DOWNLOAD PEDOMAN LENGKAP AKREDITASI SEKOLAH/ MADRASAH TAHUN 2020

DAPODIK.CO.ID - Download Pedoman Lengkap Akreditasi Sekolah/ Madrasah Tahun 2020. Akreditasi adalah kegiatan penilaian kelayakan program dan/atau satuan pendidikan  berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebagaimana dinyatakan pada UU Nomor  20  Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 1 ayat (22).

 
Akreditasi sekolah/madrasah adalah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya  diwujudkan dalam bentuk  pengakuan dan peringkat kelayakan dalam bentuk yang diterbitkan oleh suatu lembaga  yang mandiri dan profesional.


Kemudian sekolah/madrasah adalah  bentuk  satuan  pendidikan  formal  yang meliputi Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama  (SMP),  Madrasah  Tsanawiyah  (MTs),  Sekolah  Menengah  Atas (SMA),  Madrasah  Aliyah  (MA),  Sekolah  Menengah  Kejuruan  (SMK), Madrasah  Aliyah  Kejuruan  (MAK),  Sekolah  Luar  Biasa  (SLB),  Satuan Pendidikan  Kerja  Sama  (SPK),  dan  satuan  pendidikan  formal  lain  yang sederajat.

Untuk diketahui bahwa kegiatan akreditasi diharapkan menjadi pendorong dan dapat menciptakan suasana kondusif bagi perkembangan pendidikan dan memberikan arahan untuk melakukan penjaminan mutu sekolah/ madrasah  yang  berkelanjutan,  serta terus  berusaha mencapai mutu yang diharapkan.

Proses  akreditasi  dilakukan  secara  terbuka  dengan  tujuan  untuk membantu  dan  memberdayakan  program  dan  satuan  pendidikan  agar mampu  mengembangkan  sumber  dayanya  dalam  mencapai  tujuan pendidikan nasional. Mengingat pentingnya akreditasi sebagai salah satu upaya  untuk  menjamin  dan  mengendalikan  kualitas  pendidikan, Pemerintah  membentuk  Badan  Akreditasi  Nasional  Sekolah/Madrasah
(BAN-S/M).

Pedoman ini disusun sebagai manifestasi fungsi dan tanggung jawab BANS/M dalam  melaksanakan program akreditasi sekolah/madrasah. Pedoman  ini  memuat garis-garis  besar kebijakan BAN-S/M dalam pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah tahun  2020  yang  dalam implementasinya akan dituangkan dalam Panduan sebagai rambu-rambu dalam pelaksanaan program akreditasi sekolah/madrasah.

Baca Juga: Prosedur Operasional Standar (POS) Akreditasi Sekolah/ Madrasa 2020

Pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah tahun 2020 lebih banyak dilaksanakan  secara  daring (online) mengingat situasi negara saat ini serta kebijakan pemerintah terkait wabah  COVID-19, yakni dengan meniadakan pertemuan yang melibatkan banyak orang secara langsung.

Berikut Ini Adalah Paparan Pedoman Lengkap Akreditasi Sekolah/ Madrasah Tahun 2020:



Demikian Ertikel Terbaru Terkait Download Pedoman Lengkap Akreditasi Sekolah/ Madrasah Tahun 2020, Semoga Ada Manfaatnya.

Baca Juga: Cara Download Surat Perpanjangan Akreditasi Sekolah/Madrasah Di Sistem Penilaian Akreditasi (SisPena) Terbaru

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

Bagi Anda Yang Ingin Mendapatkan Pedoman Lengkap Akreditasi Sekolah/ Madrasah Tahun 2020, Silahkan Ambil Pada Alamat yang Tersedia di Bawah Ini:


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "DOWNLOAD PEDOMAN LENGKAP AKREDITASI SEKOLAH/ MADRASAH TAHUN 2020"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel