Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lomba Artikel Opini Kategore Guru, Pendidikan dan Kebudayaan 2020

DAPODIK.CO.ID - Lomba Artikel Opini Kategore Guru, Pendidikan dan Kebudayaan 2020. Dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia tahun 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menggelar lomba foto serta artikel jurnalistik terkait pendidikan dan kebudayaan. Lomba ini dapat diikuti oleh pelajar SMA/SMK/MA, guru, dosen, wartawan, dan masyarakat umum lain yang tidak termasuk kategori tersebut.
 
Tema lomba adalah "Merdeka Belajar, Gelora Budaya, Indonesia Bahagia".
 
Selain pelajar SMA/SMK/MA yang hanya dapat mengikuti satu lomba saja, peserta kategori lain dapat mengikuti lomba foto dan lomba artikel sekaligus, atau hanya salah satu saja. Namun, peserta hanya diperkenankan mengikuti satu kategori untuk masing-masing lomba, sesuai dengan profesi peserta tersebut. Bila diketahui ada peserta yanng mengikuti lebih dari satu kategori pada lomba yang sama, peserta tersebut akan didiskualifikasi.
 
Pendaftaran dan pengiriman karya lomba dimulai 1 Agustus hingga 31 Agustus 2020  pada tautan yang tersedia. Pemenang akan diumumkan pada akhir September 2020 melalui laman dan akun resmi media sosial Kemendikbud.
 
Lomba ini tidak dipungut biaya.
 
Keputusan Panitia tidak dapat diganggu gugat.



Lomba Artikel Opini Kategore Guru, Pendidikan dan Kebudayaan 2020

Ketentuan Lomba Artikel Opini Kategori Guru

1.    Bentuk tulisan : Opini.

2.    Dimuat di media massa cetak atau media massa daring (online) nasional atau daerah yang terbit di Indonesia (bukan media internal, blog, atau sejenisnya) antara 1 November 2019 – 31 Agustus 2020.

3.    Peserta adalah guru yang aktif mengajar dibuktikan dengan NUPTK atau surat keterangan dari pimpinan satuan pendidikan tempat mengajar.

4.    Karya dikirimkan melalui tautan  http://ringkas.kemdikbud.go.id/lombaartikelguru  paling lambat tanggal 31 Agustus 2020, pukul 16.00 WIB dengan melampirkan:
a.    Identitas yang meliputi: nama, alamat domisili, posel (email), nomor ponsel/handphone, Nomor Induk Kependudukan (NIK), unggah KTP/SIM/identitas lain, unggah NUPTK/surat keterangan dari satuan pendidikan tempat mengajar;
b.    Artikel yang diikutsertakan dalam lomba dikirimkan dalam bentuk teks dengan format Ms. Word (*doc/docx/rtf), sesuai isi tulisan yang dimuat di media massa. Naskah tidak mencantumkan identitas penulis dan media yang memuat/menerbitkan;
c.    Bukti pemuatan tulisan di media massa. Bagi yang dimuat di media cetak bukti pemuatan merupakan hasil pindai (scan) dalam format JPG atau PDF. Sedangkan yang dimuat di media daring mengirimkan tautan (link) tulisan tersebut.

5.    Artikel tidak sedang diikutsertakan dan/atau tidak pernah menjadi pemenang pada lomba apapun.

6.    Tidak duplikatif atau replikatif.

7.    Lengkap/tuntas (masalah-Sebab-Akibat-Solusi).

8.    Tulisan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, maksimal 8.000 karakter dengan spasi.

9.    Peserta dapat mengirimkan maksimal 3 naskah artikel

10. File yang dikirimkan/diunggah maksimal 2Mb.

11. Penulis bukan pegawai Kemendikbud.

12. Panitia berhak menggunakan bahan tulisan yang diikutsertakan dalam lomba untuk keperluan publikasi Kemendikbud.

13. Keputusan panitia tidak bisa diganggu gugat.

14. Hadiah pemenang sebagai berikut:
a.    Pemenang I    :  sertifikat dan uang tunai Rp. 10.000.000 (dipotong pajak).
b.    Pemenang II   :  sertifikat dan uang tunai Rp.   7.000.000 (dipotong pajak).
c.    Pemenang III  :  sertifikat dan uang tunai Rp.   5.000.000 (dipotong pajak).

15. Lomba ini tidak dipungut biaya.

16. Untuk pertanyaan seputar lomba dapat dikirimkan melalui posel/email artikel.jurnalistik@kemdikbud.go.id.


Demikian Lomba Artikel Opini Kategore Guru, Pendidikan dan Kebudayaan 2020
, Semoga Ada manfaatnya.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

2 komentar untuk "Lomba Artikel Opini Kategore Guru, Pendidikan dan Kebudayaan 2020"

  1. Kapan hasil pengumuman lomba artikel opini dosen?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah ada pejelasannya dalam alamatnya artikel kami

      Hapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.