Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Manfaat Mendongeng Untuk Anak Ayah dan Bunda

DAPODIK.CO.ID - 4 Manfaat Mendongeng Untuk Anak Ayah dan Bunda. Bacain dongeng buat si kecil bisa dimulai sejak mereka usia dini, lho. Tidak perlu khawatir mereka belum bisa memahami cerita yang ayah dan bunda bacakan, karena sejumlah penelitian menyebutkan banyak manfaat membacakan cerita atau mendongeng untuk anak bahkan sejak mereka usia dini (1-6 tahun).

 

Salah satu manfaat mendongeng adalah membantu si kecil mengenali kosakata sejak kecil. Saat ayah dan bunda membacakan cerita, si kecil akan belajar mengenal suara, kosakata, dan bahasa. Semakin sering mendengar cerita yang bervariasi, semakin banyak jumlah kata yang mereka simpan di kepala dan ini dapat membantu keterampilan komunikasi si kecil baik saat berbicara maupun membaca. Nah, itu masih salah satunya aja, yuk simak manfaat penting lainnya.

 


4 Manfaat Mendongeng Untuk Anak Ayah dan Bunda

 

1.   Mendongeng akan meningkatkan imajinasi si kecil

Imajinasi memiliki peranan penting dalam perkembangan mereka. Imajinasi dapat mendorong si kecil berpikir kreatif dan cepat dalam menganalisa sesuatu. Namun karena perkembangan imajinasi pada setiap anak berbeda-beda, maka orang tua perlu memberi rangsangan agar imajinasi anak berkembang dengan baik. Salah satunya dengan membacakan cerita.

 

Sebuah penelitian dari Emory University menyebutkan bahwa membaca cerita fiksi dapat meningkatkan fungsi otak pada berbagai tingkatan. Penelitian ini mengibaratkan imajinasi yang berkembang saat membaca cerita sama seperti berkembangnya otot yang terus dilatih saat berolahraga. Untuk si kecil kesayangan, bacaan yang direkomendasikan tentunya bacaan dengan narasi cerita yang kuat dan memiliki pesan positif ya.

 

2.   Saat mendengarkan dongeng, kemampuan kognitif anak juga terbangun

Secara sederhana, kognitif dapat diartikan sebagai kemampuan anak untuk memahami sesuatu. Pada anak usia 2-5 tahun hal ini termasuk kemampuan mengingat, menggunakan kata-kata dalam komunikasi, memecahkan masalah, kemampuan bernalar dan kemampuan untuk fokus pada rentang waktu tertentu.

 

Pada saat membacakan cerita untuk si kecil, mereka didorong untuk fokus pada cerita yang kita sampaikan. Anak-anak juga belajar untuk sabar saat mendengarkan orang tua bercerita dan mereka akan belajar memahami cerita sesuai penafsiran mereka.

 

3.   Merangsang minat baca anak secara tidak langsung

Buku cerita anak umumnya berisi rangkaian gambar yang menarik sebagai stimulus anak agar tertarik untuk membaca. Jika anak memiliki minat yang tinggi untuk membaca, maka apapun medianya tidak akan menjadi halangan bagi anak untuk membaca. Semakin sering orang tua membacakan cerita anak akan semakin mudah untuk menyukai kegiatan membaca.

 

4.   Membangun hubungan yang hangat antara orang tua dan anak

Quality time antara ayah bunda dan si kecil bisa diisi dengan hal-hal sederhana seperti membacakan mereka dongeng atau cerita sehingga bisa meningkatkan ikatan orang tua dan anak dan membangun hubungan yang lebih hangat. Ayah dan ibu bisa membuat jadwal rutin mendongeng sekitar 15-30 menit sebelum tidur. Bagi anak, momen ini juga akan menjadi momen favoritnya yang akan terus dikenang hingga dewasa.

 

Nah, ternyata banyak sekali manfaat dari mendongeng dan membacakan cerita untuk anak sejak usia dini. Yuk mulai mendongeng cerita kesayangan untuk si kecil!

 

Demikian 4 Manfaat Mendongeng Untuk Anak Ayah dan Bunda. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

Posting Komentar untuk "4 Manfaat Mendongeng Untuk Anak Ayah dan Bunda"