Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Serta Cara Pengisian Data Pelengkap Pada Formulir Sekolah Terkait Pemungutan Iuran Kepada Orang Tua Siswa di Aplikasi Dapodik Terbaru

DAPODIK.CO.ID - Penjelasan Serta Cara Pengisian Data Pelengkap Pada Formulir Sekolah Terkait Pemungutan Iuran Kepada Orang Tua Siswa di Aplikasi Dapodik Terbaru. Pada versi terbaru ini, terdapat penambahan form data pelengkap di tabel sekolah. Sekolah yang mengadakan iuran tambahan yang dibebankan kepada orang tua siswa diharuskan mengisi periode penarikan iuran dan nominal iuran (Rp).

Yang di maksud dengan iuran kepada orang tua siswa adalah jika sebelum tahun ajaran yang lalu telah melakukan pungutan iuran kepada orang tua siswa seperti iuran komita dan lainnya sesuai dengan kesepakatan sekolah dengan orang tua, maka sekolah wajib mingisi periode penarikan iuran dan nominal iuran (Rp). Sebaliknya, jika sekolah dari tahun ajaran sebelumnya sampai dengan tahun ajaran sekarang tidak memungut iuran kepada orang tua siswa maka anda tinggal mencentang tidak.


Berikut Ini Adalah Cara Pengisian Data Pelengkap Pada Formulir Sekolah Terkait Pemungutan Iuran Kepada Orang Tua Siswa di Aplikasi Dapodik:

1.    Silahkan login di aplikasi dapodik sekolah anda menggunakan username dan password yang terbaru.


2.    Setelah berhasil masuk di beranda aplikasi dapodik sekolah anda, silahkan klik tab sekolah dan akan tampak seperti gambar berikut ini:


3.    Dibagian beranda kanan, arahkan mouse kebagian paling bawah.


4.    Dibagian bawah itulah terdapat Data Pelengkap dengan penjelasan sebagai berikut:
a.    Sekolah memungut iuran ke orang tua siswa:
Jika sekolah anda tidak memungut iuran ke orang tua siswa maka anda cukup klik centang tidak.


Kemudian jika sekolah anda memungut iuran ke orang tua siswa maka anda harus klik centang Ya(Bulan) atau Ya(Tahunan).


b.    Nominal/siswa (Rp):
Jika sekolah anda tidak memungut iuran ke orang tua siswa maka tidak  usah isi nominal/siswa (Rp).


Kemudian jika sekolah anda memungut iuran ke orang tua siswa maka anda harus mengisi nominal/siswa (Rp), seperti conto 50000.


5.    Langkah terakhir, silahkan klik akun Simpan.

Itulah di Atas Tadi Penjelasan Serta Cara Pengisian Data Pelengkap Pada Formulir Sekolah Terkait Pemungutan Iuran Kepada Orang Tua Siswa di Aplikasi Dapodik Terbaru.

Jika kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

12 komentar untuk "Penjelasan Serta Cara Pengisian Data Pelengkap Pada Formulir Sekolah Terkait Pemungutan Iuran Kepada Orang Tua Siswa di Aplikasi Dapodik Terbaru"

  1. Mohon maaf, Saat mengisi data pelengkap awalnya sudah terupdate,tp masih invalid kemudian saya refresh, login lagi kosong lagi saya coba isi simpan lagi tp ada tulisan error mengupdate sekolah, solusinya bagaimana ya, apakah harus instal ulang aplikasi, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat mengisi data pelengkap awalnya sudah terupdate
      data pelengkap seperti apa?

      Hapus
  2. Anonim09:14

    Sudah mengikuti langkah seperti itu, namun pada validasi data pelengkap sekolah masih invalid dan isian pelengkap sekolah kembali ke semula belum terisi. Sehingga menyebabkan error mengupdate data sekolah. Bagaimana solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. teliliti kembali cara pengisiannya

      Hapus
  3. Mohon maaf, Saat mengisi data pelengkap awalnya sudah terupdate,tp masih invalid kemudian saya refresh, login lagi kosong lagi saya coba isi simpan lagi tp ada tulisan error mengupdate sekolah, solusinya bagaimana ya?

    sampai sudah pernah saya install ulang lagi ttp gabisa

    BalasHapus
  4. pada formulir data pelengkap sekolah (iuran sekolah) kan itu sedang membahas masalah invalid di isian iuran sekolah

    BalasHapus
  5. maaf min, saya selalu kesulitan mengisi data pelengkap sekolah (iuran sekolah)
    ketika di simpan selalu eror.. apa yang hrs saya lakukan?

    BalasHapus
  6. gunakan broswer yang lain untuk membuka aplikasi dapodik

    BalasHapus
  7. Anonim10:15

    maaf min mau nanya saya isi iuran sekolah, sudah saya isi tapi ga bisa di simpan yang muncul data eror, mohon bantuannya min untuk tingkat SMA

    BalasHapus
  8. update dapodik yang terbaru

    BalasHapus

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.