Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Teknis Installasi Aplikasi EDS 2020 Covid-19 – Penting Diketahui Untuk Kelancaran Installasi Aplikasi EDS Versi Offline 2020

DAPODIK.CO.ID - Panduan Teknis Installasi Aplikasi EDS 2020 Covid-19 – Penting Diketahui Untuk Kelancaran Installasi Aplikasi EDS Versi Offline 2020. Sasaran pengumpulan data mutu menggunakan Aplikasi EDS 2020 Covid-19 adalah satuan pendidikan SD, SMP, SMA, SPK, dan SLB. Adapun untuk pengumpulan data mutu satuan pendidikan SMK dikelola oleh Ditjen Vokasi. Untuk kesempatan rilis saat ini Aplikasi EDS 2020 Covid-19 sudah dapat digunakan oleh satuan pendidikan SD, SMP, dan SMA. Untuk satuan pendidikan SPK dan SLB akan diakomodasi pada kesempatan rilis tahap selanjutnya.

 


Aplikasi EDS 2020 Covid-19 dirilis dalam 2 tahap. Tahap-1 akan dirilis installer dengan fokus tujuan pada pengumpulan data EDS. Tahap-2 akan dirilis patch untuk penghitungan rapor mutu. Berikut daftar pembaruan Aplikasi EDS 2020 Covid-19 pada tahap-1:

 

·         Pembaruan instrumen tahun 2020

·         Perubahan jenis dan jumlah responden

·         Mekanisme registrasi menggunakan tarik data dari Aplikasi Dapodik Sekolah

·         Import file pengisian instrumen dari Aplikasi Offline Surveys

·         Konfigurasi akses aplikasi EDS menggunakan jaringan lokal/interne

 

Aplikasi EDS 2020 Covid-19 dirilis dalam bentuk installer. Sekolah wajib melakukan uninstall aplikasi EDS versi sebelumnya terlebih dahulu. Untuk kelancaran installasi dan penggunaan Aplikasi EDS Covid 19 sekolah diharapkan memperhatikan panduan teknis sebagai berikut:

 

Panduan Teknis Installasi Aplikasi EDS 2020 Covid-19 – Penting Diketahui Untuk Kelancaran Installasi Aplikasi EDS Versi Offline 2020:

 

1.    Pastikan Aplikasi Dapodik versi terbaru sudah terinstal.

 

2.    Hapus/uninstall Aplikasi EDS versi sebelumnya (Aplikasi EDS versi 2020.08.17).

 

3.    Diharuskan untuk melakukan restart komputer untuk melengkapi proses hapus/uninstall Aplikasi EDS versi sebelumnya.

 

4.    Instal aplikasi EDS 2020 Covid-19 sampai selesai. Aplikasi dapat diunduh di sini.

 

5.    Lakukan registrasi dengan memilih salah satu cara registrasi:

1)    Registrasi dengan Dapodik lokal. Proses registrasi ini menarik data dari Aplikasi Dapodik yang terinstal di komputer milik sekolah. Proses registrasi tidak memerlukan koneksi internet (Offline).

2)    Registrasi dengan prefill EDS. Proses registrasi ini mengambil data dari server EDS menggunakan mekanisme prefill. Prefill dapat diunduh pada menu unduhan di laman PMP. Registrasi menggunakan prefill disarankan bagi sekolah yang sudah melakukan sinkronisasi data EDS.

 

6.    Pilih kandidat responden di manajemen pengguna:

1)    SD/SLB : 9 responden ( 1 kepala sekolah dan 8 guru).

2)    SMP/SMA : 11 responden (1 kepala sekolah dan 10 guru).

 

7.    Pengisian instrumen oleh responden dilakukan melalui Aplikasi Offline surveys di ponsel android. Hasil pengisian berupa file DBResult.csv dikirimkan kepada operator sekolah.

 

8.    Operator sekolah mengunggah/import file DBResult.csv ke Aplikasi EDS 2020 Covid-19. Disarankan setelah proses import selesai melakukan hitung ulang total kemajuan yang ada di beranda.

 

9.    Operator sekolah memastikan progres data sudah 100% melalui menu hitung kemajuan, kemudian melakukan sinkronisasi data EDS. Sinkronisasi hanya dapat dilakukan setelah hitung kemajuan mencapai 100%.

 

Demikian Artikel Terbaru Terkait Panduan Teknis Installasi Aplikasi EDS 2020 Covid-19 – Penting Diketahui Untuk Kelancaran Installasi Aplikasi EDS Versi Offline 2020. Semoga Ada Manfaatnya Dan Silakan Bagikan Artikel Ini Ke Sosial Media Kalian Dengan Menekan Tombol Share Di Bawah.

 

Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Panduan Teknis Installasi Aplikasi EDS 2020 Covid-19 – Penting Diketahui Untuk Kelancaran Installasi Aplikasi EDS Versi Offline 2020"