Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Guru Sudah Atau Belum Masuk Komunitas Di SIM PKB

DAPODIK.CO.ID - Cara Mengetahui Guru Sudah Atau Belum Guru Masuk  Komunitas Di SIM PKB. Program Guru Pembelajar  yang dilaksanakan pada tahun yang lalu akan berlanjut di tahun berikutnya dengan nama dan pola yang agak berbeda dari tahun sebelumnya. Jika di tahun yang lalu namanya adalah Guru Pembelajar Online (GPO), maka di tahun sekarang namanya adalah SIM PKB. Pola pembelajarannya pun sekarang berbasis kepada KKG/ MGMP.

 


Setiap guru yang mengajar di semua jenjang harus memiliki akun di SIM PKB. Selain itu guru juga harus terdaftar di komunitas yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya. Bagi guru yang telah ikut UKG tahun sebelumnya, tentu sudah punya akun di SIM PKB. Tinggal login dan lakukan aktivasi serta verifikasi terhadap data miliknya sesuai data ril sekarang. Jika lupa password tinggal minta di reset ke ketua komunitas atau admin dinas pendidikan.

 

Nah, bagi guru yang belum ikut UKG maka harus melakukan registrasi dulu dan mengikuti pretest yang merupakan prasyarat mengikuti PKG. Demikian pula guru yang pindah mapel atau tempat tugas mengajar, harus mengajukan surat permohonan ke dinas dengan membawa lembar permohonan yang di print dari akun SIM PKB masing-masing. Dan yang terpenting adalah semua guru yang telah memiliki akun harus ikut atau masuk dalam komunitas.

 

Cara Mengetahui Guru Sudah Atau Belum Masuk Komunitas Di SIM PKB

 

Nah, untuk melihat guru apakah kita sudah masuk komunitas atau belum, anda bisa melihat di akun masing-masing. Caranya sangat mudah yaitu login dengan user id dan password yang dimiliki. Setelah itu di bagian berada di bawah foto anda kemudia lihat di KOMUNITAS ANDA, apakah anda sudah ada komunitas atau belum. Jika sudah anda sudah masuk di komunitas, maka tampilannya adalah sebagai gambar berikut yang diberi kotak mera:

 


Demikian Artikel Terbaru Terkait Cara Mengetahui Guru Sudah Atau Belum Masuk Komunitas Di SIM PKB. Semoga Ada Manfaatnya, Terima kasih.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


23 komentar untuk "Cara Mengetahui Guru Sudah Atau Belum Masuk Komunitas Di SIM PKB"

  1. BELUM ADA DI SIMPKB UNTUK UPLOAD BERKAS PPG YA MIN

    BalasHapus
  2. Saya13:44

    Min saya kan tadinya ngajar di SMK, sekarang pindah ke SMP Negeri. Mau login sim pkb tapi lupa passwordnya. Ini saya harus gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan lakukan reset paswor dengan bantuan KKG/ MGMP atau bisa juga menghubungi operator dinas

      Hapus
  3. Cara masuk komunitas bagaimana ya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari saja artikel kami di sini dengan judul
      Cara Guru Masuk di Komunitas GTK - Komunitas SIM PKB

      Hapus
  4. Ka saya sudah terdaftar di kkg.tapi pas saya klik di komunitas kkg,data komunitas tidak di tdmukan itu knp ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau guru kelas, cari ketua komunitas KKG
      kalau guru mapel maka silahkan cari ketua komunitas MGMP
      agar bisa di masukan ke komunitas

      Hapus
  5. KK saya sudah dftr SIM PKB
    Tapi tidak bis gabung kemunitas tidak bs diklik

    BalasHapus
    Balasan
    1. silagkan bertemu dengan ketua komunintas di daerah atau ke operator dinas

      Hapus
  6. Min saya di tahun 2015 ngajar di Sd dan sudah memiliki nomor UKG saya tahun 2016 pindah ngajar Di SMA password Ni.ukg saya lupa tolong penjelasannya min

    BalasHapus
  7. selamat pagi ,, sy guru di slb, tp S1 sy guru mapel,, sementara di komunitas ikut komunitas guru Autis,, untuk ikut ppg ini apakah sy harus pindha komunitas

    BalasHapus
  8. bisa minta info terkait data ... saya login dgn simpkb tercatat sebagai peserta PPG saya lihat profil dan belum sampai saya isi data maupun uploud berkas terus ketutup dan tidak bisa buka lagi sepertinya sudah ke lock oleh sistem..bisakah dibantu. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca saja disini
      https://www.dapodik.co.id/2022/02/terlengkap-tanya-jawab-seleksi.html

      Hapus
  9. Pak apakah daftr ppg harus bergabung dengan komunitas?
    Sy mau tanya pak
    Sy guru sd bhs inggris trus sy mau daftr kdlm anggota komunits mgmp
    Tp ketua komunits menolk sy sbg anggota?
    Jd sy hrs bagaimna pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, mgmp itu untuk jenjang SMP
      jenjang SD, komunitasnya adalah KKG
      jadi silahkan menghubungi komunitasnya KKG

      Hapus
  10. ya, mgmp itu untuk jenjang SMP
    jenjang SD, komunitasnya adalah KKG
    jadi silahkan menghubungi komunitasnya KKG

    BalasHapus
  11. Bagaimana cara daftar guru baru ke dalam komunitas?mohon bantuan dan solusinya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari caranya di dalam artikel ini

      Hapus
  12. Anonim19:31

    Min mau tanya kan saya sudah buat sim pkb dan kata pihak mgmp ny sudah di tambahkan ke dlm komunitas, tapi di akun saya masih tertulis "ANDA BELUM BERGABUNG KE KOMUNITAS MANAPUN" tapi pihak mgmp ny bilang sudah ditambahkan jadi itu gimana ya min?
    Apakah akun nya rusak atay apa ?

    BalasHapus
  13. Anonim06:49

    Pagi kak, ijin bertanya..saya tergabung dalam komunitas mgmp ipa, baru lulus ukmppg mapel yg linier dengan S1 saya dan mapel ppv tersebut linier ke mapel prakarya. Pertanyaannya apakah saya harus pindah komunitas mgmp sesuai dengan linieritas serdik saya? Apa saya nunggu terbit dulu nrg baru pindah komunitas? Terima kasihsw

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.