Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sel Tumbuhan, Pengertian Sel Tumbuhan, Jenis-Jenis Sel Tumbuhan, Bagian dan Fungsi Sel Tumbuhan

DAPODIK.co.id - Sel Tumbuhan, Pengertian Sel Tumbuhan, Jenis-Jenis Sel Tumbuhan, Bagian dan Fungsi Sel Tumbuhan.



Tumbuhan mempunyai bagian-bagian terpenting yang mempunyai fungsi tersendiri. Sebagaimana manusia, tumbuhan juga memiliki sel sebagai salah satu elemen terkecil dari makhluk hidup. Sel tumbuhanmemiliki jumlah yang begitu banyak dengan beragam jenis, bagian, dan fungsinya masing-masing.

 

Pengertian Sel Tumbuhan

 

Sel tumbuhan adalah kelompok sel eukarotik yang dibungkus olej membran. Adapun eukarotik sendiri merupakan sekelompok sel yang memiliki materi genetik. Sel pada tumbuhan sifatnya lebih kaku karena letaknya berada pada dinding sel yang paling luar. Sementara, dinding sel tersebut terdiri atas beberapa bagian seperti selulosa, pectin, hemiselulosa, dan lignin.

 

Selain itu, dinding sel pada tumbuhan bisa berkembang secara maksimal dan juga memiliki vakuola yang besar. Ia juga terdiri dari organel, sitoplasma, struktur subselular yang ditutupi oleh membrane sel sebagai lapisan pelindungnya.

 

Jadi, sederhananya sel tumbuhanmerupakan komponen penggerak bagi tumbuhan itu sendiri. Susunan dan jenisnya beragam serta mempunyai manfaat masing-masing untuk kehidupan tumbuhan. Karena itu, antara satu jenis sel dengan yang lainnya masih terdapat keterkaitan.

 

Jenis-Jenis Sel Tumbuhan

 

Tumbuhan mempunyai beberapa jenis sel, diantaranya adalah:

a.  Sel parenkim

Merupakan sel yang berfungsi menyimpan hasil fotosintesis atau makanan tumbuhan. Bentuknya tipis serta permaebel, dimana ia bisa tumbuh menjadi duri sebagai pelindung tumbuhan dari binatang herbivora.

 

b.  Sel sklerenkim

Adalah sel yang tersusun atas serta dan sklereid. Sifatnya sangat keras dan kuat yang berfungsi sebagai kekuatan bagi tumbuhan. Sayangnya, ia tidak bisa bertahan lama dan mudah mati serta bisa menimbulkan rongga kosong dalam tumbuhan.

 

c.   Sel kolenkim

Adalah sel yang berasal dari meristem, dimana sebelumnya bentuknya mirip dengan parenkim. Jenis sel ini hanya mempunyai satu dinding penting yang sudah matang. Bentuknya lebih tebal, memanjang, dan cenderung kaku.

 

d.  Sel xylem

Merupakan sel yang berfungsi sebagai pengangkuti zat hara dan air dari tanah menuju bagian tumbuhan yang lainnya khususnya daun supaya berfotosintesis. Jadi, keberadaannya sangat penting dalam pertanahan hidup tumbuhan.

 

e.  Sel floem

Adalah jenis sel yang berfungsi sebagai pengangkut zat-zat makanan pada tumbuhan, seperti sukrosa dan sebagainya. ia tersusun atas dua bagian yaitu tabung saringan dan sel pendamping yang keduanya masih saling tersambung letaknya.

 

f.    Sel epidemis

Yaitu jenis sel parenkim khusus yang berada di semua permukaan batang, daun, dan akar. Jadi, sel ini letaknya berada di paling luar dalam struktur elemen tumbuhan.

 

Bagian dan Fungsi Sel Tumbuhan

 

Adapun bagian dan fungsi sel yang ada pada tumbuhan adalah sebagai berikut:

a.    Inti sel atau nucleus

Merupakan bagian sel yang begitu penting dan cukup unik, sebab ia merupakan tempat yang paling utama untuk menyimpan kromosom dari sel lainnya. Fungsi lainnya adalah mengumpulkan segala proses metabolism yang terjadi dalam tubuh tumbuhan seperti pembelahan sel, pertumbuhan sel hingga sintesis protein.

 

b.  Kloropas atau plastida

Merupakan bagian yang berfungsi untuk memberi atau membawa pigmen dalam tumbuhan, atau bisa dikatakan sebagai pembawa warna seperti daun yang hijau dan sebagainya. Hal itu disebabkan ia mengandung pigmen klorofil hijau yang membantu tumbuhan melakukan fotosintesis.

Artinya, zat hijau daun tersebut bisa membantu tumbuhan mendapatkan makanan melalui banyak hal seperti air, sinar matahari, dan bahkan karbondioksida.

 

c.   Vakuola

Merupakan membran atau bagian sel yang paling luar. Fungsi utamanya adalah tempat menyimpan serta mengatur tekanan tugor sel dalam tumbuhan. Vakula ini umumnya ada lebih dari satu yang membutuhkan banyak ruang dalam tumbuhan. Hal itu wajar saja, mengingat bagian ini sering menjadi tempat penyimpanan berbagai senyawa kimia.

 

Bukan hanya itu, bagian penting ini juga berfungsi sebagai tempat melakukan ekskresi segala barang seperti makanan dan lainnya dalam tumbuhan. Dengan begitu, limbah atau sisa produksi makanan tersebut bisa tersingkirkan.

 

d.  Peroksisom

Merupakan bagian sel yang mengandung enzim antiracun, diman sering disebut sebagai sitoplasma. Enzim yang ada di dalamya mampu menghancurkan zat metabolism asam lemak menjadi gula biasa dalam tumbuhan. Selain itu juga dapat membantu tumbuhan melakukan fotorespirasi.

 

e.  Mitokondria

Merupakan bagian sel yang semacam tabung atau silinder, dimana letaknya ada di dalam situplasma. Bagian ini berfungsi untuk mengolah karbohidrat yang masuk dalam tumbuhan hingga memanfaatkan kandungan gula didalamnya secara maksimal.

 

Ia mengandung suatu enzim yang dapat memasok energi semua jenis atau bagian sel lainnya. Selain itu juga berguna sebagai tempat respirasi aerop untuk membentuk ATP sebagai sumber energy yang paling utama pada tumbuhan. Karena itu, seringkali mitokondria disebut juga sebagai tenaga listrik bagi sel.

 

f.    Ribosom

Merupakan bagian sel yang terkecil, dimana bentuknya seperti butiran nucleoprotein. Meskipun begitu, ia masih tersusun oleh beberapa bagian penting yaitu RNA ribosom, RNAr serta protein. Ia berfungsi untuk memproduksi atau mengolah protein yang masuk di dalam sel tumbuhan.

 

g.  Retikulum endoplasma

Merupakan bagian sel yang menghubungkan antara inti dengan sitoplasma pada sel sebuah tumbuhan. Bisa dikatakan bagian ini adalah konektor yang mempunyai saluran atau jaringan yang rumit.

 

Bagian ini mempunyai fungsi sebagai tempat menyimpan kalsium, menetralkan racun, dan menyatukan lemak dengan kolesterol dalam hati. Selain itu juga dapat mengelola protein yang sudah disintesiskan oleh ribosom untuk kemudian dikirim menuju golgi sampai keluar dari sel.

 

Fungsi bagian konektor ini adalah untuk mengangkut sisa lemak dam steroid yang berserakan dalam tumbuhan. Selain itu juga sebagai tempat menyimpan banyak hal seperti steroid, glikolipid, dan fospolipid serta mampu mengeluarkan racun dari dalam organ tumbuhan. Dengan begitu, ia bisa menawar racun yang masuk dalam tubuh tumbuhan.

 

h.  Apparatus golgi

Atau yang sering disebut sebagai badan golgi merupakan kelompok vesikel berbentuk pipih serta bergelombang. Letaknya tidak jauh dari membran sel yang berfungsi sebagai pengangkat zat kimia dari dalam sel tumbuhan. Selain itu juga dapat mengeluarkan zat kimia tersebut dari sel.

 

Tanpa sel, makhluk semacam tumbuhan tidak bisa hidup secara maksimal dan bahkan bisa mati. Setiap jenis sel dalam tumbuhan dan bagiannya mempunyai keterkaitan yang saling membantu satu sama lainnya. Tentu saja sel yang dimiliki tumbuhan ini berbeda dengan yang ada pada hewan maupun manusia.