About us

Buku Panduan Penulisan Soal HOTS (Panduan Penulisan Soal Higher Order Thinking Skills) Terbaru

Kabar yang sangat mengembirakan bahwa kita sekarang sedang berada di era baru, era industrialisasi digital dimana kegiatan industri terintegrasi melalui penggunaan teknologi  wireless  dan  big data  secara massif.  Saat ini berbagai macam kebutuhan manusia telah banyak menerapkan dukungan  internet dan dunia  digital sebagai wahana interaksi dan transaksi. 


Sharing economy, e-education, egovernment, cloud collaborative, marketplace, smart city adalah wajah dunia saat ini yang semakin kompleks, begitu cepat berubah, dan menantang sekaligus mengancam. Laporan hasil kajian McKinsey (2019) terhadap dunia kerja Indonesia menunjukkan bahwa lebih banyak pekerjaan baru yang tercipta pada tahun 2030 daripada pekerjaan yang hilang karena otomasi; antara 27-46 juta lapangan kerja baru akan dapat diciptakan dan 10 juta diantaranya  merupakan  jenis  pekerjaan  yang  belum  pernah  ada  sebelumnya.

Keterampilan  dalam  teknologi,  sosial  emosional  dan  berpikir  tingkat  tinggi  seperi
kreativitas dan penyelesaian masalah merupakan keterampilan yang diperlukan pada era otomasi ini.  Peluang dan ancaman pada era ini perlu disikapi dengan tepat oleh dunia pendidikan.

Didunia pendidikan perlu menyiapkan peserta didik untuk menghadapi tantangan
abad 21 yang semakin kompleks. Pendidikan tidak cukup hanya membekali peserta didik dengan pengetahuan dan  proses berpikir sederhana seperti yang dikenal selama  ini, tetapi  juga perlu menyiapkan mereka untuk memiliki dan  mampu mengembangkan kecakapan esensial abad ini.  Partnership for 21st Century Skills berkolaborasi menyusun kerangka pembelajaran abad 21 agar para pelajar sukses di abad  digital  ini. Kerangka tersebut, seperti ditunjukkan pada  Gambar 1,  sering  dijadikan rujukan tidak hanya  di Amerika tetapi juga di negara lain.

Kerangka  tersebut  mendeskripsikan  perpaduan  antara  keterampilan, pengetahuan, literasi, dan keahlian yang harus dikuasai peserta didik agar sukses dalam berkarir dan menjalani kehidupan di abad 21 ini. Setiap  skil abad 21 tetap memerlukan pengetahuan,  pemahaman,  penguasaan,  dan  pengembangan  mata  pelajaran  inti,  yakni bahasa,  seni,  matematika,  sain,  ekonomi,  geografi,  sejarah,  dan  kewarganegaraan.  Jadi, peserta  didik  tidak  hanya  dituntut  mampu  berpikir  kritis  dan  berkomunikasi  efektif namun  tetap  harus  memiliki  dasar  pengetahuan  dan  pemahaman  terhadap  mata pelajaran inti dengan benar.

Pendidikan di Indonesia memang sangatlah di butuhkan oleh setiap manusia. Dengan adanya keterampilan  berpikir  tingkat  tinggi  atau  yang  lebih  dikenal  HOTS  (higher  order thinking  skills)  merupakan  topik  yang  hangat  dibicarakan  di  dunia pendidikan.  Isu  yang menjadi  perhatian  adalah  rendahnya  keterampilan  berpikir  tingkat  tinggi  peserta  didik Indonesia, seperti  ditunjukkan hasil  studi  internasional PISA (Programme for  International Student  Assessment).

Di tahun ini, salah satu usaha yang perlu dilakukan dunia pendidikan untuk menyiapkan  peserta didik  sebagai  generasi  penerus  bangsa  yang  dapat  bersaing  di  tingkat  global  adalah meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. 

Pusat Penilaian Pendidikan sebagai lembaga penilaian berskala nasional membantu mewujudkannya dengan menyiapkan buku Penulisan Soal HOTS-Higher Order Thinking  Skills (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi). Diharapkan dengan buku  ini,  pendidik  dapat menyusun instrumen penilaian yang berkualitas.

Oleh karena itu, dengan hadirnya buku  ini merupakan bagian dari rangkaian buku  penilaian yang diterbitkan  Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan  Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu Penilaian Tes Tertulis, Penilaian Kinerja, Penilaian Formatif, dan Penilaian Karakter. Pembaca juga diharapkan  mencermati  buku-buku  tersebut  disamping buku Penulisan Soal HOTS-Higher Order Thinking Skills (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi) ini.

Dalam daftar isi terdapat 3 bab yaitu:
1. BAB I PENDAHULUAN
2. BAB II MENILAI BERPIKIR TINGKAT TINGGI
3. BAB III PENULISAN SOAL KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGGI

Selngkapnya, Silahkan Unduh Gratis Buku Panduan Penulisan Soal HOTS (Panduan Penulisan Soal Higher Order Thinking Skills) Terbaru Pada Link Yang Tersedia Dibawah Ini:

Belum ada Komentar untuk "Buku Panduan Penulisan Soal HOTS (Panduan Penulisan Soal Higher Order Thinking Skills) Terbaru"

Posting Komentar

Gambar ataupun video yang ada di situs ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel