Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menjadi Guru Yang Sukses

DAPODIK.co.id - 5 Cara Menjadi Guru Yang Sukses. Kesuksesan seorang guru bukan dilihat dari besarnya gaji yang diterima dan besarnya tunjangan yang diperoleh, namun berapa banyak peserta didik yang dapat berubah kearah yang lebih baik. Menjalankan profesi guru dari hati merupakan sebuah motivasi terbesar untuk menjalankan tugas sebagai seorang pendidik dengan tujuan menghantarkan peserta didik untuk meraih kesuksesan.

 

5 Cara Menjadi Guru Yang Sukses

 

Cara Menjadi Guru Yang Sukses

Untuk menjadi seorang guru yang sukses ada beberapa hal yang mesti dilakukannya:

 

1. Hubungan Yang Harmonis Antara Guru Dengan Peserta Didik

 

Guru adalah orang tua peserta didik disekolah. Keharmonisan hubungan antara guru dengan peserta didik akan memotivasi siswa untuk senang dengan gurunya. Kesenangan peserta didik terhadap seorang guru adalah langkah awal kesuksesan seorang guru. Sebagai seorang guru mesti berupaya untuk mengetahui keanekaragaman kecerdasan para peserta didik yang akhirnya berdampak pada keanekaragaman gaya belajar mereka. Kondisi ini menuntut guru tidak berhenti untuk belajar agar dapat melakukan inovasi dalam memenuhi gaya belajar peserta didik, dengan demikian hubungan antara guru dengan peserta didik akan semakin erat, karena peserta didik merasa kebutuhan cara belajar yang mereka kehendaki terpenuhi.

 

2.  Mengetahui Tentang Peserta Didik

 

Peserta didik bodoh, peserta didik nakal, peserta didik rajin dan peserta didik pandai ini merupakan kalimat yang sering muncul apabila seorang guru ditanya apa yang mereka ketahui tentang peserta didiknya. Mengetahui tentang peserta didik tidak terbatas pada mengetahui apa yang sering mereka lakukan di sekolah, karena guru tidak banyak tahu bagaimana kehidupan peserta didik di luar sekolah. Maka luangkan lah waktu untuk menyelami kehidupan peserta didik sehingga ini akan membantu guru bagaimana cara mengarahkan mereka kearah yang lebih baik. Tidaklah ilmiah seorang guru yang mengatakan peserta didik bodoh, peserta didik nakal bila tidak terlebih dahulu memahami banyak hal tentang peserta didiknya.

 

3. Memiliki Semangat Pengabdian

 

Keikhlasan seorang guru untuk mengajar dan mendidik tanpa membatasi waktu hanya jam disekolah yaitu seorang guru yang selalu siap sedia kapan saja peserta didiknya membutuhkan bimbingan dan arahannya. Keikhlasan seorang guru sebagai seorang pendidik dengan memberikan yang terbaik pada peserta didiknya sebagai modal untuk meaih kesuksesan, maka kesuksesan menjadi seorang guru telah berada dalam genggaman.

 

4. Penguasaan Pengelolaan  Ruang Kelas

 

Ruang kelas adalah yang di dalamya akan dijumpai begitu banyak fenomena yang mengandung berbagai pelajaran tentang hidup dan pembentukan karakter peserta didik. Keanekaragaman tingkah laku peserta didik sesuatu yang sangat mengasikkan untuk diteliti dan dipahami. Isnawati (2010) menyatakan Untuk menjadi seorang guru yang sukses mesti mengetahui cara-cara yang tepat untuk mengelola ruang kelas dimana proses pembelajaran berlangsung. Mengelola ruang kelas tidak hanya memberikan teguran dan berbagai macam peringatan kepada peserta didik sewaktu peserta didik membuat keributan. Namun bagaimana mengkondisikan sebuah ruang kelas yang penuh semangat, aktif dan memiliki motivasi yang tinggi agar para peserta didik dapat mempelajari berbagai macam karakter dari manusia-manusia yang ada di dalamnya.

 

5. Belajar Adalah Kebutuhan

 

Belajar seumur hidup mesti menjadi semboyan yang dimiliki seluruh guru. Perubahan zaman yang juga berdampak pada perubahan cara peserta didik dalam menerima pembelajaran menuntut guru untuk terus melakukan inovasi dalam pembelajaran. tidak sedikit peserta didik yang bolos dari sekolah dengan alasan jenuh dengan gaya belajar guru. Seorang guru yang baru berumur 50 tahun tidak membaca buku dengan alasan tidak memiliki kemampuan lagi menerima apa yang dibaca merupakan salah satu penyebab kegagalan pendidikan. Karena menganggap mengajar hanyalah sebuah rutinitas yang mesti diselesaikan. Peserta didik berhak mendapatkan lebih dari gurunya mereka berhak mendapatkan hal yang paling berarti dalam hidup mereka melalui kegiatan pembelajaran yang mereka lakukan bersama guru disekolah.

Demikian Artikel Terbaru Tentang 5 Cara Menjadi Guru Yang Sukses. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.


Posting Komentar untuk "5 Cara Menjadi Guru Yang Sukses"