Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

New Profil Sanitasi Sekolah Menengah Kejuruan Guna Pembukaan Sekolah di Tengah Pandemi

DAPODIK.co.id - New Profil Sanitasi Sekolah Menengah Kejuruan Guna Pembukaan Sekolah di Tengah Pandemi. Rencana pembukaan kembali kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah di tengah Pandemi perlu dipersiapkan dengan matang. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan oleh sekolah dan daerah yakni memastikan terlaksananya protocol kesehatan yang ketat dengan didukung oleh kelengkapan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, termasuk ketersediaan sarana air, sanitasi, dan kebersihan atau higiene. Kajian kebijakan ini disusun untuk mengetahu sejauh mana ketersediaan akses fasilitas sanitasi di sekolah khususnya di SMK.

 

Hasil analisa data menunjukkan bahwa ketercapaian indeks layanan dasar sekolah atas air, sanitasi, dan kebersihan untuk semua jenjang pendidikan masih rendah, lebih banyak sekolah yang belum memenuhi ketiga indikator indeks sanitasi sekolah dibandingkan dengan sekolah yang sudah memenuhi layanan dasar.

 

Untuk tingkat SMK, mayoritas sekolah memiliki indeks sanitasi pada layanan terbatas. Hal ini menunjukkan sebagian besar SMK hanya memiliki akses dasar pada satu atau maksimal dua indikator (air/sanitasi/kebersihan). Terkait hal tersebut, strategi yang dapat diambil yakni menyiapkan akses air, sanitasi, serta kebersihan didepan sekolah, melakukan percepatan pemenuhan ketersediaan sarana sanitasi sekolah, mengkampayekan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah, memberlakukan sistem pemantauan kondisi sanitasi sekolah serta memberikan apresiasi pada setiap kemajuan yang dilakukan oleh daerah dan sekolah.

 

Wacana pembukaan kembali kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah pada Januari 2021 yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menjadi perhatian para orangtua di Indonesia.

 

Orangtua mengalami dilema antara mengizinkan anak-anaknya untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar secara tatap muka atau tetap melaksanakan secara daring. Mengingat kondisi saat ini kasus Corona Virus Disease (COVID-19) yang terus meningkat, orang tua khawatir jika memberikan izin untuk tatap muka kembali.

 

Di lain sisi, anak sudah merasa jenuh belajar dari rimah dan sudah ingin segera bertemu teman-temannya di sekolah. Kebijakan pembelajaran tatap muka dimulai dari pemberian izin oleh Dinas Pendidikan dengan izin berjenjang dari satuan pendidikan kemudian dilanjutkan dari izin orang tua. Selain itu, dalam mempersipkan pembukaan kembali tatap muka di sekolah, sekolah harus memastikan terlaksananya protokol kesehatan yang ketat dengan didukug oleh kelengkapan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, termasuk ketersediaan sarana air, sanitasi, dan kebersihan atau higiene.

 

Standar pengelolaan fasilitas sanitasi sekolah telah tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 1429 tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaran Kesehatan Lingkungan Sekolah. Sanitasi sekolah dengan diikuti dengan praktik kebersihan yang aman merupakan salah satu pilar penting dalam memerangi penularan infeksi virus COVID-19. Fasilitas sanitasi sekolah harus memenuhi syarat kesehatan yang telah ditentukan agar dapat mendukung penyelenggaraan kesehatan lingkungan di sekolah dan mencegah penularan penyakit di lingkungan sekolah.

 

Selain itu, ketersediaan fasilitas kebersihan dasar, khususnya sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan Air mengalir menjadi salah satu syarat wajib bagi sekolah untuk dibuka kembali dalam rangka pandemi COVID-19.

 

Kajian ini dibuat untuk mengetahui sejauh mana kesipan sekolah dalam rangka pembukaan kembali sekolah. Kajian ini juga dapat dapat digunakan sebagai informasi tambahan untuk mempercepat perbaikan sarana sanitasi di sekolah. Diharapkan kajian yang dihasilkan dapat menjadi suatu pertimbangan bagi pihak yang terkait guna meningkatkan akses ke fasilitas dan layanan air, sanitasi dan kebersihan di sekolah, khususnya di Sekolah Menengah Kejuruan.

 

Pembukaan Sekolah di Tengah Pandemi

Paparan Serta Download New Profil Sanitasi Sekolah Menengah Kejuruan Guna Pembukaan Sekolah di Tengah Pandemi:



Download New Profil Sanitasi Sekolah Menengah Kejuruan Guna Pembukaan Sekolah di Tengah Pandemi Disini.


Demikian Artikel Terbaru Terkait New Profil Sanitasi Sekolah Menengah Kejuruan Guna Pembukaan Sekolah di Tengah Pandemi. Semoga Artikel Ini Bisa Bermanfaat, Sekian Dan Terima Kasih.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.