Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Petunjuk Pemanfaatan Kelas Maya Rumah Belajar Dalam Pembelajaran Dalam Jaringan (Online) Antara Siswa Dan Guru Kapan Saja, Di Mana Saja Disini

DAPODIK.co.id - Petunjuk Pemanfaatan Kelas Maya Rumah Belajar Dalam Pembelajaran Dalam  Jaringan  (Online) Antara Siswa Dan Guru Kapan Saja, Di Mana Saja Disini. Kemendikbud  melalui  Pusat Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi  Pendidikan  dan Kebudayaan  (Pustekkom) 
mengembangkan  suatu  portal  pembelajaran  yang bernama portal Rumah Belajar pada Juli 2011. Hal ini  sesuai dengan Permendikbud No. 11 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dimana Pustekkom mempunyai tugas  untuk  melaksanakan  pengembangan  dan  pendayagunaan teknologi  informasi  dan  komunikasi  untuk  pendidikan  dan  kebudayaan. 


Portal Rumah Belajar ini merupakan salah satu usaha untuk memfasilitasi proses pembelajaran melalui media jaringan atau secara online. (Kurniawan, 2017). Portal Rumah Belajar menyediakan konten-konten multimedia pembelajaran sebagai sumber belajar dan fasilitas pembelajaran jarak jauh secara online melalui fitur Kelas Maya.

Kelas Maya di Rumah Belajar merupakan sebuah learning management system  (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi terjadinya pembelajaran dalam jaringan  (online) antara siswa dan guru kapan saja, di mana saja. Pada waktu tertentu yang terjadwal oleh guru, siswa dapat mengikuti pembelajaran virtual dengan pendidik melalui alat komunikasi synkronous (chat, video conference, audio conference, desktop sharing, whiteboard).

Strategi pembelajaran di Kelas Maya lebih bersifat  konstruktivistik yang menuntut pembelajaran aktif dan berpusat pada siswa sehingga mendorong keterampilan  siswa Pembelajaran kelas maya ini  menggunakan teknologi pembelajaran (Rumah Belajar) untuk merancang, menyampaikan, dan mengatur pembelajaran formal dan informal serta berbagi pengetahuan, sehingga model pembelajaran kelas maya ini dirancang sebagai pelengkap kegiatan  embelajaran di kelas dengan lebih  banyak pada aktivitas  asynkronous berdasarkan fasilitas TIK yang tersedia di sekolah.

Komponen pendukung pembelajaran kelas maya yaitu:
·      Konten  untuk  pembelajaran,  berhubung  pembelajaran  dilakukan  tanpa  tatap  muka, jadi pendidik harus memberikan materi (konten) untuk siswa.
·       Perangkat keras (hardware), berupa komputer, laptop, tablet, maupun smartphone.
·       Perangkat lunak (software), seperti LMS, dll
·       Strategi  komunikasi, menyangkut  bagaimana  siswa  mengikuti  pembelajaran, mengerjakan tugas, dan mengikuti ujian.
·       Jaringan  internet,  kelas  maya  tidak  bisa  berjalan  tanpa  internet.  Jadi  ketersediaan internet adalah wajib.

Kelas Maya di Rumah Belajar merupakan sebuah  learning  management system (LMS) yang dikembangkan  khusus  untuk  memfasilitasi  terjadinya  pembelajaran  dalam  jaringan  (online) antara siswa dan guru kapan saja, di mana saja.

Untuk mengoptimalkan pengembangan dan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi  untuk  pendidikan  dan  kebudayaan,  Pustekkom  Kemendikbud mengembangkan fasilitas  pembelajaran  melalui  media  jaringan  (online)  melalui  fitur  Kelas  Maya,  Rumah Belajar.

Petunjuk Pemanfaatan ini memberikan penjelasan tentang langkah-langkah pemanfaatan fitur kelas maya Rumah Belajar dalam penerapan model pembelajaran Kelas Maya melalui Rumah Belajar sebagai penyelenggara, guru, dan siswa.

Selengkapnya, Unduh Gratis Petunjuk Pemanfaatan Kelas Maya Rumah Belajar Dalam Pembelajaran Dalam  Jaringan  (Online) Antara Siswa Dan Guru Kapan Saja, Di Mana Saja Disini.

Dikian postingan pada kesempatan kali ini, semoga ada manfaatnya.

Posting Komentar untuk "Petunjuk Pemanfaatan Kelas Maya Rumah Belajar Dalam Pembelajaran Dalam Jaringan (Online) Antara Siswa Dan Guru Kapan Saja, Di Mana Saja Disini"