikan penyebabnya terlebih dahulu. Sebagai guru yang baik, anda tidak bisa langsung memberikan hukuman pada anak tersebut, karena anak-anak umumnya merupakan satu pribadi yang masih polos dan belum mengetahui apa arti nakal sebenarnya. Anak merupakan satu manusia yang masih melakukan sesuatu atas apa yang dilihat, didengar dan dirasakannya. Sehingga hukuman bukanlah jawaban atau solusi yang tepat untuk menghentikan kenakalannya.

Cara ini dapat dilakukan dengan dengan memperhatikan perilakunya di dalam kelas. Dalam hal ini, seorang guru harus benar-benar sabar saat mengamati perilaku menyimpang anak. Ketika ditemukan penyebab nakal anak, apakah sepenuhnya kesalahannya atau apakah memang anak tersebut yang memulai masalah dengan temannya adalah pertanyaan yang harus terjawab dari pengamatan tersebut. Setelah jawaban ditemukan, seorang guru sebaiknya mengajak bicara anak dengan hati-hati dan penuh kasih sayang. Ajaklah dia berbicara dalam suasana yang hangat, dan tidak cenderung mengintimidasinya. Tanyakan penyebab anak tersebut berbuat kenakalan. Penyebab kenakalan ini bisa terlahir dari dalam lingkungan keluarga yang secara tidak sengaja dicontoh, tayangan televisi dan lain-lain.

Sesi tanya-jawab dengan anak kemudian disampaikan pada orang tua sebagaimana pengalihan tanggung jawab anak diberikan pada seorang guru. Dalam hal ini, seorang guru hendaknya memberikan himbauan pada orang tua agar apa yang dilihat, didengar dan dirasakan anak bersifat positif dan tidak mengarah pada kekerasan baik fisik maupun ucapan. Cara mengatasi anak nakal ini harus disertai dengan menganjurkan mengoreksi diri sesama orang tua. Sehinga pendidikan di rumah maupun di sekolah anak menjadi kondusif dan efektif. Di dalam pembicaraan ini, sebaiknya guru memberikan anjuran untuk tidak bersikap keras pada anak dengan menghukum atau membentaknya karena kenakalannya. Karena bisa saja akan mematikan aspek psikologisnya yang berpengaruh di masa depannya.

 

Ketahui Permasalahannya

 

Anak merupakan manusia yang paling peka dengan begitu polosnya menunjukkan apa saja yang dirasa dan dipelajarinya. Dalam hal ini kurang peka dan perhatiannya orang tua dapat menjadi penyebab kenakalan anak. Kenakalan anak di sekolah bisa merupakan bentuk penyikapan anak dalam meminta perhatian lebih pada orang disekitarnya. Jika hal ini terjadi maka seorang guru sebaiknya memberikan perhatian lebih pada anak karena guru merupakan pengganti orang tua di sekolah.

 

Cara mengatasi anak nakal adalah dengan memperhatikan segala kebutuhan, mengingat namanya, menemaninya saat merasa kesepian dan berbicara lembut padanya. Sesekali berikan pelukan, gandeng tangannya, dan berbicara diselingi senyuman ketika menghadapinya.

 

Pastikan guru terus memantau setiap perilaku anak nakal ini di dalam maupun luar lingkungan sekolah. Memang jika siswa berbuat naka di luar kelas bukan menjadi tanggung jawab dari pihak sekolah atau guru , tetapi harus juga di ingat jika seorang siswa berbuat nakal di luar kelas maka nama sekolah atau guru menjadi terbawa-bawa. Maka untuk menghindari hal tersebut yang perlu di perhatikan adalah harus adanya kerjasama guru dan orangtua siswa. Dan guru juga harus menjalin kerjasama dengan orangtua siswa dalam hal memonitor perkembangan pendidikan siswa yang bersangkutan.

Ciptakan Kegiatan Pembelajaran Yang Kreatif dan Menarik

 

Dengan kegiatan pembelajaran yang menarik akan membuat anak didik yang nakal menjadi tertarik dan mengikuti pelajaran dengan antusias . karena cukup banyak siswa yang memperlihatkan kenakalan di kelas / sekolah yang disebabkan pembelajaran yang membosankan dan kurang menarik bahkan mungkin tidak mengerti dengan apa yang dijelaskan oleh guru, maka tugas guru yang baik  adalah untuk menciptakan KBM yang menarik dan aktif namun tetap dapat membuat anak didik memahami materi yang diajarkan sehingga antusiasme anak didik kita terhadap pelajaran kita tinggi .

 

Nah itu tadi beberapa cara mengatasi kenakalan anak sekolah yang bisa dilakukan. Tentu saja kenakalan anak sekolah dapat teratasi dengan baik jika peran orang tua, guru dan orang sekitarnya lainnya sudah berjalan sebagaimana mestinya. Selain itu dibutuhkan komitmen yang kuat dari anak sekolah sendiri tersebut untuk tidak terjerumus ke dalam pergaulan yang salah yang hanya akan merugikan masa depannya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait Cara Guru Mengatasi Kenakalan Anak Sekolah Yang Melampaui Batas. Semoga ada manfaatnya. Terima kasih

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.

Posting Komentar untuk "Cara Guru Mengatasi Kenakalan Anak Sekolah Yang Melampaui Batas"