Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Macam Metode Pembelajaran Yang Wajib Guru Kuasai

DAPODIK.co.id - 9  Macam Metode Pembelajaran Yang Wajib Guru Kuasai. Sahabat pembaca setia dapodik.co.id dimanapun anda berada, dalam proses belajar mengajar tentunya akan terjalin suatu interaksi antara guru dan peserta didiknya. Pada kesempatan kali ini, admin dapodik.co.id akan membahas mengenai pengertian, tujuan dan macam-macam metode dalam kegiatan pembelajaran, simak selengkapnya.

 

9  Macam Metode Pembelajaran Yang Wajib Guru Kuasai

 

Metode Pembelajaran Yang Wajib Guru Kuasai

Metode Pembelajaran

 

Guru adalah seorang tenaga pendidik pada dasarnya. Orang dewasa dengan segala kemampuan atau bakat yang dimilikinya untuk dapat mengubah pola pikir anak didiknya dari yang awalnya tidak tahu menjadi tahu adalah definisi dari Pendidik. Pekerjaan seorang guru adalah mengajar di kelas dan juga yang paling penting performance guru di dalam kelas dalam menghadapi anak didiknya. Lalu bagaimana seorang guru dapat menguasai keadaan atau situasi di dalam kelas sehingga terciptanya suasana belajar yang menyenangkan. Oleh karena itu, guru harus menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik semua anak didiknya.

 

Berikut Ini  9  Macam Metode Pembelajaran Yang Wajib Guru Kuasai

 

1.   Metode Ceramah

Metode pembelajaran ceramah adalah metode yang penyampaiannya secara lisan atas bahan pembelajaran kepada semua siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dalam jumlah yang cukup besar. 80% guru kebanyakan menggunakan metode ini dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas.

 

Dengan metode ceramah, guru dapat mendorong timbulnya inspirasi bagi semua siswanya. Metode ini sangat cocok untuk menyampaikan informasi pembelajaran yang berupa informasi.

 

2.   Metode Diskusi

Metode pembelajaran diskusi adalah proses yang melibatkan dua orang peserta atau lebih untuk saling berinteraksi dan bertukar pendapat, atau juga saling mempertahankan pendapat dalam memecahkan suatu masalah untuk mendapatkan kesepakatan.

 

Dibandingkan dengan metode ceramah, metode ini dapat meningkatkan pemahaman konsep anak dan juga keterampilan dalam memecahkan suatu permasalahan. Akan tetapi metode ini jika dalam transformasi pengetahuan hasilnya akan lambat dibanding dengan metode ceramah. 

 

3.   Metode Demonstrasi

Metode pembelajaran demonstrasi adalah metode pembelajaran yang bagus untuk menolong siswa mencari suatu jawaban atas pertanyaan-pertanyaan. Demonstrasi disebut sebagai metode pembelajaran karena bilamana seorang guru atau seorang siswa memperlihatkan suatu proses kepada seluruh siswa yang ada di kelas. Contohnya seperti : Cara membuat manisan, Bekerjanya suatu alat pencuci secara otomatis dan lain-lain.

 

4.   Metode Ceramah Plus

Metode pembelajaran ceramah plus merupakan suatu metode pengajaran yang menggunakan lebih dari satu metode yakni metode ceramah yang digabungkan dengan metode lainnya.

 Ada 3 macam metode pembelajaran ceramah plus yaitu:

a. Metode ceramah plus tanya jawab dan tugas

b. Metode ceramah plus diskusi dan tugas

c. Metode ceramah plus demonstrasi dan latihan

 

5.   Metode Eksperimental

Metode Pembelajaran Eksperimental adalah cara pengelolaan pembelajaran dimana siswa melakukan aktivitas percobaan dengan mengalami dan tentunya membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajarinya. Dalam metode ini siswa diberi kesempatan untuk menganalisis, mengamati, membuktikan dan menyimpulkan sendiri tentang suatu objek yang dipelajarinya.

 

6.   Metode Study Tour atau Karya Wisata

Study Tour atau karya wisata adalah salah satu metode mengajar dengan mengajak semua siswa atau peserta didik mengunjungi suatu objek guna memperluas pengetahuan dan akhirnya peserta didik membuat laporan hasil kunjungannya.

 

7.   Metode Latihan Keterampilan

Metode latihan keterampilan yakni suatu metode mengajar dengan memberikan ketrampilan secara berulang kepada semua siswa. dan pendidik atau guru mengajak nya langsung ke tempat latihan keterampilan untuk melihat proses suatu pembuatan karya keterampilan seperti membuat baju. Tujuan keterampilan ini untuk membentuk kebiasaan kepada semua siswa.

 

8.   Metode Pengajaran Beregu

Metode ini adalah salah satu metode mengajar dimana tenaga pendidik atau guru lebih dari satu orang yang masing-masingnya mempunyai tugas. Cara pengujiannya setiap guru/pendidik membuat soal kemudian digabung dan nantinya dikerjakan oleh semua siswanya.

 

9.   Peer Teaching Method

Metode ini bisa disebut belajar bersama teman yaitu suatu metode mengajar yang dibantu oleh temannya sendiri.

 

Itulah 9 Macam-macam metode pembelajaran yang bisa dikatakan wajib guru untuk menguasainya. Dengan 9 metode tersebut performance guru didepan kelas tentunya akan terlihat bagus dan spesial dimata peserta didik karena menyenangkan dan nyaman.

 

Catatan, mungkin sahabat pembaca setia dapodik.co.id  mengetahui lagi metode yang belum ada di dalam artikel ini, silahkan berikan komentarnya pada kolom komuntar yang telah disediakan di akhir postingan ini.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait 9 Macam Metode Pembelajaran Yang Wajib Guru Kuasai. Semoga ada manfaatnya, terima kasih

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.