About us

Petunjuk Pemanfaatan Kelas Maya Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kelas Maya Melalui Rumah Belajar Edisi Revisi

Kelas Maya di Rumah Belajar merupakan sebuah learning management system  (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi terjadinya pembelajaran  dalam jaringan  (online) antara  peserta  didik  dan  pendidik  kapan  saja,  di  mana  saja.  Pada  waktu  tertentu  yang terjadwal  oleh  pendidik,  peserta  didik  dapat  mengikuti  pembelajaran  virtual  dengan pendidik  melalui  alat  komunikasi  synkronous  (chat,  video  conference,  audio conference, desktop sharing, whiteboard).

Strategi  pembelajaran  di  Kelas  Maya  lebih  bersifat  konstruktivistik  yang  menuntut pembelajaran  aktif  dan  berpusat  pada  peserta  didik  sehingga  mendorong  keterampilan peserta didik. Pembelajaran kelas maya ini menggunakan teknologi pembelajaran (Rumah Belajar)  untuk  merancang,  menyampaikan,  dan  mengatur  pembelajaran  formal  dan informal  serta  berbagi  pengetahuan,  sehingga  model  pembelajaran  kelas  maya  ini dirancang  sebagai  pelengkap  kegiatan  pembelajaran  di  kelas  dengan  lebih  banyak  pada aktivitas asynkronous berdasarkan fasilitas TIK yang tersedia di sekolah.
Komponen Pendukung Pembelajaran Kelas Maya Yaitu:

ü  Konten  untuk  pembelajaran,  berhubung  pembelajaran  dilakukan  tanpa  tatap  muka, jadi pendidik harus memberikan materi (konten) untuk peserta didiknya.

ü  Perangkat keras (hardware), berupa komputer, laptop, tablet, maupun smartphone.

ü  Perangkat lunak (software), seperti LMS, dll

ü  Strategi  komunikasi,  menyangkut  bagaimana  peserta  didik  mengikuti  pembelajaran, mengerjakan tugas, dan mengikuti ujian.

ü  Jaringan  internet,  kelas  maya  tidak  bisa  berjalan  tanpa  internet.  Jadi  ketersediaan internet adalah wajib.

Implementasi pemanfaatan TIK dalam pembelajaran melibatkan pihak sekolah dalam hal ini  kepala  sekolah,  pendidik,  peserta  didik,  admin  (operator)  dan  orang  tua.  Sekolah sebagai  penyelenggara  kelas  maya,  sehingga  sekolah  melalui  kepala  sekolah  membuat kebijakan  untuk  membuka  kelas  maya,  mengatur,  merencanakan,  dan  melaksanakan pembelajaran melalui kelas maya.

Pendidik  sebagai  pengelola  kelas  maya  memiliki  peran  dalam  keberhasilan  pelaksanaan kelas  maya.  Hal  ini  terkait  tugas-tugas  yang  harus  dilakukan  pendidik  dalam merencanakan,  mempersiapkan,  melaksanakan  dan  mengevaluasi  proses  pembelajaran melalui kelas maya.

Peserta  didik  sebagai  peserta  kelas  maya  mendapatkan  fasilitas  pembelajaran  untuk meningkatkan  pemahaman  terhadap  suatu  materi.  Peserta  didik  kelas  maya  dituntut kemandirian dan kesungguhan dalam mengikuti kelas maya ini.

Administrator  memiliki  hak  akses  dalam  mengelola  keseluruhan  sistem  diantaranya mengelola master data sistem (mata pelajaran, kelas, statistik), mengelola akses seluruh pengguna sistem (penyelenggara, pendidik, peserta didik), mengatur pengelolaan seluruh kelas,  monitoring  seluruh  aktivitas  sistem  pembelajaran,  monitoring  seluruh  aktivitas pengguna sistem. Administrator dari Pustekkom dan sekolah.

Berdasarkan hal tersebut, untuk memberikan panduan langkah-langkah pemanfaatan fitur kelas  maya  Rumah  Belajar  dalam  penerapan  model  pembelajaran  Kelas  Maya  melalui Rumah  Belajar  sebagai  program  remedial  baik  untuk  sekolah  sebagai  penyelenggara, pendidik, dan peserta didik disusunlah petunjuk pemanfaatan kelas maya.

Tujuan Petunjuk Pemanfaatan Kelas Maya Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kelas Maya Melalui Rumah Belajar  Edisi Revisi
Tujuan  penyusunan  petunjuk  pemanfaatan  kelas  maya  dalam  penerapan  model pembelajaran  Kelas  Maya  melalui  Rumah  Belajar  sebagai  program  remedial  ini  yaitu sebagai panduan bagi  sekolah dan  pendidik yang akan memanfaatkan kelas maya dalam penerapan  model  pembelajaran  kelas  maya  melalui  Rumah  Belajar  sebagai  program remedial.

Sasaran Petunjuk Pemanfaatan Kelas Maya Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kelas Maya Melalui Rumah Belajar  Edisi Revisi
Sasaran  penyusunan  petunjuk  pemanfaatan  kelas  maya  dalam  penerapan  model pembelajaran Kelas Maya melalui Rumah Belajar sebagai program remedial adalah  sekolah, pendidik dan peserta didik jenjang SMP.

Ruang Lingkup Petunjuk Pemanfaatan Kelas Maya Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kelas Maya Melalui Rumah Belajar  Edisi Revisi
Ruang lingkup petunjuk pemanfaatan kelas maya dalam penerapan model pembelajaran Kelas  Maya  melalui  Rumah  Belajar  sebagai  program  remedial  meliputi  langkah-langkah pemanfaatan fitur kelas maya di Rumah Belajar mulai dari pendaftaran, penyelenggaraan kelas  maya  dimana  sekolah  sebagai  admin  penyelenggara,  pemanfaatan  oleh  pendidik mulai dari persiapan, pelaksanaan  dan evaluasi, serta pemanfaatan oleh peserta didik mulai dari tahap pembelajaran dan ujian.

Deskripsi Petunjuk Pemanfaatan Petunjuk Pemanfaatan Kelas Maya Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kelas Maya Melalui Rumah Belajar  Edisi Revisi
Sebelum pemanfaatan fitur  kelas maya, sekolah dan pendidik telah melakukan  persiapan dan memperoleh data materi apa saja yang akan dibuat kelas maya dan daftar siswa yang akan  ikut  remedial.  Berikut  ini  alur  penerapan  model  pembelajaran  kelas  maya  melalui Rumah Belajar sebagai program remedial.

Selengkapnya, Unduh Petunjuk Pemanfaatan Kelas Maya Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kelas Maya Melalui Rumah Belajar  Edisi Revisi.

Belum ada Komentar untuk "Petunjuk Pemanfaatan Kelas Maya Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kelas Maya Melalui Rumah Belajar Edisi Revisi"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel