Panduan Penilaian PortofolioTerbaru Dan Terpopuler Bagi Guru

Pemahaman tentang penilaian  portofolio merupakan  pendekatan  yang  relatif  baru  dan  belum  banyak digunakan dalam dunia pendidikan di Indonesia.  Penilaian portofolio dapat digunakan untuk tujuan formatif dan sumatif. Di beberapa negara, portofolio telah digunakan dalam dunia  pendidikan  secara  luas,  baik  untuk  penilaian  di  kelas,  daerah,  maupun  untuk penilaian secara nasional.

Istilah portofolio pertama kali dipergunakan oleh kalangan fotografer dan seniman untuk menunjukkan hasil kerja dalam suatu periode waktu tertentu. Melalui portofolio seorang fotografer dapat menunjukkan prospektif pekerjaan kepada pelanggan dengan  menunjukkan koleksi  pekerjaan  yang  dimilikinya.  Dalam  dunia  kerja,  secara  umum portofolio dimaknai sebagai suatu kumpulan atau berkas pilihan yang dapat memberikan informasi  tentang  performa  atau  kemampuan  individu.  Dalam  dunia  pendidikan, portofolio merupakan kumpulan hasil kerja siswa dari pengalaman belajarnya selama periode waktu tertentu.


Didunia pendidikan terdapat berbagai macam portofolio. Portofolio dapat berbeda dari segi isi, apakah seluruh  hasil  kerja  siswa  ataukah  hasil  kerja  tertentu  saja.  Selain  itu,  portofolio  dapat berbeda dari segi fungsi,  apakah untuk penilaian formatif atau sumatif. Untuk penilaian formatif atau diagnostik, pada umumnya hasil kerja yang dimasukkan semua hasil kerja siswa baik yang masih berupa draf atau setengah jadi maupun hasil akhir. Untuk sumatif, tidak  semua  hasil  dimasukkan,  hasil  kerja  yang  relevan  untuk  penilaian  saja  yang dimasukkan dalam portofolio.

Pada era ini penguasaan  soft skills  dan  hard skills  sama pentingnya.  Siswa  perlu
dilatih tidak saja  supaya mereka  kompeten secara akademis tetapi juga  supaya mereka mempunyai  karakter  yang  berkualitas.  Penilaian  portofolio  yang  digunakan  di  kelas merupakan  satu  alternatif  untuk  meningkatkan  kompetensi  siswa  secara  menyeluruh.

Penggunaan portofolio secara tepat tidak saja meningkatkan kompetensi spesifik pada
bidang studi tertentu tetapi juga kompetensi yang bersifat umum yang diperlukan dalam
kehidupan seperti berpikir kritis, berpikir reflektif, memahami kelebihan dan kelemahan
diri,  menemukan  strategi  untuk  meningkatkan  kompetensi,  gigih,  dan  menjadi
pembelajar yang mandiri.

Tujuan Buku  Penilaian  Portofolio  ini adalah disusun  untuk  memberi  wawasan  kepada  guru dalam melakukan penilaian portofolio baik untuk kepentingan  penilaian  formatif atau diagnostik maupun sumatif. Semoga buku ini dapat menginspirasi guru dalam melakukan penilaian portofolio yang berkualitas sehingga membantu berkembangnya potensi siswa secara optimal dan menyeluruh.

Selengkapnya, Unduh Gratis Panduan Penilaian PortofolioTerbaru Dan Terpopuler Bagi Guru Disini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Panduan Penilaian PortofolioTerbaru Dan Terpopuler Bagi Guru"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel