Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Contoh Motivasi Belajar Anak Peserta Didik Sebelum Kegiatan Pembelajaran

DAPODIK.co.id - 4 Contoh Motivasi Belajar Anak Peserta Didik Sebelum Kegiatan Pembelajaran. Artikel kali ini masih terkait edukasi tentang pembahasan mengenai pentingnya motivasi kepada anak peserta didik sebelum kegiatan belajar mengajar di mulai atau KBM. Jika mendengar kata motivasi, tentunya kita sering mendengar disetiap kegiatan sehari-hari kita. 

 

Sahabat pembaca setia dapodik.co.id dimanapun anda berada, dalam dunia pendidikan khususnya tenaga pendidik atau guru selalu memberikan motivasi sebelum KBM di mulai. Kenapa karena dengan motivasi ini bisa menumbuhkan rasa ingin mengikuti kegiatan pembelajaran anak didik kita. Lalu, motivasi seperti apa yang seharusnya kita terapkan khususnya anak sekolah? Berikut penjelasannya.

 

4 Contoh Motivasi Belajar Anak Peserta Didik Sebelum Kegiatan Pembelajaran

 

4 Contoh Motivasi Belajar Anak Peserta Didik

Motivasi Belajar

 

4 Contoh Motivasi Belajar Pada Anak Peserta Didik :

 

1.   Bernyanyi

 

Bernyanyi merupakan kegiatan yang disenangi oleh anak-anak khususnya anak peserta didik. Dengan mengajak anak bernyanyi sebelum pembelajaran, anak akan peserta didik merasa senang dan semakin dekat dengan kita sehingga mau mengikuti kegiatan pembelajaran. 

 

Bernyanyi sangat cocok untuk dijadikan motivasi pembelajaran. Gunakan lagu anak-anak peserta didik atau lagu nasional yang berkaitan dengan pendidikan. Contohnya lagu : Indonesia Raya, Menanam jagung, Balonku dan lain-lain.

 

2.   Membahas Dongeng 

 

Mendengar kata dongeng sering identik dengan anak-anak peserta didik khususnya. Karena anak peserta didik suka cerita dongeng, dongeng juga bisa dijadikan sebagai motivasi belajar anak. Kita harus pandai mengaitkan dongeng tersebut dengan kehidupan sehari-hari kita. 

 

Contohnya dongeng Si Kancil. Karena si kancil terkenal dengan kepandaiannya, Kita berikan hal positif yang di ceritakan dalam dongeng sikancil tersebut. Karena dengan anak mendengarkan kepandaiaan sikancil otomatis anak termotivasi dan mau mengikuti kegiatan pembelajaran.

 

3.   Membahas Cita-Cita atau Hobi

 

Cita-cita dan hobi sangat identik dengan yang namanya manusia. Tidak jarang kita sering mendengar anak-anak membicarakan masalah ini. Cita-cita dan hobi ini bisa kita jadikan untuk motivasi anak untuk mau mengikuti pembelajaran. Pertama kita membahas dan menanyakan semua cita-cita dan juga hobinya pasti anak-anak peserta didik sangat suka dan hampir semua menjawab pertanyaan gurunya. 

 

Contohnya jika ada anak yang bercita-cita menjadi guru pujilah terlebih dahulu cita-cita anak tersebut lalu berikan motivasi. Seperti itulah jika kamu ingin menjadi guru maka rajinlah belajar dari sekarang karena setiap guru juga pasti memulai dari awal tidak langsung pintar seperti sekarang. Mendengar kata itu, otomatis anak mau mendengarkan dan mau mengikuti pembelajaran.

 

4.   Bersikap Ramah dan Murah Senyum

 

Kita sering mendengar keluhan anak peserta didik seperti tidak mau belajar karena gurunya jahat atau killer, galak, tidak gampang senyum dan lain sebagainya. Menurut admin dapodik.co.id, hal ini juga sangat berpengaruh terhadap minat anak untuk mengikuti pembelajaran. 

 

Karena dengan gurunya baik, ramah ataupun murah senyum anak-anak akan sangat suka terhadap gurunya. Maka dari itu lakukanlah hal ini selama kita berhadapan dengan anak supaya anak lebih dekat dengan kita dan mau mengikuti pembelajaran dengan efektif.

 

Contohnya, Bapak/ibu punya hadiah tapi hadiah ini akan bapak/ibu berikan kepada anak yang memperoleh nilai bagus saat menyelasaikan soal latihan nanti pada akhir pembelajaran. Mendengar perkataan tersebut, anak-anak pastinya akan termotivasi dan akan berlomba-lomba untuk memperoleh hasil yang maksimal.

 

Itulah penjelasan kegiatan motivasi kepada anak peserta didik menurut admin dapodik.co.id dan tentunya masih banyak lagi yang lainnya. Kegiatan itu juga jangan terlalu sering kita terapkan karena banyak sisi negatifnya contohnya anak kebiasaan dengan reward, anak mau kita bercerita terus dan lain lain.

 

Catatan, mungkin sahabat pembaca setia dapodik.co.id mengetahui lagi tantang Contoh Motivasi Belajar Anak Peserta Didik Sebelum Kegiatan Pembelajaran yang belum ada di dalam artikel ini, silahkan berikan komentarnya pada kolom komuntar yang telah disediakan di akhir postingan ini.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait 4 Contoh Motivasi Belajar Anak Peserta Didik Sebelum Kegiatan Pembelajaran. Semoga ada manfaatnya, terima kasih

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.


Posting Komentar untuk "4 Contoh Motivasi Belajar Anak Peserta Didik Sebelum Kegiatan Pembelajaran"