Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Mencegah Anak Yang Sudah Terlanjur Kecanduan Gadget

DAPODIK.co.id - 5 Tips Mencegah Anak Yang Sudah Terlanjur Kecanduan Gadget. Pada zaman yang sangat modern ini, sudah begitu banyak anak yang seringkali menghabiskan waktu bermainnya di depan layar, daripada mereka bermain di luar yang bisa menyehatkan tubuh. Dengan menghabiskan banyak waktu di depan layar, maka bisa mengganggu perkembangan otak, dan tentunya kebiasaan buruk ini tidak baik bagi kesehatan.

 

Apabila anak tidak pernah bergerak atau malas untuk bergerak, sudah tentu akan membuat anak menjadi lebih rentan terkena penyakit.

 

Oleh karena itu, simak tips mengatasi anak yang sudah sangat kecanduan gadget dengan beberapa hal yang ada di bawah ini:

 

Tips Mencegah Anak Yang Sudah Terlanjur Kecanduan Gadget

5 Tips Mencegah Anak Yang Sudah Terlanjur Kecanduan Gadget

 

1. Mulai Siapkan Jadwal Rutin

Peran penting orang tua di sini ialah agar bisa menghentikan kebiasaan anak dengan mengganti kebiasaan lama menjadi kebiasaan yang baru.

Walaupun pergantian ini membutuhkan cukup banyak waktu, maka kondisi ini bisa membantu anak tidak lagi bergantung terhadap perangkat elektronik seperti yang sebelumnya.

Salah satu contoh sederhananya ialah jika seusai makan, coba ganti kebiasaan yang berbeda dengan meluangkan sedikit waktu untuk bisa bermain di luar ruangan, sehingga anak lupa akan kebiasaan lamanya bermain gadget.

 

2. Kegiatan Fisik Bukan Hanya Olahraga Saja!

Penting untuk diketahui ya, Kegiatan fisik itu sendiri tidak hanya olahraga saja.

Apabila anda sangat memaksa anak anda untuk bisa melakukan kegiatan olahraga secara rutin, justru anak akan berpikir jika dengan olahraga, adalah salah satu tugas yang harus diemban oleh mereka.

Aktivitas lain seperti contohnya berjalan, bermain bola, melompat-lompat, hingga bersepeda bisa membantunya keluar dari kecanduan gadget.

 

3. Berikan Pilihan Pada Anak

Agar anak bisa lebih aktif dalam bergerak, anda sebagai orang tua bisa melibatkan anak untuk bisa memilih aktivitas apa yang akan dan ingin dilakukan.

Sebenarnya, banyak ide kreatif yang muncul dan bisa anda lakukan, seperti bermain petak umpet.

 

4. Jangan Iming-Imingi Suatu Hadiah

Kebanyakan orang tua sekarang salah karena senang memberikan iming-iming hadiah, jika anak telah berhasil melakukan atau menggapai sesuatu, bisa dikatakan puncak prestasi sang anak.

Olahraga memang bukan kewajiban yang harus dipaksakan.

Akan tetapi, sang anak harus dibiasakan dengan berolahraga sehingga nantinya, sang anak bisa melakukan olahraga tanpa disuruh lagi oleh orang tuanya.

 

5. Jangan Pernah Paksa Si Anak

Bagi anda para orang tua, jangan pernah memaksa anak untuk melakukan kegiatan fisik dalam jangka waktu yang tertentu.

Biarkan bagi anak untuk bisa bebas memilih waktu yang tepat dalam melakukan kegiatan fisik bagi dirinya sendiri.

 

Demikian Artikel terbaru Ini Dibuat sebagai Referensi Terkait 5 Tips Mencegah Anak Yang Sudah Terlanjur Kecanduan Gadget. Semoga Artikel Ini Bisa Bermanfaat, Sekian Dan Terima Kasih.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan.


Posting Komentar untuk "5 Tips Mencegah Anak Yang Sudah Terlanjur Kecanduan Gadget"