Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Coulomb, Bunyi Hukum Coulomb, Terapan Hukum Coulomb dalam Kehidupan, Biografi Penemu Hukum Coulomb, dan Charles Augustin de Coulomb

DAPODIK.co.id - Hukum Coulomb, Bunyi Hukum Coulomb, Terapan Hukum Coulomb dalam Kehidupan, Biografi Penemu Hukum Coulomb, dan Charles Augustin de Coulomb.



Hukum coulomb adalah hukum yang di dalamnya memuat gaya pada muatan-muatan listrik, di mana sifat muatan ini adalah muatan positif dan muatan negatif. Sama seperti hukum lainnya, penamaan coulomb ditentukan dari nama penemunya, yakni fisikawan Perancis, Charles Augustin de Coulomb.

 

Pembahasan mengenai salah satu materi fisika ini akan kita ulas sedetail mungkin pada sub pembahasan di bawah ini. Mulai dari bunyi hukumnya sampai dengan hal lainnya yang penting untuk dipelajari.

 

Bunyi Hukum Coulomb

 

Hukum coulomb memiliki arti yang kurang lebih berbunyi gaya tarik menarik dan tolak menolak dua benda dengan muatan listrik berbanding lurus dengan muatan benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda. Kurang lebih bunyinya seperti itu, meskipun tidak dikutip persis.

 

Contoh sederhananya adalah ada dua benda, katakan saja benda 1 dan benda 2. Kedua benda tersebut ada pada jarak tertentu di ruang hampa udara. Tolak menolak akan terjadi jika besar muatan pada dua benda tersebut sama. Tarik menarik akan terjadi apabila muatan pada kedua benda tersebut berbeda.

 

Jika diaplikasikan dalam rumus matematis, ada beberapa keterangan pada hukum listrik coulomb ini. Ada F yang disebut sebagai gaya coulomb dalam N, ada k sebagai konstanta pembanding (9x109 Nm2/C2). Ada juga q1 yang artinya besar muatan 1 dalam C, q2 besar muatan 2 dalam C, dan r yang artinya jarak antara muatan dalam satuan m.

 

Kelihatannya hukum kelistrikan coulomb ini nyaris sama seperti hukum newton sebab keduanya sama-sama memiliki perbandingan kuadrat yang terbalik. Namun, yang membedakannya adalah apabila gaya gravitasi pada hukum newton selalu tarik menarik, maka pada hukum listrik satu ini bisa tarik menarik dan juga bisa tolak menolak.

 

Terapan Hukum Coulomb dalam Kehidupan

 

1.    Halilintar

Hukum coulomb dalam kehidupan di sekitar kita dapat ditemui pada beberapa kejadian, seperti adanya halilintar yang kerap terjadi sebelum hujan datang. Terjadinya halilintar ini karena awan sedang dalam kondisi netral, di mana jumlah proton dan neutron ada pada jumlah yang sama, seimbang, tidak beda.

 

Kondisi tersebut tidak bertahan lama karena hujan turun sehingga mengakibatkan gesekan partikel awan dengan udara sehingga efeknya awan akan bermuatan listrik statis. Pelepasan muatan listrik dari awan ini akan menghasilkan bunga api listrik yang dikenallah oleh kita sebagai halilintar kala mendung.

 

2.    Mesin Fotokopi Elektrostastik

Di samping diaplikasikan atau sudah melekat betul pada halilintar, hukum kelistrikan coulomb juga dapat kita temukan pada mesin fotokopi elektrostastik. Kerap memanfaatkan jasa fotokopi, Anda harus tahu prinsip kerja mesin fotokopi adalah adanya tarik menarik diantara muatan tidak sejenis.

 

Muatan tidak sejenis tersebut berupa silinder alumunium berlapis selenium yang dilapisi dengan muatan positif, lantas silinder tersebut disinari menggunakan proyeksi gambar yang hendak digandakan. Proses kelistrikan seperti ini yang terjadi pada mesin fotokopi membuat Anda bisa menggandakan berbagai dokumen.

 

Perbedaan Hukum Coulomb dan Medan Listrik

 

Hukum coulomb dan medan listrik memiliki persamaan yang penting untuk dipelajari. Keduanya merupakan materi penting dalam dunia fisika yang tidak hanya wajib diketahui oleh pelajar fisika saja, namun bagi Anda yang tidak mempelajari fisika secara formal. Sebab ilmu berhak dipelajari siapa saja.

 

Secara garis besar, hukum kelistrikan coulomb merupakan gaya listrik yang timbul dari dua benda bermuatan listrik, di mana kedua benda itu dipengaruhi oleh dua faktor. Kedua faktor tersebut akan menimbulkan muatan listrik dari setiap benda yang sama besar, berbeda halnya pada kuadrat jarak di masing-masing benda lengkap dengan muatan listrik.

 

Lain coulomb, lain pula medan listrik, sebab pengertian dari medan listrik ini adalah hal-hal yang berada di sekitar benda bermuatan listrik. Dua benda tersebut akan menghasilkan gaya yang berbeda, bisa tarik menarik atau tolak menolak, bergantung pada faktor pendukung komponen listrik pada kedua benda itu.

 

Ketika Anda tidak sengaja tersetrum, bisa jadi kabel yang Anda pegang itu bermuatan keduanya, yakni positif dan negatif. Sebab Anda tidak akan bereaksi apa pun jika kabel yang Anda pegang cukup bermuatan negatif saja atau bermuatan positif saja. Biasanya arus listrik lebih kuat jika tidak sengaja kabel terkelupas dan tercebur ke dalam air.

 

Medan listrik memiliki sifat, diantaranya skema medan listrik tidak mudah dipotong. Skema gaya listrik juga kerap menuju radial dan berhenti di muatan positif, namun kemudian bertemu di muatan negatif. Semakin rapat skema listriknya maka otomatis akan semakin kuat pula arus listrik yang akan diterima.

 

Biografi Penemu Hukum Coulomb, Charles Augustin de Coulomb

 

Biografi tokoh fisika yang berjasa ini akan kita bahas secara singkat saja sebagai referensi pengetahuan dalam dunia fisika. Charles Augustin de Coulomb menemukan hukum coulomb pada tahun 1785, dengan sebelumnya beliau juga pernah tercatat sebagai penemu neraca punter pada tahun 1777 silam.

 

Di samping menjadi penemu dua hal tersebut, Coulomb juga tercatat sebagai insinyur militer dan inspektur jenderal pendidikan dan pengarang. Coulomb telah hidup di dunia selama 70 tahun, bermula ketika beliau dilahirkan tahun 1736 di Augouleme, Perancis dan meninggal di tahun 1806 pada Agustus.

 

Bukan hanya masyhur karena beliau diberkati kemampuan untuk mengukur gaya listrik dengan akurat, namun juga beliau diberikan kemampuan lebih untuk mengukur gaya magnetic. Tidak heran ketika kita mempelajari hukum kelistrikan coulomb, satuan yang kerap ditemukan ada C, itu diambil dari nama beliau, yakni Coulomb.

 

Coulomb yang merupakan anak pasangan bangsawan ini pernah bersekolah di perguruan teknologi pertama dunia, yakni Institut Teknologi di Mezieres. Di tempat itulah cikal bakalnya beliau menjadi fisikawan pertama yang menemukan gaya coulomb, di mana hukum tersebut dipelajari di seantero dunia sampai sekarang ini.

 

Beliau pernah tercatat sebagai pengawas pembangunan benteng di Martinigue selama 10 tahun lamanya. Sayangnya, kesehatan yang tidak mendukung membuat beliau harus rela kembali ke Perancis. Akan tetapi, justru dari kembalinya beliau ke Perancis, di situlah awal mula ditemukannya neraca puntir pada tahun 1777 tersebut.

 

Coulomb pernah tercatat menjabat sebagai inspektur jenderal pendidikan atas pengangkatan dari Napoleon Bonaparte yang kala itu berkuasa di Perancis. Banyak sekali kiprah Coulomb yang sudah berlalu lama sekali dalam dunia fisika, satu diantaranya adalah meninggalkan hukum coulomb.


Posting Komentar untuk "Hukum Coulomb, Bunyi Hukum Coulomb, Terapan Hukum Coulomb dalam Kehidupan, Biografi Penemu Hukum Coulomb, dan Charles Augustin de Coulomb"