Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar (SD) Pdf

DAPODIK.CO.ID - Lingkungan  sekolah  yang  aman,  bersih,  nyaman, dan  menyenangkan,  dipenuhi  dengan  bahan  kaya  teks serta  menyediakan ruang  untuk  dieksplorasi  oleh  peserta
didik  pada  kegiatan  intrakurikuler ,  kokurikuler,  dan  extra kurikuler.

Warga  sekolah  yang  saling  menghargai,  saling menghormati,  menyayangi,  dan  memberikan  apresiasi khususnya  pada  pencapaian-pencapaian  literasi  dalam
kegiatan intrakurikuler, kokurikuler , dan extrakurikuler.

Sedangkan suasana  akademis  yang  didukung  oleh  semangat kolaboratif sehingga memunculkan inovasi  dan kreativitas dalam  menciptakan  literasi  pada  kegiatan  intrakurikuler , kokurikuler, dan extrakurikuler di sekolah.

Literasi dalam konteks peserta didik adalah cara mengakses, memahami dan menggunakan informasi yang berada di sekitarnya untuk mengatasi berbagai permasalahan hidupnya.

GLS merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran  yang  warganya  pemelajar  sepanjang  hayat melalui pelibatan publik.

Pengertian  Literasi  Sekolah  dalam  konteks  GLS  adalah kemampuan  mengakses,  memahami,  dan  menggunakan informasi  multimodal  melalui  berbagai  aktivitas  yang meningkatkan kemampuan membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara.


Kecakapan literasi  dalam konteks pendidikan di abad 21 adalah:
1.  Literasi membaca dan menulis
2.  Literasi numerasi
3.  Literasi sains
4.  Literasi  finansial
5.  Literasi digital
6.  Literasi budaya dan kewarganegaraan

Tujuan  Gerakan  Literasi  Sekolah  adalah  menumbuhkandan  menguatkan karakter  peserta  didik  melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah agar mereka menjadi pemelajar sepanjang  hayat.  Upaya  ini  dilakukan  melalui  kegiatan untuk:
a.    Menumbuhkan budaya literasi di sekolah.
b.    Meningkatkan kecakapan literasi warga sekolah.
c.    Menjadikan  sekolah  sebagai  taman  belajar  yang menyenangkan dan ramah anak.
d.    Menjaga  keberlanjutan  pembelajaran  dengan menghadirkan  beragam  media  pembelajaran  dan berbagai strategi yang melibatkan teks multimodal.

Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar (SD) Pdf



Selengkapnya, Silahkan Unduh Gratis Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar (SD) Pdf Pada Tautan Di Bawah Ini:


Demikian Penyampaian Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar (SD) Pdf, Jika Anda Tidak Bisa Mendownload File Ini, Silahkan Anda Berikan Komentar Pada Kotak Komentar Di Bawah Artikel, Terima Kasih.

Posting Komentar untuk "Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar (SD) Pdf"