Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengunduh Prefill Dapodik 100% Berhasil (Aplikasi Dapodik Versi 2023)

DAPODIK.CO.ID - Telah  Rilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi  2023 yang di tunggu-tunggu sahabat-sahabat operator sekolah di seluruh Indonesia. Telah menjadi agenda rutin bahwa setiap pergantian tahun ajaran di sekolah juga akan diikuti dengan pergantian versi Aplikasi Dapodikdasmen versi 2023.

Dengan rilis aplikasi dapodikdasmen versi 2023, banyak sekali bapak/ ibu opertor yang berkeluh kesah karena sulit mengunduh data prefill dapodik sekolah.

Padahal data prefill tersebut merupakan data utama untuk melaukan registrasi. Sehingga hasil sinkronisasi dapodik terakhir dapat dimasukkan ke dalam aplikasi dapodik versi terbaru.

Selama data prefili tak bisa diunduh maka anda tidak akan bisa melakukan registrasi dapodik secara offline.


Memang registrasi dapodik bisa juga dilakukan secara online. Namun prosesnya lebih praktis dilakukan secara offline sebab tidak perlu menggunakan koneksi internet yang stabil seperti ketika melakukan registrasi online.

Tips Mengunduh Prefill Dapodik 100% Berhasil (Aplikasi Dapodik Versi 2023)

Tips Mengunduh Prefill Dapodik 100% Berhasil


Dari permasalahan diatas maka pada kesempatan kali ini admin www.dapodik.co.id akan membagikan tips mengunduh data prefill dapodik sampai berhasil. Supaya bapak/ibu guru operator tida kebingungan lagi dalam memperoleh data ini.

Tips Mengunduh Prefill Dapodik 100% Berhasil (Aplikasi Dapodik Versi 2023:

Berikut ini adalah beberapa Tips Mengunduh Prefill Dapodik 100% Berhasil:

Pastikan Username, Password dan Kode Registrasi Sekolah Valid

Pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa data username, password dan kode registrasi sekolah benar-benar valid.

Ini sangat penting sekali sebab ketika ada satu huruf saja yang keliru maka bisa dipastikan proses generate prefiil dapodik akan gagal.

Koneksi Internet Stabil

Untuk mengunduh data prefiil dapodik, komputer haruslah terkoneksi dengan internet. Proses generate sendiri berlangsung dalam beberapa menit.

Untuk itu, selama proses generate prefill sedang berlangsung, anda harus memastikan bahwa komputer terkoneksi internet dengan baik dan lancar.

Jangan sampai, ketika proses generate prefill sedang berlangsung koneksi internet tiba-tiba berhenti. Jika itu terjadi maka proses generate akan gagal.

Gunakan Alternatif Link Generate

Ketika masuk ke dalam website generate prefill dapodik, maka anda akan diperlihatkan link generate utama dan alternatif.

Admin anjurkan anda untuk menggunakan yang alternatif saja. Sebab link utama biasanya digunakan oleh banyak sekolah di Indonesia.

Karena terlalu banyak yang menggunakan link utama, maka server bisa menjadi down. Sehingga dapat mengakibatkan proses generate prefill gagal.

Ada beberapa link alternatif yang bisa anda gunakan. Sepengalaman admin menggunakan link alternatif, proses generate prefil berlangsung lancar.

Lakukan Generate Prefill Pada Jam-Jam Sepi

Ini memang kelihatannya sepele, tetapi menjadi faktor yang sangat penting. Kegagalan melakukan generate prefill biasanya disebabkan karena terlalu banyaknya orang yang ingin melakukan generate prefill.

Akibatnya server kelebihan kapasitas. Bayangkan saja ada berapa banyak sekolah di Indonesia yang melakukan generate prefill tersebut.

Maka dari itulah, lakukan generate prefill pada jam-jam sepi. Admin sendiri lebih suka melakukan generate prefill ketika malam hari atau subuh. Dan terbukti selalu berhasil.

LAMPIRAN

1. Link Alternatif Download Aplikasi Dapodik Versi 2023 Disini

2. Link Unduh Panduan Dapodik Versi 2023 Disini

Demikian Tips Mengunduh Prefill Dapodik 100% Berhasil (Aplikasi Dapodik Versi 2023), Semoga Bermanfaat.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

11 komentar untuk "Tips Mengunduh Prefill Dapodik 100% Berhasil (Aplikasi Dapodik Versi 2023)"

  1. Permisi admin, mw tanya gagal downlod prefill dinyatakan belum tambah akun di manajemen sekolah. padahal saya sudah tambah akun di sp.datadik.kemdikbud.go.id. tapi masih dinyatakan belum menambahkan akun kepala sekolah. mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu beberapa hari karen a sekarang download prefil kebanyak....

      Hapus
  2. Permisi admin, mau tanya.
    Bisakah registrasi dapodik secara online tanpa harus download generate prefill, kalo pas jam sepi?

    BalasHapus
  3. Min saya mau tanya sudah Registrasi secara online tapi tetep tidak masuk kenapa ya mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak masuk, muncul kesalahan apa ?

      Hapus
  4. Maaf min mau tanya kalau ada notifikasi seperti ini " ERROR
    Terjadi Kesalahan
    ERROR SSO Connection "
    Login di ptk.datadik.kemdikbud.go.id
    Sudah berhasil masuk
    Tp muncul "ERROR
    Terjadi Kesalahan
    ERROR SSO Connection"

    BalasHapus
  5. untuk menginstall dapodik di laptop baru, apakah harus uninstall aplikasi yang di laptop lama?

    BalasHapus
  6. saya guru paud dengan pendidikan S1 Ilmu Filsafat sudah mengajar cukup lama namun saat ikut daftar ppg selalu ditolak permanen karena ijazah tidak linier dengan bidang studi, bagaimana cara agar dapat sertifikasi guru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari sekolah yang ada mata pelajarannya tentang S1 Ilmu Filsafat

      Hapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.