Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Bahaya Terlalu Memanjakan Anak

DAPODIK.CO.ID - 6 Bahaya Terlalu Memanjakan Anak. Setiap orang tua pasti sangat mencintai dan menyayangi anaknya. Atas kasih sayangnya tersebut setiap orang tua pasti rela untuk melakukan dan memberikan apapun asal anak nya bahagia. 


Akhirnya karena saking sayangnya orang tua kepada anak segala apa yang anak minta berusaha dipenuhi. Pada akhirnya kita sudah memberikan kasih sayang berlebih dan tanpa sadar kita sudah terlalu memanjakan anak. Tahukah anda ternyata terlalu memanjakan anak itu berbahaya, Apa sajakah bahaya dari terlalu memanjakan anak?

 


Berikut ini uraiannya 6 Bahaya Terlalu Memanjakan Anak:

 

1.   TAK MAU BEKERJA KERAS

Anak yang terlalu dimanjakan oleh orang tuanya tidak akan mau bekerja keras untuk memperoleh sesuatu dikarenakan ia sudah terbiasa untuk menerima segala sesuatunya ada begitu saja dari orang tuanya. Sehingga jika dibandingkan dengan anak lainnya etos kerja yang ia miliki sangat.

 

2.   MENGHALALKAN SEGALA CARA

Anak yang dimanjakan oleh orang tuanya sudah terbiasa untuk mendapatkan segala sesuatu yang ia inginkan. Dan hal itu akan terus berlanjut hingga ia dewasa, maka ketika ia tidak mendapatkan sesuatu yang ia inginkan. Ia akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan apa yang ia inginkan sekalipun cara yang ia gunakan itu tidak baik. Tentu anda tidak menginginkan anak anda seperti itu kan.

 

3.   EGOIS

Karena segala sesuatu yang ia inginkan sudah biasa ia dapatkan, maka ketika suatu saat ia dihadapkan pada suatu sitausi dimana ia harus mengalah demi orang lain ia tidak akan mau. Ia pasti akan selalu mementingkan keinginannya meskipun tidak terlalu penting. Ia tidak akan mau berkorban untuk orang lain. Ia tidak akan pernah terpikir untuk membantu orang lain karena apa yang ia inginkan sudah ia peroleh dengan mudah hanya dari orang tuanya.

 

4.   TIDAK BISA MENERIMA KEKALAHAN

Dalam mengerjakan suatu hal atau berkompetisi kadang kita mengalami kegagalan ataupun kekalahan. Anak yang terlalu dimanjakan oleh orang tuanya tidak akan bisa menerima hal tersebut dikarenakan segala apa yang ia inginkan sudah biasa ia dapat. Ketika ia mengalami suatu kekalahan ia bisa saja mengamuk dan marah-marah tidak jelas atas kekalahannya itu.

 

5.   MEMILIKI ATITUDE YANG BURUK

Karena sudah terbiasa mendapatkan apa yang ia inginkan, maka ketika ia tidak mendapatkan sesuatu yang ia inginkan tersebut. Ia akan menunjukan perilaku yang buruk, seperti marah-marah pada orang tuanya, menyuruh orang lain agar mengabulkan keinginannya dengan seenaknya, menindas orang lain demi terpenuhi keinginannya, dan lain sebagainya.

 

6.   TIDAK MANDIRI

Untuk memperoleh sesuatu ia pasti bergantung pada orang lain entah itu orang tua, keluarga, atau teman. Hal ini disebabkan karena ia terbiasa menerima segala sesuatu sudah dalam keadaan beres.

Anda sebagai orang tua tentu tidak maukan jika anak anda mengalami hal-hal di atas. Oleh karena itu jika anda punya kebiasaan terlalu memanjakan anak anda maka segeralah hentikan. Berilah ia kasih sayang yang sewajarnya, karena memanjakan hanya akan membuat ia tidak tau bagaimana harusnya menjalani hidup.


Posting Komentar untuk "6 Bahaya Terlalu Memanjakan Anak"