Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Alasan Siswa Menyontek

DAPODIK.co.id - 7 Alasan Siswa Menyontek. Sahabat pembaca setia dapodik.co.id dimanapun anda berada, kenapa sih menyontek seakan-akan sudah jadi budaya dan turun temurun dari generasi ke generasi? Simak penjelasan berikut ini.

 

Budaya mencontek telah cukup menjamur dikalangan para siswa, peserta didik maupun mahasiswa khususnya di Indonesia. Bukan tanpa alasan para siswa berani mencontek, mereka hnya ingin memperoleh nilai baik dengan segala cara dan trik-trik yang digunakanpun bermacam-macam.

 

Budaya ini sangat berbahaya karena akibat yang ditimbulkan cukup serius seperti mengikis rasa percaya diri siswa pada dirinya sendiri, membuat siswa berkecenderungan untuk malas, tidak adanya semangat untuk memeperoleh sesuatu, dan sikap curang yang tidak patut dicontoh.

 

Pengertian menyontek adalah perbuatan tidak jujur yang dilakukan seseorang dengan tujuan untuk mendapatkan keberhasilan. Mencontek atau menyontek pada anak peserta didik merupakan tindakan tidak terpuji yang ditandai dengan perilaku berikut:

1. Menggunakan bantuan yang melanggar peraturan atau perjanjian.

2. Saling bertukar jawaban dengan orang lain dengan berbagai cara.

3. Mencari jawaban di luar ruang ujian

4. Menyalin jawaban orang lain

 

7 Alasan Siswa Menyontek

 

Alasan Siswa Menyontek

Alasan Siswa Menyontek

Sebenarnya tiap siswa atau peserta didik memiliki alasan dibalik tindakan menyontek mereka. Alasan ini bisa saja berasal dari lingkungan, guru, bahkan bisa jadi Anda sebagai orangtua.  Sikap yang kurang baik ini menjadi kebiasaan pada siswa atau peserta didik bisa dipicu oleh beragam alasan, 7 Alasan Siswa Menyontek diantaranya:

 

1.   Adanya Kesempatan

 

Perilaku menyontek juga bisa muncul karena ada kesempatan. Saat guru ataupun orang tua di rumah tidak mengawasi, agar tugas mereka cepat selesai, menyontek menjadi solusi terbaik bagi sang siswa atau peserta didik. Pengawasan yang tidak ketat selama ujian menjadi peluang besar bagi anak untuk melakukan tindakan menyontek saat ujian.

 

2.   Kurang Percaya Diri

 

Faktor ini termasuk faktor utama yang menyebabkan siswa mencontek orang lain. Padahal belum tentu orang yang kita conteki benar. Untuk menanganinya guru pembimbing harus meningkatkan kepercayaan siswa pada dirinya sendiri.

 

3.   Malas Belajar

 

Hal ini patut di garis bawahi dan di stabilo. Kenapa?? Karena kebanyakan dari siswa yang mencontek adalah karena malasnya mereka belajar. Banyaknya materi, kurang paham dengan pelajaran yang diujikan sampai guru yang menyebalkan merupakan faktor yang mendorong para siswa enggan untuk belajar.

 

4.   Teman-teman yang Lain Sering Menyontek


Di kelas yang menjadi lingkungan tempat siswa belajar sangat mudah mempengaruhi perilaku anak. Saat anak melihat teman-temannya menyontek, dari kondisi tersebut siswa-siswi akan beranggapan bahwa mencontek boleh dilakukan.


Menyaksikan teman menyalin jawaban dari teman yang lainnya. Membuat siswa Anda cenderung melakukan peniruan terhadap tingkah laku mencontek tersebut. Dan saat siswa sudah terbiasa, alhasil anak akan semakin mahir menyontek sehingga tidak bisa lagi jika tanpa menyontek.

 

5.   Guru killer, menyebalkan dan membosankan

 

Biasanya para siswa menilai suatu pelajaran dari orang yang mengajarnya. Jika guru menjelaskan mudah dipahami maka kecenderungan siswa untuk belajar semakin meningkat.

 

6.    Pengawas Yang Lalai

 

Pengawas harus bisa pandai-pandai diri untuk mengawasi para siswa. Karena trik mencontek kini bermacam-macam mulai dari ijin pergi ke kamar mandi, menaruh kertas contekan di box, label, menggunakan bahasa gagu, bahkan ada yang menggunakan media uang untuk contekannya.


7.    Sanksi Yang Tidak Tegas

 

Ini yang membuat para siswa tidak jera-jera NYONTEK. Jika sanksi yang diterapkan oleh guru secara tegas kemungkinan mencontek akan berkurang.

 

Catatan, mungkin sahabat pembaca setia dapodik.co.id mengetahui lagi tantang 7 Alasan Siswa Menyontek yang belum ada di dalam artikel ini, silahkan berikan komentarnya pada kolom komuntar yang telah disediakan di akhir postingan ini.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait 7 Alasan Siswa Menyontek. Semoga ada manfaatnya, terima kasih

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.