Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Panduan Penilaian Berbasis Kelas/Teknik-teknik Penilaian Formatif Kelas Untuk SMP Terbaru

DAOPDIK.CO.ID - Buku  Panduan Penilaian  Berbasis  Kelas/Teknik-teknik  Penilaian  Formatif  Kelas  Untuk  SMP Terbaru. Pendidikan  saat  ini  bertujuan  untuk  menghasilkan  insan  Indonesia  yang  cerdas  dan kompetitif.  Insan  yang  dimaksud  adalah  lulusan  yang  memiliki  sikap,  pengetahuan,  dan keterampilan  yang  optimal  sesuai  dengan  taraf  perkembangan  dan  jenjang  pendidikan masing-masing.  Selain  itu,  lulusan  diharapkan  memperoleh  kecakapan  abad  ke-21  yang mampu  menjadikan  setiap  insan  Indonesia  hidup  dalam  tantangan  abad  ke-21  dan berkontribusi  secara  memadai  terhadap  pengembangan  peradaban  dunia. 

 

Kecakapankecakapan yang dimaksud mencakup kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah, berinovasi  dan  berkreasi,  berkomunikasi,  dan  berkolaborasi.  Lulusan  juga  ditargetkan mempunyai literasi digital (literasi informasi, media, dan teknologi) di samping kecakapankecakapan  hidup  lainnya  seperti  fleksibilitas  dan  adaptabilitas,  produktivitas  dan akuntabilitas, dan kepemimpinan dan tanggungjawab.

 

Tujuan  pendidikan  tersebut  akan  dapat  dicapai  dengan  efektif  dan  efisien  apabila  proses pembelajaran  dirancang  dan  dilaksanakan  dengan  baik.  Pertama,  guru  merancang pembelajaran  berdasarkan  hasil  analisis  kebutuhan  siswa,  misalnya  pengetahuan, keterampilan,  dan  sikap  awal  mereka.  Kedua,  guru  memfasilitasi  siswa  memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap serta kecakapan-kecakapan lainnya melalui kegiatan pembelajaran  aktif  baik  di  dalam  maupun  di  luar  kelas.  Ketiga,  selama  pelajaran berlangsung,  guru  bersama-sama  dengan  siswa  memantau/ mengecek  perkembangan penguasaan kompetensi siswa untuk mengetahui apakah setiap siswa mencapai penguasaan sebagaimana  diharapkan,  dan  apakah  proses  pembelajaran  perlu  perbaikan  (penyesuaian).

 

Apabila  pemantauan  kemajuan  penguasaan  kompetensi  menunjukkan  bahwa  setiap  siswa telah  mencapai  kemajuan  yang  ditargetkan  secara  optimal,  proses  pembelajaran  dapat dilanjutkan  tanpa  perlu  adanya  perbaikan/penyesuaian.  Apabila  sebaliknya,  guru  perlu melakukan  perbaikan  (penyesuaian)  terhadap  proses  pembelajaran  yang  telah  dirancang untuk memastikan bahwa setiap siswa mencapai kemajuan  yang maksimal.  Kegiatan guru (bersama-sama dengan siswa) memantau/ mengecek kemajuan penguasaan kompetensi yang diikuti  dengan  upaya  perbaikan  dan/atau  penyesuaian  kegiatan  pembelajaran  untuk memfasilitasi setiap siswa mencapai penguasaan yang diharapkan disebut penilaian formatif (formative assessment)  atau yang juga disebut penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning).

 

Setiap guru profesional perlu melakukan  penilaian  formatif  dengan  baik  karena  untuk memperoleh  informasi  dari  pemantauan  kemajuan  penguasaan  kompetensi  dalam melaksanakan  pembelajaran  yang  menjamin  pencapaian  optimal  bagi  setiap  siswa.

 

Walaupun  pada  umumnya,  baik  secara  sadar  atau  tidak,  guru  telah  melakukan  penilaian formatif, sebagian besar dari mereka belum melakukannya secara terencana dan konsisten dengan  frekuensi  dan  kualitas  yang  memadai  karena  beberapa  alasan.  Di  antara  alasanalasan  tersebut  adalah  karena  terbatasnya  pengetahuan  mengenai  berbagai  macam  teknik penilaian  formatif.  Penilaian-penilaian  yang  biasa  dilakukan  oleh  guru  adalah  penilaian sumatif  dengan  tujuan  untuk  mengukur  pencapaian  belajar  siswa  yang  digunakan  untuk membuat  keputusan  apakah  siswa  lulus  atau  tidak  lulus,  naik  atau  tidak  naik  kelas,  atau lanjut atau tidak ke kompetensi berikutnya.

 

Penulisan buku ini didorong oleh idealisme untuk menciptakan pembelajaran  yang  efektif agar pencapaian belajar semua siswa optimal. Sejalan dengan prinsip-prinsip pembelajaran abad  ke-21,  kegiatan  pembelajaran  dirancang  dan  dilaksanakan  dengan  memperhatikan kebutuhan  siswa  pada  setiap  tahapan  belajar  (student-centered  learning). 

 

Pelaksanaan pembelajaran merupakan kegiatan  yang  dinamis,  menyesuaikan  dengan  perkembangan penguasaan kompetensi oleh siswa, selain motivasi dan gaya belajar siswa serta aspek-aspek lain  yang  berpengaruh  dalam  proses  pembelajaran.  Penyesuaian-penyesuaian  kegiatan pembelajaran tersebut hanya akan dapat dilakukan apabila penilaian formatif yang menyatu dengan proses pembelajaran dilakukan. Penilaian formatif memungkinkan guru memperoleh informasi  mengenai  perkembangan  penguasaan  kompetensi  siswa  pada  setiap  tahap pembelajaran. 

 

Informasi  tersebut  sangat  berguna  bagi  guru  untuk  mengambil  tindakantindakan yang diperlukan untuk memastikan bahwa setiap siswa mencapai penguasaan yang optimum.

 

Semua guru diharapkan mempelajari berbagai macam teknik penilaian formatif agar dapat melaksanakan  penilaian formatif dengan baik untuk memastikan bahwa pembelajaran yang disajikan efektif bagi setiap siswa sehingga penguasaan kompetensi siswa optimum. 

 


Paparan Buku  Panduan Penilaian  Berbasis  Kelas/Teknik-teknik  Penilaian  Formatif  Kelas  Untuk  SMP Terbaru:

 


Buku Penilaian  Berbasis  Kelas/Teknik-teknik Penilaian Formatif Untuk Sekolah  Menengah Pertama ini disusun untuk memberi inspirasi kepada para  guru SMP dalam melaksanakan penilaian formatif yang menyatu dengan pembelajaran yang  disajikannya.  Secara  singkat dalam  buku  ini  disajikan konsep  penilaian  formatif  yang  disertai  contoh-contoh  yang diambilkan dari praktik sehari-hari agar para guru memiliki pengetahuan dan keterampilan praktis dalam melaksanakan penilaian formatif.


Link Unduh Buku  Panduan Penilaian  Berbasis  Kelas/Teknik-teknik  Penilaian  Formatif  Kelas  Untuk  SMP Terbaru (Klik Disini).

 

Demikian Informasi Terbaru Terkait Buku  Panduan Penilaian  Berbasis  Kelas/Teknik-teknik  Penilaian  Formatif  Kelas  Untuk  SMP Terbaru. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Buku Panduan Penilaian Berbasis Kelas/Teknik-teknik Penilaian Formatif Kelas Untuk SMP Terbaru"