Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Nama Guru Honor Yang Bisa Mendaftar Seleksi PPPK Terbaru, Cek Nama Anda Terdaftar Di Kemendikbud

DAPODIK.CO.ID - Cara Cek Nama Guru Honor Yang Bisa Mendaftar Seleksi PPPK Terbaru, Cek Nama Anda Terdaftar Di Kemendikbud. Salah satu Syarat dan Ketentuan yang berlaku untuk bisa mengikuti Seleksi PPPK  adalah Guru tersebut harus sudah terdata ke Aplikasi Dapodik. 

 

Selain itu, Guru yang ingin mendaftar seleksi PPPK terbaru juga diwajibkan untuk melakukan Verifikasi dan Validasi Ijazah atau Verval Ijazah di laman Info GTK  artinya, verval ijazah ini  merupakan tahap pertama Seleksi PPPK.


Caranya untuk mengecek bahwa data Guru yang sudah masuk ke Aplikasi Dapodik dan sudah masuk pada Database Kemendikbud secara mandiri tanpa bantuan Operator Dapodik.


Kemendikbud sudah menyediakan website yang di dalamnya terdapat fasilitas yang bisa digunakan untuk melihat secara lengkap daftar PTK yang aktif di Dapodik dan masuk dalam database Kemendikbud di seluruh Jenjang pendidikan, baik guru honor PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK.


Didalam website yang disediakan Kemendikbud tersebut menampilkan data agregat total data GTK yang bersumber dari Aplikasi Dapodik yang merupakan sistem pendataan pendidikan untuk pengelolaan data pendidikan nasional yang meliputi Satuan Pendidikan, Peserta Didik, Guru dan Tenaga KependidikanBaik jenjang PAUDNI, Dikdas, dan Dikmen.


Penting Untuk Dipahami Dunia Pendidikan Sebagai Berikut:


Kualifikasi akademik yang dimaksudkan di atas adalah tingkat pendidikan minimal yang harus dipenuhi oleh seorang guru yang dibuktikan dengan ijazah dan/atau sertifikat keahlian yang relevan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
Kompetensi sebagai agen pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan menengah serta pendidikan anak usia dini meliputi: * Kompetensi pedagogik; * Kompetensi kepribadian; * Kompetensi profesional; dan * Kompetensi sosial.

Guru meliputi pendidik pada TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SDLB/SMPLB/SMALB, SMK/MAK, satuan pendidikan Paket A, Paket B dan Paket C, dan guru pada lembaga kursus dan pelatihan.


Berikut Ini Adalah Cek Daftar Nama Guru Honorer Terdaftar di Dashboard GTK Kemendikbud Seluruh Indonesia:

1.  Langkah pertama adalah anda harus login di   http://dashboardgtk.data.kemdikbud.go.id/home.php/ atau klik di   https://referensi.data.kemdikbud.go.id/dashboardgtk/telusur.php?id=30
2.  Terdapat tab Sabaran, silahkan anda klik untuk menuju tab pencarian Cek Data GTK/Guru Honorer.


3.  Mulailah anda masukan pencarian dari provinsi, kabupaten/kota, bentuk Pendidikan kemudian klik TAMPIL.


4.  Langkah selanjutnya, rol mause ke bawah dan akan tampak data sekolah.


5.  Silahkan cari nama sekolah anda.

6.  Setelah mencari sekolah anda maka akan tampak semua nama GTK/ Guru di sekolah anda.

Jika nama anda tidak di temukan maka terbukti bahwa anda belum masuk pada aplikasi dapodik, solusinya silahkan hubungi operator sekolah agar operator sekolah mengajukan nama anda ke dinas agar di masukan pada aplikasi dapodik sekolah.

Karena jumlah trafik web yang cukup tinggi, laman Dashboard GTK lumayan sulit untuk diakses. Untuk mengantisipasi hal tersebut,  reload browser apabila tidak menampilkan data apapun atau bisa dicoba dilain waktu.

Demikian Artikel Terbaru Terkait Cara Cek Nama Guru Honor Yang Bisa Mendaftar Seleksi PPPK Terbaru, Cek Nama Anda Terdaftar Di Kemendikbud. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.


Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

16 komentar untuk "Cara Cek Nama Guru Honor Yang Bisa Mendaftar Seleksi PPPK Terbaru, Cek Nama Anda Terdaftar Di Kemendikbud"

  1. tidak muncul, sedang pemeliharaan rutin tertulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. bwenar sekali, sekarang dalam masa perbaikan. pantau saja teris webnya

      Hapus
  2. Cara cek nama guru honorer yg terdata di kemendikbud

    BalasHapus
  3. Kapan aplikasi dapodik versi baru tahun ajaran 2021/2022 rilis?

    BalasHapus
  4. jika nama guru telah dinonaktifkan dari dapodik sekolah dikarenakan mengundurkan diri, apakah nama ybs masih terdata pada gtk

    BalasHapus
  5. Bagaimana cara pengecekannya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk sekarang sudah di tutup linknya

      Hapus
  6. Anonim21:48

    Jika saya mengajar 2016 sampai 2018 dan 2019 saya tidak mengajar tapi nama saya Muncul di PPPK apakah saya bisa daftar PPPK

    BalasHapus
  7. Anonim23:47

    Untuk tutor PKBM apakah bisa daftar p3k data sudah singkron dengan dapodik🙏

    BalasHapus
  8. Anonim07:24

    Halo kak, dapodik saya sudah dikeluari (mutasi) dari sekolah sebelumnya karena saya resign. Apakah bisa daftar pppk?

    BalasHapus
  9. Anonim11:30

    Kapan perubahan tmt berubah

    BalasHapus
  10. Anonim13:11

    Kita sdh Honor 2 th di SMA N kelengkapan administrasi sudah dibuat ke dinas sampai sekarang belum keluar juga depodiknya . Mohon apa solusi nya supaya dapat mengikuti test Guru PPPK , terimakasih saran &Pendapatnya

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.