Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Pelaporan BOS Reguler 2020 Excel - Aplikasi Gratis Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Dana BOS Tahun 2020 – [EXCEL] Edisi Revisi

Aplikasi Pelaporan BOS Reguler 2020 Excel - Aplikasi Gratis Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Dana BOS Tahun 2020 – [EXCEL] Edisi Revisi didapatkan dari seorang guru yang bernama pak haryano (alamat blognya: www.mayfile.online/) pak Haryono lah yang telah membuat aplikasi ini sekaligus mempunyai blog yang sudah terkenal pula dan dikelola oleh sesepuh blogger yang selalu memberikan arahan dan pangestu kepada rekan blogger yang lain. BOS (Biaya Operasional Sekolah).


BOS bisa juga digunakan untuk membiayai kegiatan lain yang masih tergolong biaya investasi atau personil akan tetapi lebih diprioritaskan pada biaya operasional non personal Pada intinya pelaporan BOS ini wajib bapak/ibu khususnya bagi tim yang sudah di tunjuk oleh kepala sekolah untuk mengelola Dana Bos untuk melaporkan guna mempertanggung jawabkan Dana yang diberikan dari pemerintah dalam bentuk Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), dan dengan adanya aplikasi LPJ BOS ini akan membantu bapak/ ibu untuk mengelola laporan BOS seperti pelaporan BOS pada bulan dan tahun sebelumnya yang juga menggunakan aplikasi ini dari versi sebelumnya.

Aplikasi Pelaporan BOS Reguler 2020 Excel - Aplikasi Gratis Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Dana BOS Tahun 2020 – [EXCEL] Edisi Revisi

Bapak/Ibu guru dimanapun anda berada, dalam upaya tertib administrasi pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), di perlukan acuan standar sebagai pedoman dalam mengelola BOS 2020, oleh karena itu perlu adanya petunjuk teknis pengelolaan BOS yang dalam hal ini sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nomor 8 tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan kemudian di revisi lagi dengan perubahan Permendikbud No 8 ke Permendikbud No 19 Tahun 2020.

Untuk mendapatkan laporan penggunaan dana BOS yang dimaksud, banyak cara dalam mensiasatinya, yaitu dengan menggunakan aplikasi-aplikasi pembantu dalam mengerjakan laporan tersebut, sehingga dengan aplikasi tersebut akan meringankan dan memepermudah serta mempercepat pekerjaan.

Sebelum anda mendapatkan atau mendownload Aplikasi Pelaporan BOS Reguler 2020 Excel - Aplikasi Gratis Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Dana BOS Tahun 2020 – [EXCEL] Edisi Revisi ada baiknya anda mengetahui Daftar menu dan cara Aplikasi Pelaporan BOS Reguler Bulanan Tahun 2020 Excel edisi revisi ini.

Daftar menu dan cara Aplikasi Pelaporan BOS Reguler 2020 Excel - Aplikasi Gratis Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Dana BOS Tahun 2020 – [EXCEL] Edisi Revisi serta pengerjaannya sebagai berikut

1. Home, Menu home ini hanya menampilkan bagian-bagian aplikasi yang perlu diisi.

2. Sheet Data isian yang wajib diisi, karena data isian di sini akan muncul secara otomatis pada masing-masing pelaporan.

3. Sheet Cover Laporan, Pada sheet cover laporan ini apabila tidak terpaksa jangan diubah, namun apabila masih membutuhkan perubahan silahkan diubah sendiri.

4. Sheet Buku Kas Umum (BKU) Lihat gambar berikut:
·       Pada menu ini yang perlu dipahami adalah kode BT (Buku Tunai), BB (Buku Bank), BP (Buku Pajak) kode tersebut nantinya akan memasukkan pembukuan ke masing-masing kode, sehingga perlu diperhatikan secara seksama.
·       Yang harus wajib diisi lagi adalah misalnya kode 5.1.7 dst; kode tersebut diambil dari sheet K7 (ingat cukup copas kodenya) sesuai pembelanjaan kode tersebut nantinya akan secara otomatis masuk pada sheet K7a yang dipergunakan pada pelaporan BOS online.
·       Kode misalnya 5.2.2.01.01 cara mendapatkan kode tersebut berasal dari sheet 144 belanja (yang dulu 44 belanja), dan perlu diingat nantinya pada sheet 144 belanja otomatis akan terisi.

5. Menu Sheet Buku Kas Tunai (BT). Ingat ! untuk Buku Kas Tunai ini cukup hanya dikontrol apabila terjadi selisih dengan BKU, dan apabila terdapat selisih dapat disesuaikan,
Mengapa terjadi selisih?
Dalam hal pengisian Buku Kas Umum terutama pada saldo itu terdiri dari; Kas Tunai. Bank, Pajak.

6. Buku Bank (BB). Pada pengisian buku bank ini dapat diisi secara manual ataupun langsung mengambil pada Sheet Buku Kas Umum (BKU) dengan rumus ( = ring (...) mudah bukan ?

7. Buku Pajak (BP). Dalam buku pajak ini sebenarnya dapat dibuat rumus, namun karena mungkin pengguna tidak sama kemampuan untuk mengoperasikan IT (maaf), sehingga tetap cukup gunakan rumus (= ambil dari BKU).

8. Sheet K7
·       Ingat bahwa dalam menyusun laporan pertanggungjawaban dana BOS juga kita mempunyai tanggungjawab kepada menteri dalam negeri, sehingga pada sheet K7 ini merupakan pelaporan format yang dibutuhkan Mendagri.
·       Untuk sheet K7 tidak usah dikerjakan, karena secara otomatis sudah terisi dari Buku Kas Tunai (BT) karena kita cukup mengambil kodenya tadi.

9. Sheet K7a
·       Pada format K7a secara otmatis sudah terisi dari sheet K7, namun perlu juga dikontrol tingkat kebenarannya, karena saya juga manusia masih punya kesalahan. (intinya cukup dikontrol saja) dan apabila menghendaki perubahan, maka kode pada Buku Kas Tunai (BT) yang diubah dan juga mengambil dari sheet K7 tadi.
·       Waspada karena pada format K7a ini nantinya akan dilaporkan secara online pada laman https://bos.kemdikbud.go.id/.

10. Format K7b. Pada format K7b ini cukup mengisi .... lembar uang kertas maupun logam sesuai dengan jumlah saldonya, dan apabila terdapat selisih di bawah nilai 100 sudah berbunyi sendri kalimatnya.

11. Format K7c
Pada format pengisian K7c ini bapak/ibu tidak usah mengisi, karena sudah terisi secara otomatis, namun apabila menginginkan perubahan silahkan diubah sendiri.

12. Format 144 Belanja BOS
·       Format ini kalau pada pelaporan tahun 2019 adalah cukup 44 belanja, dan pelaporan ini merupakan kebijakan dari pemerintah daerah.
·       Format 144 belanja dana BOS pada aplikasi yang kami buat ini tidak usah diisi, karena sudah terisi dari Buku Kas Tunai (BT), oleh sebab itu kata kunci adalah kode K7, dan kode pada sheet 144 belanja

13. Format 3 Belanja BOS. Yang dimaksud dengan format ini adalah:
·         Belanja Pegawai
·         Belanja Barang dan Jasa
·         Belanja Modal
Dan secara kebetulan format ini sudah terisi secara otmatis dari sheet 144 belanja.

14. Berita Acara Pemeriksaan pelaporan (cukup jelas).

15. Cetak kuitansi khusus Honor woyata bakti (cukup jelas).

16. Rekap data kuitansi pelaporan yang bersumber dari Buku Kas Tunai (BT), dan hanya nama transaksi yang perlu diisin.

17. Cetak Kuitansi

Terakhir adalah sheet untuk mencetak kuitansi pelaporan BOS.

Perlu diingat bahwa dalam mencetak kwitansi ini buku kwitansi yang digunakan adalah buku kuitansi merk gelatik kembar (lihat gambar).

Artinya bahwa pada saat kita belanja wajib membawa atau minta kwitansi dari toko/stempel toko bersamaan dengan nota belanja, yang nantinya pada saat akan menyusun Laporan, maka kuitansi tersebut masukkan pada print langsung cetak. Mantaap kan ???

Demikian penjelasan lengkap tentang Aplikasi Pelaporan BOS Reguler 2020 Excel - Aplikasi Gratis Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Dana BOS Tahun 2020 – [EXCEL] Edisi Revisi  semoga ada manfaat.

Bagi bapak/ ibu bendahara bos bisa mendapatkan Aplikasi Gratis LPJ Dana BOS Tahun 2020 secara gratis dengan cara hanya download di postingan artikel kali ini.

Link Unduh:


Demikianlah Aplikasi Gratis Aplikasi Pelaporan BOS Reguler 2020 Excel - Aplikasi Gratis Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Dana BOS Tahun 2020 – [EXCEL] Edisi Revisi  yang dapat admin www.dapodik.co.id bagikan dan semoga bermanfaat untuk bapak ibu guru khusunya yang menjadi Kepala sekolah dan Bendahara Sekolah di sekolah masih-masing.


Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

21 komentar untuk "Aplikasi Pelaporan BOS Reguler 2020 Excel - Aplikasi Gratis Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Dana BOS Tahun 2020 – [EXCEL] Edisi Revisi"

  1. di sheet tunai terkunci dan diperlukan pasward untuk mengedit itu bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca penjelasannya di atas artikel ini

      Hapus
    2. maaf admin mau tanya, pasword yg di sheet uang tunai apa ya? soalnya pas mau di ketik manual ga bisa dan minta pasword

      Hapus
    3. ga pake uang, itu aplikasi gratis

      Hapus
  2. Pada sheet ‘tunai’ ada kotak yang bertuliskan ‘Haryono SDN 3 Asemrudung : “Ketik manual saja !”
    Tetapi ketika akan diketik manual tidak bisa, sepertinya butuh password, hehe ngapunten

    BalasHapus
  3. terima kasih buat admin..aplikasinya sangat membantu..namun pada sheet "Gaji GTT" ketika dilakukan perubahan angka pada kolom satuan honor,,seharusnya pada bagian kwitansi (ROW 'Uang Sebanyak') malah terjadi eror..kira2 kesalahannya apa min...

    BalasHapus
  4. terimakasih aplikasinya mas,
    mohon fasword nya apa mas ??

    BalasHapus
  5. Maaf password untuk unprotect apa ya

    BalasHapus
  6. Terima kasih Admin, tp benar kata temen2 diatas. ada protect utk kolom saldo awal di Buku Tunai. jadi ga bisa diganti saldo nya. bisa dibantu utk hal ini?terima kasih

    BalasHapus
  7. rumus(=ring)(...). mksdnya apa ya dipetunjuk penggunaan apl nmor 6?

    BalasHapus
  8. DI SHET TUNAI, tak bisa diketik manual. kendalanya dimana y? klo itu g bsa di edit, aplikasinya spertinya g bsa kita pakai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aplikasi yang kami bagikan ini sudah banyak yang gunakan

      Hapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.