Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sinkronisasi Aplikasi Dapodik Terbaru Melalui Akun Kepala Sekolah Dengan Memanfaatkan Menu Tukar Akses Pengguna – Tutorial Lengkap Sinkronisasi Aplikasi Dapodik Terbaru Melalui Akun Kepala Sekolah

DAPODIK.co.id - Cara Sinkronisasi Aplikasi Dapodik Terbaru Melalui Akun Kepala Sekolah Dengan Memanfaatkan Menu Tukar Akses Pengguna – Tutorial Lengkap Sinkronisasi Aplikasi Dapodik Terbaru Melalui Akun Kepala Sekolah. Sinkronisasi aplikasi dapodik terbaru melalui akun kepala sekolah dikarenakan adanya penambahan fitur tukar pengguna bagi peran operator sekolah dengan tujuan untuk  memudahkan  dalam  proses  pengisian  dan  perbaikan  menggunakan  peran pengguna  yang  berbeda, pada  versi  ini  terdapat  penambahan  fitur  tukar pengguna yang  terdapat  pada  menu  pengaturan.  

emanfaatkan Menu Tukar Akses Pengguna – Tutorial Lengkap Sinkronisasi Aplikasi Dapodik Terbaru Melalui Akun Kepala Sekolah

Untuk  menggunakan  fitur  ini,  pastikan pengguna  utama  yang login  adalah  operator  sekolah.  Selanjutnya,  pilih  menu pengaturan yang terdapat pada sidebar di sebelah kiri.


Lalu pada menu Tukar Akses Pengguna, klik tombol Tukar Akses Pengguna untuk melanjutkan.


Masukkan kode registrasi sekolah, lalu klik ok.


Pilih peran pengguna yang diinginkan. Pilihan yang tersedia adalah peran GTK dan peran peserta didik.


Ketik nama peran pengguna yang sesuai, pilih nama tersebut dan klik tombol tukar pengguna untuk melanjutkan proses.


Setelah nama pengguna dipilih, selanjutnya aplikasi akan secara otomatis beralih ke halaman  beranda  sesuai  dengan  peran  pengguna  tersebut.  Berikut  adalah tampilan menu dengan peran pengguna GTK.


Untuk mengembalikan ke login admin (operator sekolah), klik tombol Kembali ke admin.

SINKRONISASAI

Penting, Proses Sinkronisasi,  Yang Berhak Melakukan Proses Sinkronisasi Adalah Peran Kepala Sekolah.

Di  versi  dapodik  ini,  peran  pengguna  yang  diberikan  hak  akses  untuk  melakukan sinkronisasi  adalah  kepala  sekolah.  Pastikan  kepala  sekolah  sudah  memiliki  akun dapodik.

Jika Kepala Sekolah Belum Memiliki Akun dapodik, Caranya Adalah Sebagai Berikut:

Pertama, masuk ke menu GTK lalu pilih GTK yang akan dibuatkan akun.


Klik tombol penugasan lalu klik tombol buat/ubah akun GTK.


Pada menu akun GTK ini, alamat email yang tampil diambil dari data individu GTK (bagian  kontak).  Untuk  membuat/mengubah  password  akun  GTK,  isi  kolom password dan konfirmasi password lalu klik tombol simpan.


Cara Konfirmasi  Sebelum  Melakukan Sinkronisasi

Pada  Aplikasi  Dapodikdasmen  versi  sebelum  kepala  sekolah  melakukan sinkronisasi,  terdapat  fitur  baru  yaitu  lembar  konfirmasi sinkronisasi.  Hal  ini ditujukan agar sekolah lebih teliti khususnya dalam hal keakuratan dan kebenaran data yang dikirimkan ke server Dapodik.

Untuk memulai sinkronisasi, login menggunakan akun kepala sekolah atau gunakan fitur tukar pengguna (baca hal. 34). Lembar konfirmasi ini terdiri dari beberapa tahap. Tahap awal, untuk melakukan sinkronisasi, login dengan akun kepala sekolah, lalu klik  menu  sinkronisasi.  Lalu  akan  tampil beranda  lembar  konfirmasi.  Klik  tombol lanjut untuk melanjutkan.


Selanjutnya,  terdapat  lima  tabel  yang  ditampilkan  yaitu  tabel  GTK,  pembelajaran, peserta didik, sarana dan prasarana, dan sekolah.


Klik tombol tampilkan untuk menampilkan detail per tabel. Pastikan centang semua isian. Jika ada isian yang belum dicentang, konfirmasi tidak bisa dilakukan dan tidak bisa  melanjutkan  ke  tahap  selanjutnya.  Jika  sudah  mencentang  semua  isian,  klik tombol konfirmasi dan klik tombol lanjut.


Selanjutnya  pastikan  data  yang  dikonfirmasi  sudah  sesuai  sebelum  melakukan sinkronisasi.  Berikut  adalah  tampilan  persetujuan  pengiriman  data.  Klik  tombol lanjutkan sinkronisasi untuk melanjutkan.


Tahap  berikutnya  adalah  maklumat  integritas  kepala  sekolah. Maklumat  ini  berisi pernyataan  bahwa  data  yang  dikirim  ke  server  Dapodik  adalah  benar  dan  sesuai dengan fakta di sekolah. Klik tombol lanjut untuk melanjutkan.


Setelah tahap ketiga selesai maka selanjutnya akan tampil laman sinkronisasi. Metode dan laman sinkronisasi masih sama seperti pada versi sebelumnya pada saat anda klik sinkronisasi di akun kepala sekolah.

Demikian Penjelasan Serta Langkah-Langkah terupdate yang dapat admin bagikan terkait Cara Sinkronisasi Aplikasi Dapodik Terbaru Melalui Akun Kepala Sekolah Dengan Memanfaatkan Menu Tukar Akses Pengguna – Tutorial Lengkap Sinkronisasi Aplikasi Dapodik Terbaru Melalui Akun Kepala Sekolah, semoga ada manfaatnya.

Sebagai pedoman dalam Sinkronisasi Aplikasi Dapodik Terbaru Melalui Akun Kepala Sekolah Dengan Memanfaatkan Menu Tukar Akses Pengguna – Tutorial Lengkap Sinkronisasi Aplikasi Dapodik Terbaru Melalui Akun Kepala Sekolah. Artikel ini bisa anda unduh untuk di simpan pada leptop dengan cara mudah yaitu klik disini.


Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.dapodik.co.id ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Sinkronisasi Aplikasi Dapodik Terbaru Melalui Akun Kepala Sekolah Dengan Memanfaatkan Menu Tukar Akses Pengguna – Tutorial Lengkap Sinkronisasi Aplikasi Dapodik Terbaru Melalui Akun Kepala Sekolah"