Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Sukses Menghadapi Pretest PPG Dalam Jabatan

DAPODIK.CO.ID - 4 Tips Sukses Menghadapi Pretest PPG Dalam Jabatan. Dengan mengikuti Program PPG Dalam Jabatan, guru yang sudah dinyatakan lulus akan mendapatkan penghargaan atas usaha dan kerja kerasnya dalam mencapai predikat sebagai Guru Profesional. Penghargaan tersebut berupa sebuah tunjangan yang akan dibayarkan pada tiap bulannya.

 

Proses pelaksanaan Program PPG untuk mendapatkan predikat sebagai Guru Profesional tidaklah mudah, ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh calon peserta Guru Profesional, diantaranya adalah tahapan seleksi administrasi, tahapan Uji Kompetensi (pretest), tahapan Daring (Pembelajaran secara online), tahapan Perkuliahan, tahapan PPL, tahapn UKIN (Uji Kinerja) dan tahapan UP (Uji Pengetahuan).

 

Oleh karena itu, bagi rekan guru yang sudah dinyatakan lolos pada tahapan seleksi administrasi yang dilakukan oleh Kanwil, maka persiapkan diri anda baik mental maupun pengetahuan untuk menghadapi tahapan Pretest PPG. 

 

Untuk membantu bapak/ ibu guru se nusantara yang akan mengikuti Uji Kompetensi yang akan dilaksanakan pada waktu dekat ini, admin dapodik.co.id akan berbagi 4 Tips agar didalam pelaksanaan pretest nanti bapak/ ibu guru bisa menyelesaikannya dengan baik.

 

Perlu anda ketahui Tips yang akan admin bagikan ini merupakan pengalaman dari salah satu admin yang sudah menyelesaikan PPG pada tahun kemarin.

 


4 Tips Sukses Menghadapi Pretest PPG Dalam Jabatan

 

Tips Pertama Pretest PPG Dalam Jabatan

Tips yang pertama ini bapak/ ibu guru harus menguasai materi yang akan di ujikan nanti, silahkan bapak/ ibu guru pelajari materi-materi tersebut beserta kisi-kisi pretest PPG Dalam Jabatan pada tahun sebelumnya, karena dengan bapak/ ibu guru mempelajari kisi-kisi tersebut bapak/ ibu guru akan mempunyai wawasan tentang materi yang akan di ujikan nanti. Cakupan materi pada kisi-kisi Pretes tersebut sangat terperinci sesuai dengan bidangnya masing-masing

Tips Kedua Pretest PPG Dalam Jabatan

Setelah bapak/ ibu guru menguasai materi Uji Kompetensi bapak/ ibu guru harus perhatikan soal yang diberikan, silahkan bapak/ ibu guru pahami jenis-jenis soal yang ada di monitor, tergolong dalam kategori apa soal tersebut, menurut sumber yang terkait bahwa jenis soal yang akan di ujikan memeuat 4 jenis soal yaitu:

ü  Tes Potensi Akademik

Soal yang diberikan pada TPA ini meliputi Psikotest, hubungan sebuah kata, deretan angka dan hubungan suatu bentuk. Jumlah soal yang diberikan pada Tes ini kira-kira 40 soal dengan waktu antara 25 menit.

ü  Tes Pedagogik

Soal yang debirikan pada tes pedagogik ini seputar tentang pengetahuan anda dalam kompetensi yang harus ada pada seorang guru meliputi RPP, macam-macam Pembelajaran, menilai dan mengefaluasi pembelajaran, silahkan anda pelajari komponen-komponen yang ada dalam RPP dan macam pembelajaran lainnya.

ü  Tes Bidang Studi

Untuk tes bidang Studi ini, seperti yang sudah mimin sebutkan diatas yakni terbatas pada mata pelajaran Akidah Akhlak, Alquran  Hadist, Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Bahasa lnggris, Bimbingan dan Konseling (Konselor), Biologi, Ekonomi, Fiqih, Fisika, Geografi, Guru Kelas Ml, Guru Kelas RA, llmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Kimia, Matematika, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Pendidikan  Pancasila dan Kewarganegaraan  (PKn), Sejarah, SKI, Sosiologi, Tata Busana,  dan TIK.Silahkan anda pelajari materi dari Mata Pelajaran yang anda ajukan saat pendaftaran.

ü  Tes Bakat dan Minat

Pada tes ini anda akan diberikan soal mengenai keseharian anda dalam mengajar peserta didik meliputi Gerakan Literasi, penanaman karakter dan lain sebagainya.

 

Tips Ketiga Pretest PPG Dalam Jabatan

Silahkan bapak/ ibu guru gunakan waktu yang di berikan dengan sebaik-baiknya, karena waktu terus berjalan.

Perhatikan waktu yang terpampang pada layar monitor sebelah kanan atas layar monitor bapak/ ibu guru jangan berlama-lama pada satu soal, silahkan anda kerjakan soal yang menurut anda mudah terlebih dahulu jangan sampai waktu habis pada sebagian soal yang sulit sementara soal yang mudah anda abaikan.

 

Tips Keempat Pretest PPG Dalam Jabatan

Tips yang teakhir adalan Berdo'a pada Tuhan Yang Maha Kuasa. Tips ini merupakan kegiatan yang harus bapak/ ibu guru lakukan baik sebelum mengerjakan soal atau sesudah engerjakan soal bahkan setelah bapak/ ibu guru selesai melaksanakan tahapan pretest PPG

Silahkan bapak/ ibu guru perbanyaklah berdoa'a kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena kita sebagai manusia yang hanya bisa berencana sedangkan yang menentukan hanyalah Tuhan Yang Maha Kuasa semata.

 

Demikian Penyampaian 4 Tips Sukses Menghadapi Pretest PPG Dalam Jabatan. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "4 Tips Sukses Menghadapi Pretest PPG Dalam Jabatan"