Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

APLIKASI RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH – UPDATE ARKAS VERSI 2.04 TERBARU

DAPODIK.CO.ID - Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler tahun 2021 merupakan salah satu implementasi Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mekanisme baru dalam penyaluran dan penggunaan dana BOS Reguler diharapkan meningkatkan daya dukung BOS untuk kebutuhan operasional sekolah. Mendukung program BOS yang transparan dan akuntabel sekolah diharuskan memperhatikan ketentuan pengelolaan Dana BOS Reguler di sekolah.


Berdasarkan Permendikbud  Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler, melakukan input ARKAS pada sistem yang telah disediakan oleh Kementerian merupakan salah satu tugas dan tanggungjawab tim BOS sekolah.

Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) merupakan sistem yang disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan input RKAS oleh Tim BOS sekolah. Untuk melakukan proses input RKAS pada periode anggaran tahun 2020, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah merilis ARKAS Versi 2.04.

Informasi Update Aplikasi RKAS (ARKAS) versi 2.04, dapat diunduh secara manual (http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id/download), atau menggunakan fitur autoupdate yang terdapat pada aplikasi atau dapat anda unduh disini.

Melakukan update aplikasi Arkas versi 2.04 secara manual memberikan kemudahan penguna aplikasi Arkas. Terutama untuk daerah yang memiliki jaringan atau koneksi internet yang kurang stabil alangkah baiknya menggunakan updater aplikasi arkas secara manual. 

Anda juga bisa meminta file updater kepada admin www.dapodik.co.id dengan cara follow blog www.dapodik.co.id kemudian berikan komentar pada table komentar yang telah admin berikan pada akhir artikel. Selanjutnya anda dengan mudah menginstalkan pembaharuan/ updater aplikasi arkas versi 2.04 pada perangkat kerja anda ( Laptop/ PC anda). 

Catatan penting sebelum menginstakan updater aplikasi arkas versi 2.04 adalah anda harus memastikan bahwa anda sudah memiliki versi 2.02 instaler. Artinya pada perangkat anda sudah terinstal aplikasi arkas versi sebelumnya yaitu versi 2.03. 

Sebelum anda mengunduh Update Arkas versi 2.04 sebaiknya anda harus memahami terlebih dahulu beberapa pembaharuan pada aplikasi terbaru ini. Berikut ini adalah  daftar pembaharuan pada update aplikasi ARKAS versi  2.04:

1. Perbaikan sinkron bermasalah
2. Penambahan menu ganti kode aktivasi untuk keamanan
3. Perbaikan sinkron data Guru dan Tenaga Kependidikan
4. Perbaikan sinkron jumlah siswa
5. Penambahan tarik referensi sebelum pengajuan pengesahan
6. Perbaikan cek status
7. Penambahan validasi kode aktivasi
8. Penambahan validasi rekening saat pengesahan
9. Penambahan validasi barang saat pengesahan
10. Penambahan hapus BKU akhir tahap 2 dan tahap 3
11. Perbaikan hapus BKU penerimaan tidak terupdate
12. Perbaikan regional setting mengikuti setting komputer
13. Penyesuaian pajak PPn terbaru
14. Penambahan bunga bank dan pajak pada 2021
15. Perbaikan pilihan print SiLPA
16. Perbaikan BKU SiLPA
17. Penambahan pilihan penggunaan pajak
18. Perbaikan Dashboard terhitung lebih besar
19. Perbaikan Laporan Penggunaan
20. Penutupan Versi 2.03 (harus Update ke 2.04)

Yang paling menonjol pembaharuan pada updater aplikasi arkas versi 2.04 adalah adanya fasilitas reset data sekolah pada Manajemen RKAS, fitur tersebut untuk mereset data (hapus semua anggaran dan BKU). setelah direset sekolah bisa melakukan sync kembali, fitur keamanan ini digunakan untuk menghindari adanya pengguna Aplikasi yang tidak bertanggung jawab.

Dengan menggunakan aplikasi terupdate ini sudah tentunya pekerjaan anda akan semakin mudah, dan akan selesai sesuai dengan target penyelesaian Arkas pada satuan pendidikan Dasar dan menengah dalam wilayah Segara Kesatuan Republik Indonesia. Terutama satuan pendidikan yang menerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS) reguler tahun ini. 

Download Aplikasi RKAS Versi 2.04 Terbaru Tahun 2021

Untuk membantu sekolah dan tim Manajemen BOS, tersedia Aplikasi e-RKAS v.2.04 untuk memudahkan membuat pelaporan. anda dapat unduh melalui tautan di bawah ini:

Aplikasi RKAS 2.04 Klik Disini

Panduan RKAS 2.0 Klik Disini


Demikianlah Aplikasi RKAS Versi 2.04 Terbaru yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat untuk anda.

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

2 komentar untuk "APLIKASI RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH – UPDATE ARKAS VERSI 2.04 TERBARU"

  1. ada kode rekening dan uraian kegiatan manual nya pak,

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.