Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Pengisian Sanitasi Sekolah Pada Aplikasi Dapodik Versi 2021 Jenjang PAUD-SD-SMP-SMA-SMK-SLB

DAPODIK.CO.ID - Panduan Pengisian Sanitasi Sekolah Pada Aplikasi Dapodik Versi 2021 Jenjang PAUD-SD-SMP-SMA-SMK-SLB. Sanitasi sekolah merupakan salah satu prioritas pembangunan yang termasuk kedalam tujuan dari Sustainable Development Goals (SDGs).


Tujuan tersebut adalah “Membangun dan meningkatkan fasilitas pendidikan yang ramah anak, penyandang disabilitas, gender, serta memberikan lingkungan belajar yang aman, tanpa kekerasan, inklusif, dan efektif bagi semua”.

 

Lebih rinci lagi pada tujuan di atas mengenai proporsi sekolah dengan akses ke air minum layak, fasilitas sanitasi dasar menurut jenis kelamin, dan fasilitas cuci tangan yang sudah ada pada Aplikasi Dapodik sebelumnya.

 

Pada Aplikasi Dapodik Versi 2021 terdapat penambahan pada variabel sanitasi sekolah. Untuk itu kami menerbitkan Panduan Pengisian Sanitasi Sekolah Pada Aplikasi Dapodik Versi 2021 agar memberikan kemudahan kepada petugas pendataan dan warga sekolah yang hendak mengimplementasikan pengisian data sanitasi sekolah melalui Aplikasi Dapodik Versi 2021.



Panduan Pengisian Sanitasi Sekolah Pada Aplikasi Dapodik Versi 2021 Jenjang PAUD-SD-SMP-SMA-SMK-SLB


Secara garis besar, isian sanitasi sekolah terdiri dari tiga bagian yaitu:


Pada bagian pertama yakni variabel SDGs terdiri atas :

 (a) air bersih,

(b) jamban sekolah,

(c) cuci tangan pakai sabun (CTPS),

(d) pengelolaan limbah cair, dan

(e) pengelolaan sampah.

 

Pada bagian kedua:

Terdapa instrumen yang terkait dengan stratifikasi UKS untuk mengukur perkembangan pelaksanaan sanitasi sekolah.

 

Pada bagian ketiga:

Sekolah mengisi instrumen terkait kegiatan dan media Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) tentang sanitasi sekolah. Upaya KIE perlu dilakukan guna meningkatkan pengetahuan warga sekolah dan menumbuhkan perilaku hidup bersih dan sehat.

 

Paparan Serta Unduh Panduan Pengisian Sanitasi Sekolah Pada Aplikasi Dapodik Versi 2021 Jenjang PAUD-SD-SMP-SMA-SMK-SLB Sebagai Berikut:


 

Link Unduh Panduan Pengisian Sanitasi Sekolah Pada Aplikasi Dapodik Versi 2021 Jenjang PAUD-SD-SMP-SMA-SMK-SLB (Klik Disini).


Demikian Informasi Terbaru Terkait Panduan Pengisian Sanitasi Sekolah Pada Aplikasi Dapodik Versi 2021 Jenjang PAUD-SD-SMP-SMA-SMK-SLB. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.


Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Panduan Pengisian Sanitasi Sekolah Pada Aplikasi Dapodik Versi 2021 Jenjang PAUD-SD-SMP-SMA-SMK-SLB"