Lomba Jurnalis STIK Pendidikan dan Kebudayaan 2020 Siswa Indonesia Untuk Siswa SMA/MA/SMK 2020

DAPODIK.CO.ID - Lomba Jurnalis STIK  Pendidikan dan Kebudayaan 2020 Siswa Indonesia Untuk Siswa SMA/MA/SMK 2020. Dalam rangka meningkatkan motivasi peserta didik SMA/SMK/MA dalam situasi pandemic Covid-19, maka Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merasa perlu mewadahi prestasi peserta didik dari rumah, khususnya peserta didik SMA/SMK/MA di bidang jurnalistik.

Jurnalistik menjadi penting untuk para peserta didik, karena di dalam jurnalisme terdapat elemen-elemen yang relevan yang perlu diajarkan kepada para peserta didik tentang bagaimana mereka harus menjalani hidup sehari-hari (teori ini dibahas oleh Bill Kovach dan Tom Rosentiel). Elemen pertama  adalah  kebenaran. 

Bukankah hidup pun begitu? Hidup bukan hanya tentang  menjalani kegembiraan dan kesakitan. Kita harus tahu kebenaran sesungguhnya, mengapa manusia ada? Mengapa kita melakukan ini dan itu dalam hidup? Elemen yang ke dua adalah “Loyalitas pertama jurnalisme adalah pada masyarakat”.


Pada tahun 2020, pertama kalinya Pusat Prestasi Nasional akan menyelenggarakan  Lomba Jurnalistik Siswa Indonesia (LJSI) yang dibuka untuk peserta didik SMA/SMK/MA Lomba ini dilaksanakan dalam rangka membangun manusia Indonesia yang berkarakter  mengutamakan kejujuran, kebenaran dan verifikasi atau validitas suatu berita.

Selain itu, dengan kegiatan ini, diharapkan peserta didik akan  menjadi pribadi yang  mampu berempati  terhadap  lingkungan sekitarnya, cerdas dalam menangkap suatu kejadian dan mengabadikannya dalam bentuk tulisan maupun fotografi, serta mampu menyampaikan pesan-pesan positif dalam tulisan maupun foto yangdiciptakannya. Dengan demikian, LJSI menjadi wadah bagi para siswa SMA/SMK/MA untukmengaktualisasikan bakat, minat, dan kemampuan dalam bidang jurnalistik dan fotografi.

Lomba ini tidak dipungut biaya.

Keputusan Panitia tidak dapat diganggu gugat.

Lomba Jurnalis STIK  Pendidikan dan Kebudayaan 2020  Siswa Indonesia Untuk Siswa SMA/MA/SMK 2020

PERSYARATAN/KRITERIA LOMBA

Persyaratan Peserta Umum
Berikut kualifikasi persyaratan yang harus dipenuhi olehseluruh peserta :
1.    Siswa berkewarganegaraan Indonesia (WNI).
2.    Siswa SMA/MA/SMK kelas  X, XI  dan/atau XII,  negeri  ataupun swasta  (yang  dapat dibuktikan dengan melampirkan identitas diri (copy Kartu Pelajar/ KTP/ SIM/ Paspor), surat pengantar atau surat tugas dari sekolah, dan surat izin orang tua), dokumen persyaratan ini diunggah di laman sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/jurnalistik.
3.    Karya orisinil dan tidak sedang dilombakan, dalam sengketa, atau klaim dari pihak lain. (dibuktikan dengan melampirkan surat pernyataan).
4.    Panitia berhak mendiskualifikasi karya jika:
a.    Karya terbukti tidak orisinil atau menjiplak karya lain,
b.    Sedang dalam sengketa,
c.    Mendapatkan klaim dari pihak lain.
5.    Peserta hanya dapat mengikuti satu kategori lomba (feature atau fotografi), dan hanya dapat mendaftarkan  satu  saja  karyanya.  Karya  yang  telah  diunggah  tidak  dapat  diganti  atau dihapus oleh peserta.
6.    Keputusan Panitia dan juri LJSI 2020 mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
7.    Pendaftaran  dilakukan  secara  online  melalui  Portal  LJSI  dengan  alamat sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/jurnalistik.

Persyaratan Khusus:
1.    Kategori Artikel Feature
a.    Bentuk tulisan: Feature
b.    eature yang dilombakansudah pernah terbit di media internal sekolah, baik media newlater, dsb) atau lamansekolah.
c.    Tulisan dimasukkan  melalui kolom teks editor yang telah disediakan dalam aplikasi disertai bukti pemuatan setelah dipindai (scan) dan diunggah paling lambat tanggal 31 Agustus 2020, pukul 16.00 WIB melalui laman resmi Lomba Jurnalistik Siswa Indonesia yaitu: sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/jurnalistik
d.    Artikel belum pernah/tidaksedang diikutsertakan dalam lomba apapun
e.    Tidak duplikatif atau replikatif
f.       Tulisan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, maksimal 8.000 karakter dengan spasi
g.    Peserta hanya boleh mengirimkan 1 naskah artikel
h.    Setiap  peserta  wajib  mengisi  form  identitas  pengirim  yaitu:  nama,  alamat,  nomor telepon/ponsel, NISN, serta mengunggah bukti pemuatan.
i.      Panitia  berhak  menggunakan  bahan  tulisan  yang  diikutsertakan  dalam  lomba  untuk keperluan publikasi Kemendikbud
j.      Keputusan panitia tidak bisa diganggu gugat.
k.    Lomba ini tidak dipungut biaya

2.    Kategori Fotografi
a.    Tema: “Merdeka Belajar, Gelora Budaya, Indonesia Bahagia” Lomba karya fotografi yang menggambarkan gairah dan semangat pendidikan dan budaya dalam citra bangsa indonesia yang rukun dan bahagia.
b.    Foto yang diikutsertakan tidak mengandung SARA dan Pornografi.
c.    Belum  Pernah  diikutsertakan  dalam  lomba  apapun  dan  tidak  sedang  disertakan dalam lomba foto lainnya.
d.    Foto berwarna (Full Colour) tanpa watermark.
e.    Foto yang dikirim adalah foto asli karya sendiri dan tidak mengandung rekayasa (menambah/mengurangi isi foto, mengubah warna).
f.      Rekayasa digital yang diperbolehkan sebatas cropping, penyesuaian brightness, dan kontras.
g.    Mencantumkan judul foto dan narasi singkat (wajib, maksimal 100 kata).
h.    Tiap peserta hanya dapat mengirimkan 1 karya foto.
i.      Mengirimkan foto dalam format .jpeg dengan ukuran resolusi panjang maksimum 30cm (lebar mengikuti) 150dpi.
j.      Kamera  yang  dapat  digunakan  dalam  lomba  DLSR/kamera  saku,  kamera smartphone high resolution. Foto drone tidak diperbolehkan.
k.    Mengunggah foto beserta caption di akun instagram pribadi dengan mention akun @puspresnas  dan  tagar  #merdekabelajar,  #gelorabudaya,  #indonesiabahagia #lombafoto2020 dan follow akun instagram @puspresnas
l.      Foto dibuat pada periode 1 November 2019 sampai 31 Agustus 2020.
m.   Foto diterima panitia paling lambat tanggal 31 Agustus 2020, pukul 16.00 WIB (waktu panitia).
n.    Pemenang wajib mengirimkan file foto asli.
o.    Panitia  berhak  menggugurkan  karya  foto  apabila  diketahui  tidak sesuai  dengan kriteria lomba.
p.    Kemendikbud berhak menggunakan/memublikasikan foto yang masuk ke panitia untuk kepentingan nonkomersial  Kemendikbud. Panitia dibebaskan dari tuntutan pihak ketiga (Objek Foto) apabila foto diperlukan untuk keperluan di atas.
q.    Keputusan Panitia lomba tidak dapat diganggu gugat.
r.     Lomba ini tidak dipungut biaya.

Lomba Jurnalis STIK  Pendidikan dan Kebudayaan 2020 Siswa Indonesia Untuk Siswa SMA/MA/SMK 2020

Paparan Buku Pedoman Lomba Jurnalis STIK Siswa Indonesia Untuk Siswa SMA/MA/SMK 2020:




Selengkapnya, Silahkan Unduh Buku Pedoman Lomba Jurnalis STIK Siswa Indonesia Untuk Siswa SMA/MA/SMK 2020:

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Lomba Jurnalis STIK Pendidikan dan Kebudayaan 2020 Siswa Indonesia Untuk Siswa SMA/MA/SMK 2020"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel